Google+ Followers

Jumat, 24 Mei 2013

Pengertian Malware dan Jenisnya

Di era teknologi sekarang ini, ada berbagai istilah untuk virus-virus komputer seperti malware, virus, worm, trojan, bots dan sebagainya. Lalu apa perbedaan, arti dan cara kerja masing-masing virus ini? Tahukah Anda kalau sebenarnya virus itu merupakan bagian dari malware?
untuk mengerti lebih baik mengenai arti atau definisi dari setiap virus ini, lebih baik Anda membaca definisi dari malware terlebih dahulu.
ARTI MALWARE
Virus, Worm, Trojan dan Bots adalah bagian dari sebuah kelas software yang dikenal dengan malware. Malware sendiri adalah kependekan dari Malicious Code yang dimana merupakan software yang membahayakan.
Merupakan kode atau software yang didesain secara khusus untuk mengganggu, merusak, mencuri atau memberikan dampak negatif lain terhadap data atau jaringan, singkatnya komputer user.
virus trojan worm
Beberapa tipe malware yang paling umum adalah virus, worm, trojans, dan bots. Cara penyebarannya-pun berbeda-beda, tetapi biasanya di-install melalui tindakan user seperti melalui email, file di usb, file dari Internet dan sejenisnya.
Anda juga harus mengetahui bahwa Malware itu tidak bisa memberikan kerusakan ke hardware atau perlengkapan jaringan, hanya kepada data dan software dalam perlengkapan tersebut. Malware tidak bisa disamakan dengan software yang penuh dengan bug. Sekarang Anda telah mengerti malware, Anda dapat melihat lebih jelas definisi dari setiap malware ini.

TIPE DAN JENIS MALWARE
2 tipe paling umum dari malware adalah virus dan worm, kedua tipe ini dapat menggandakan dirinya (replikasi) dan menyebarkan dirinya sendiri, bahkan bentuknya dapat berbeda. Untuk dapat diklasifikasikan sebagai sebuah virus atau worm, malware harus mempunyai kemampuan untuk menggandakan dirinya. Perbedaannya adalah worm lebih mandiri sedangkan virus sangat bergantung ke file atau program tempatnya berada (host file). Berikut pengartian jelas dan definisi tipe malware lainnya.
Sebuah virus adalah tipe malware yang dapat menggandakan dirinya dengan memasukkan copy dari dirinya menjadi bagian dari program lain. Dapat menyebar dari satu komputer ke komputer lain, meninggalkan jejaknya yang berbahaya. Penyebaran dari virus ini biasanya menggunakan jaringan, file sharing, e-mail atau usb.
Hampir semua virus dijalankan bersamaan dengan file executable, yang berarti virus tidak dapat aktif jika user tidak menjalankan atau membuka file atau program yang berbahaya tersebut. 
Worm serupa dengan virus, dimana mereka menggandakan dirinya dan menyebabkan tipe kerusakan yang sama. Perbedaannya adalah jika dalam penyebarannya virus bergantung atas file atau program berbahaya tempatnya berada, worm tidak. Worm adalah sebuah software yang berdiri sendiri dan tidak bergantung ke program atau file lain.
Penyebaran worm adalah dengan mencari kelemahan dari sistem atau membuat sebuah rik agar user menjalankannya. Worm kemudian memasuki komputer melalui kelemahan dari sistem dan mengambila keuntungan dari transfer file atau informasi di sistem, sehingga memperbolehkannya untuk menyebar secara mandiri.
Trojan adalah tipe lain dari malware yang namanya mengikuti nama kude kayu Yunani pada saat mereka memasuki Troy. Merupakan potongan software berbahaya yang terlihat legal atau tidak membahayakan, hal inilah yang menipu user untuk menjalankannya. Sesudah dijalankan, ia dapat menyebabkan beberapa serangan seperti, menyebabkan rasa jengkel (membuka window baru secara terus menerus) atau merusak komputer (menghapus file, mencuri data atau mengaktifkan malware lain).
Biasanya tujuan utama Trojan adalah memberikan jalan ke user lain untuk mengakses sistem. Tidak seperti virus dan worm, Trojan tidak dapat menggandakan dirinya, mereka hanya menyebar melalui interaksi user seperti e-mail atau file di Internet.

BOT
bot malware
Didapatkan dari kata "robot" yang dimana merupakan sebuah proses otomatis yang berinteraksi dengan layanan jaringan lain. Bot dapat digunakan untuk tujuan yang baik atau jahat. Jika digunakan untuk tujuan yang jahat, Bot dapat bekerja seperti Worm dimana ia menggandakan dirinya dan menginfeksi komputer, bedanya adalah ia menunggu perintah dari si pembuat bot dalam melakukan pekerjaannya. Seperti mendapatkan informasi finansial, serangan DoS, Spam dan sebagainya.

TIPS UNTUK MENGATASI MALWARE
lindungi komputer Anda
tahap pertama adalah memastikan antivirus Anda adalah yang terbaru. Hal ini biasanya merupakan cara yang paling efektif dalam mengatasi serangan malware dan hal membahayakan lainnya. Sebagai tambahan, Anda juga dapat memastikan bahwa antivirus Anda akan mengeek file-file dan e-mail yang Anda download dari Internet.
Berikutnya adalah memasikan OS atau sistem operasi komputer Anda adalah yang paling baru. Biasanya, OS terbaru akan memiliki beberapa perbaikan yang mencegah kemungkinan terjadinya serangan worm yang mencari kelemahan sistem. Tips lainnya dan juga penting adalah firewall.

1 komentar:

  1. saya rahmawati seorang TKI DI HONGKONG
    pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos
    sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan susah
    gaji suami sayah itupun buat makan sehari2 sedangkan hutang banyak
    kebetulan suami saya buka-buka internet mendapatkan
    nomor MBAH jonoseuh katanya bisa bantu orang melunasi hutang
    melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah terpaksa saya
    hubungi dan minta angka bocoran hongkong
    angka yang di berikan 4D
    ternyata betul-betul tembus 100% alhamdulillah dapat 277.jt
    bagi saudarah-saudara di indonesia maupun di luar negri
    apabila anda punya masalah hutang sudah lama belum lunas
    jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah
    ini nomor tlpn mbah jonoseuh 0823 4444 5588
    demikian kisah nyata dari saya tampah rekayasa
    dan ini bukan penipuan jadi silahkan anda buktikan sendiri..!!!

    BalasHapus