Google+ Followers

Minggu, 06 Oktober 2013

Spesies Beruang Yang Masih Ada di Dunia

Di dunia ini terdapat bermacam-macam jenis beruang. Namun tahukah anda, jika saat ini hanya ada 8 spesies beruang yang masih hidup di dunia ini. Kedelapan spesies beruang ini tersebar di seluruh penjuru dunia mulai dari Asia, Amerika, hingga Eropa dengan berbagai subspesiesnya.
Mau tahu spesies beruang tersebut apa saja??? Berikut ini kami sajikan daftarnya :

1. Asiatic Black Bear (Beruang Hitam Asia)
http://www.konicaminolta.com/kids/endangered_animals/library/field/img/asiatic-black-bear_img01-l.jpg
Ada 2 subspesies dari beruang hitam asia ini yaitu beruang hitam Pakistan (Pakistan Black Bear), dan Formosan Black bear. Beruang yang memiliki nama latin selenarctos thibetanus ini merupakan jenis beruang berbadan medium dan termasuk binatang omnivora yang memakan serangga, madu, buah dll.
Penyebaran beruang hitam asia meliputi Iran, Afghanistan, Pakistan bagian Utara, ke Timur hingga Himalaya, ke selatan hingga Bangladesh dan Laos, dan ke utara hingga Dataran Tinggi Tibet. Beberapa juga ditemukan di Taiwan dan Pulau Honshu dan Shikoku di Jepang, tetapi mereka lebih dikenal dengan nama Beruang Hitam Jepang.

2. Black Bear (Beruang Hitam)
http://bearsforever.org/images/Patch.jpg
Beruang yang memiliki nama latin ursus americanus dan lebih dikenal dengan nama Amerikan Black bear ini terbagi menjadi 2 subspesies yaitu Cinnamon Bear dan Kermode Bear. Habitat mereka sangat variatif, dan menghuni benua Amerika bagian Utara meliputi Meksiko, hingga Kanada dan Alaska.
Beruang Hitam Amerika merupakan keempat terbesar dari 8 spesies beruang yang ada dengan berat sekitar 75-225 kg.

3. Brown Bear (Beruang Cokelat)
http://2.bp.blogspot.com/-xqZopn1NvVU/T_p5L7BsUsI/AAAAAAAAG7M/9oWGTQp28xY/s1600/Brown-Bear-02.jpg
Beruang yang memiliki nama latin ursus arctos ini merupakan spesies beruang yang paling banyak memiliki subspesies, diantaranya adalah beruang grizzly, beruang Kodiak, beruang cokelat hokaido, beruang cokelat himalayan, beruang gobi, beruang cokelat siberia dll.

4. Beruang Sloth
Berkas:Sloth Bear Washington DC.JPG
Beruang jenis ini memiliki nama latin melursus ursinus. Habitat mereka adalah daerah hutan yang hangat di sekitar katulistiwa. Mereka dapat ditemukan di daerah Asia Selatan meliputi India, Sri Lanka, Nepal, bangladesh, hingga Asia Tenggara seperti Burma. Tubuh mereka memang tidak termasuk yang terbesar dalam spesies beruang, tetapi mereka termasuk salah satu binatang yang paling berbahaya di dunia.

5. Spectacled Bear (Beruang Spectacled)
http://www.arktofile.net/images/bear_spec.jpg
Beruang yang memiliki nama latin tremarctos ornatus ini dapat ditemukan di benua Amerika bagian Selatan meliputi Venezuela, Kolombia, Peru, Bolivia, hingga Ekuador. Mereka adalah jenis beruang yang aktif dimalam hari (nokturnal).

6. Sun Bear (Beruang Madu)
http://www.wellingtonzoo.com/imageGallery/explore/animals/asia/sun_bear/lrg/Malayan%20sun%20bear%20001.JPG
Beruang ini memiliki nama latin helarctos malayanus. Mereka juga dikenal dengan nama beruang madu (honey bear). Mereka adalah jenis beruang yang berukuran paling kecil dan paling sedikit dipelajari, karena sangat langka. Beruang jenis ini hidup di Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri, mereka dapat ditemukan di Pulau Sumatera, dan Kalimantan.

7. Beruang Kutub
http://static.comicvine.com/uploads/original/7/74798/1682251-endangered_20polar_20bear.jpg
Beruang yang memiliki nama latin ursus maritimus ini hidup di wilayah kutub utara. Mereka adalah jenis beruang yang paling karnivora, dan sangat mahir berenang. Beruang jenis ini adalah salah satu yang terbesar dari predator darat yang masih ada saat ini.

8. Panda
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/0/0f/Grosser_Panda.JPG
Mereka hanya ditemukan di 6 daerah di wilayah dataran tinggi tibet. Beruang yang satu ini adalah yang paling mudah dikenali dengan pola warna bulu hitam-putih nya. Makanan utama mereka adalah tumbuhan, tetapi hanya beberapa jenis tanaman bambu saja yang mereka makan. Meskipun demikian, terkadang mereka juga makan daging.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar