Google+ Followers

Sabtu, 12 Oktober 2013

10 Film Horor Jepang Buat Kamu Takut Setengah Mati

Oktober sudah berjalan hampir setengah bulan yang berarti Halloween akan semakin dekat di akhir Oktober nanti. Ya, memang budaya perayaan Halloween di Indonesia cukup asing. Tapi bukan berarti kamu harus kehilangan antusias menyambut tanggal 31 Oktober nanti.
Salah satu hal yang erat kaitannya dengan perayaan Halloween adalah film horor. Jika menyebut film horror, kamu tak mungkin bisa melupakan Jepang. Sudah menjadi rahasia umum memang jika Jepang sangat berbakat membuat film-film horor super mengerikan. Dilansir berbagai sumber, berikut 10 di antaranya!

1. Noroi (The Curse)
http://thatdutchfilmlover.files.wordpress.com/2012/01/noroi.jpg
Film yang dirilis pada tahun 2005 ini memiliki kisah mirip dengan PARANORMAL ACTIVITY namun NOROI memiliki alur lebih kuat dan membuat penonton ketakutan. Berkisah mengenai kota kecil yang akan dihancurkan demi membangun bendungan dan seluruh warga menolak penghancuran. Mereka lalu melakukan ritual setan misterius untuk kali terakhir. Waktu berganti sampai ada seorang wanita yang kerap mendengar suara aneh di rumah tetangganya, Junko Ishi yang ternyata adalah wanita terakhir yang terlibat dalam ritual setan itu.

2. Honogurai Mizu No Soko Kara (Dark Water)
http://j-cul.com/wp-content/uploads/2013/01/Dark-Water-Honogurai-Mizu-No-Soko-Kara-2002-Poster011.jpg
Diarahkan oleh Hideo Nakata, DARK WATER memiliki tempo horor mengerikan Jepang yang sangat stabil. Kengerian dalam film ini disebarkan melalui sugesti dan bukanlah efek spesial yang berlebihan. Tak heran jika kamu menontonnya, kamu akan merasakan bulu kuduk merinding. Kisahnya sendiri mengenai seorang wanita ya bertempat di sebuah apartemen dan mengalami banyak kejadian mengerikan.

3. Hausu (House)
http://dannyisntheremrstorrance.files.wordpress.com/2010/02/house_poster.jpg
Sudah dirilis pada tahun 1977, hal itu membuat HAUSU cukup senior dalam daftar film horor Jepang namun film ini masih bisa menakuti para penonton kapanpun dilihat. Kisahnya mengenai sekelompok remaja perempuan yang pergi berlibur ke rumah salah satu bibi di antara mereka. Dalam rumah besar itu, bibi tersebut tinggal seorang diri namun ternyata satu persatu dari mereka tewas. Apa yang menjadikan HAUSU mengerikan adalah penggambaran adegan yang fantastis dan sanggup membuatmu terpana.

4. Kansen (Infection)
http://img485.imageshack.us/img485/1364/posterkm8.jpg
KANSEN mengusung cerita mengenai sebuah rumah sakit yang akan bangkrut sehingga karyawan di sana termasuk dokter dan suster berkurang drastis. Hingga akhirnya hanya 3 dokter dan 4 suster tersisa untuk merawat pasien yang ada. Karena sebuah kejadian, seorang pasien luka bakar parah tewas di koridor sepi dan membuat munculnya hal-hal mengerikan serta kematian bagi para dokter serta suster secara misterius. Setiap kejutan di adegan-adegan koridor, ruangan, dan pojok bangunan mampu membuatmu berteriak ketakutan.

5. Ju-On (The Grudge)
http://cf.badassdigest.com/_uploads/images/ju_on_the_grudge_xlg.jpg
Jika kamu penggemar film horor Jepang, pasti mengenal JU-ON. Diarahkan oleh Takashi Shimizu, film yang dirilis pada tahun 2003 ini bahkan sudah diremake Hollywood dengan judul THE GRUDGE yang sayangnya tidak seseram versi aslinya. Kisah dalam film ini mengenai rumah yang berisi arwah penasaran dengan penampakan-penampakan hantu yang bisa membuatmu sulit untuk lupa. Ciri khas JU-ON adalah tenang, tak banyak dialog, namun scoring mengerikan. Penampakan bocah Toshio yang dibalut muka putih atau Kayako yang tiba-tiba muncul dari dalam selimut cukup membuatmu super ketakutan.
 
6. Kairo (Pulse)
http://oneguyrambling.com/wp-content/uploads/2010/02/kairo_pulse_2001_e2ade478.jpg
KAIRO dirilis pada tahun 2001 dan diarahkan oleh Kiyoshi Kurosawa. Film ini berdasarkan sebuah novel berjudul sama dan diremake oleh Hollywood pada tahun 2005 dengan judul PULSE. Mengisahkan mengenai sekelompok sahabat yang melihat salah satu temannya bunuh diri, dan setelah itu banyak kejadian misterius terjadi di Tokyo. Bahkan salah satu dari mereka diteror terus dengan melihat teman yang telah meninggal tiba-tiba menghantui di tembok atau penampakan lainnya.

7. Marebito (Unique One )
File:Marebito.jpg
Karakter utama dalam MAREBITO ini adalah seorang kameramen lepas yang begitu terobsesi dengan ketakutan. Hal itu membuat dia menyelidiki legenda urban yang melibatkan arwah penasaran menghantui kereta bawah tanah Tokyo. Namun apa yang dia temukan adalah di luar apa yang bisa dibayangkan. MAREBITO sangat berbeda dengan film horor Jepang lainnya. Ceritanya keren dengan sangat baik dan tak akan membuatmu hanya berteriak ketakutan di sepanjang film.

 
8. Purei (Pray)
http://blog.umy.ac.id/irwanda061/files/2013/04/Purei.jpg
PUREI dirilis pada tahun 2005 dan memiliki alur cerita yang cukup unik dan membingungkan. Ceritanya mengenai dua orang preman yang menculik seorang gadis kecil dengan harapan mendapatkan uang tebusan dalam jumlah besar. Tapi rencana itu berantakan saat orangtua si gadis mengatakan bahwa anak mereka telah meninggal beberapa tahun lalu. Lantas siapakah gadis tersebut?

 
9. Chakushin Ari (One Missed Call)
http://diannjulianty.files.wordpress.com/2012/03/one-missed-call-2.jpg
CHAKUSHIN ARI mungkin menjadi salah satu film horor Jepang terbaik dan paling seram yang pernah ada. Mengusung ketegangan asli horor Jepang, bercerita mengenai barang siapa yang mendapat panggilan telepon tak terjawab dari sang hantu di HP, maka dia akan meninggal sesuai dengan tanggal yang ada. Film ini sudah diremake oleh Hollywood dan dibintangi oleh Jessica Alba. Sebagai salah satu film horor Jepang yang membuat siapapun ketakutan, ringtone di film ini bahkan menjadi sangat populer di Jepang dan seluruh dunia.
 
10. Ringu (The Ring)
http://horrorfan.h.o.pic.centerblog.net/o/af9818dd.jpg
Hideo Nakata merilis film ini pada tahun 1998 dan bisa dibilang salah satu yang terbaik dalam industri film horor Jepang. Ceritanya sangat menyeramkan dan alur yang bagus. Kengerian RINGU disebarkan lewat video tape yang jika ditonton bisa membunuh dirimu. Alurnya yang lambat tetap membuat penonton bisa tersabar meskipun ketakutan setengah mati akan sosok terkenal si hantu Sadako yang keluar dari TV menuju rumahmu.

2 komentar: