Senin, 21 Oktober 2013

6 Film Hollywood Yang Bikin Geram Agama

Sutradara Darren Aronofsky mengadaptasi cerita Nabi Nuh dari Kitab Suci dalam film terbarunya yang berjudul NOAH. Meski filmnya sendiri baru akan tayang tahun 2014 mendatang, film ini sudah mendapat banyak kecaman dari umat Yahudi dan Kristen lantaran banyaknya ketidakcocokan antara kisah yang diangkat dalam film dengan kisah aslinya di Kitab Suci.
Spekulasi masih terus berlanjut mengenainya dan belum ada tanggapan resmi dari pihak Aronosfsky dan juga studio yang menggarap filmnya.
NOAH bukanlah film pertama yang membuat geram kelompok Kristiani terkait dengan tema cerita serta penggambaran filmnya. Dikutip dari berbagai sumber, inilah 6 film yang pernah membuat geram umat agama. 

1. THE DEVILS (1971)

Ken Russell dikenal pada era 70-an sebagai sutradara provokator lewat film-filmnya yang menyajikan gambar-gambar vulgar serta simbolisasi yang menyinggung agama tertentu. Film THE DEVILS ini menjadi karyanya yang paling kontroversial karena menghadirkan praktek sihir, wanita telanjang, dan aktris Vanessa Redgrave sebagai seorang suster yang bermasturbasi.
Lebih parah lagi, saat kumpulan deleted scenenya ditemukan pada awal tahun 2000 lalu, diketahui bahwa ada banyak adegan perkosaan di dalamnya. 

2. MONTY PYTHON
http://media.paperblog.fr/i/174/1742354/monty-python-sacre-graal-L-1.jpeg
"Begitu lucu sampai harus dilarang tayang di Norwegia," begitulah bunyi tagline filmnya. Mengapa sampai dilarang? Jelas karena ceritanya yang mengisahkan tentang seorang pria Yahudi bernama Brian. Tokoh satu ini sering disangka Yesus Kristus karena kemiripan wajahnya. Karena dianggap pelecehan agama, film ini dilabeli "X" oleh lembaga sensor Inggris dan dilarang tayang di 39 kota di Inggris. 

3. THE LAST TEMPTATION OF CHRIST (1988)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhXcJR4IRS2Hu0aknqp4RqFs6WCN8b7yGdxv7ZxsXpMH_-RvevtfdlHQOwY6srTqU6tll8FB_XZgxzic3JKTscCwL8EjcTm2L5Sj6MXex-uxILujmYixfw-139DhfH6C0_O9QPATmt1DO7H/s1600/The+Last+Temptation+of+Christ_Willem+Dafoe.jpg
Adaptasi buku Nikos Kazantzakis oleh Martin Scorsese menampilkan Willem Dafoe sebagai Yesus Kristus. Dalam film garapannya ini, Yesus harus berjuang melawan godaan-godaan duniawi dan manusiawi termasuk di antaranya mencintai Maria Magdalena (Barbara Hershey).
Penggambaran sosok Yesus Kristus yang tak sama seperti dalam Kitab Suci ini lantas dikecam oleh umat Kristiani di berbagai penjuru dunia. Filmnya tak boleh tayang dan khusus untuk di Filipina dan Singapura, filmnya bahkan tak boleh beredar dalam bentuk keping DVD. 

4. DOGMA (1999)
http://www.wallsave.com/wallpapers/800x600/salmahayek/46853/salmahayek-dogma-46853.jpg
Film panjang keempat Kevin Smith ini menuai protes dari umat Katolik lantaran filmnya bercerita tentang dua malaikat yang dibuang ke Bumi lantas berusaha kembali ke surga. Smith mengaku protes tersebut beragam mulai dari penggambaran malaikat serta simbolisasi di dalamnya. Ia banyak menerima surat kritikan akannya. 

5. THE PASSION OF CHRIST (2004)
http://www.christianfilmdatabase.com/wp-content/uploads/2012/03/The-Passion-of-the-Christ-5.jpg
Film yang diproduseri oleh Mel Gibson ini menggambarkan momen-momen terakhir Yesus Kristus, termasuk di antaranya adegan detil di mana pasukan Romawi menancapkan paku di kedua tangan Yesus dengan menggunakan palu.
Komunitas Yahudi langsung mengkritik keras film ini karena film tersebut menekankan kaum merekalah yang membunuh Yesus. Menanggapi hal tersebut, Mel Gibson menyanggah dengan mengatakan, "Kalau tak suka tak perlu ditonton. Kalau ingin keluar bioskop di tengah-tengah film juga silakan." 

6. THE DA VINCI CODE (2006)
http://michaelcavacini.files.wordpress.com/2013/04/the-da-vinci-code.jpg
Baik novel maupun adaptasi filmnya yang digarap oleh Ron Howard sama-sama memicu amarah umat Katolik lantaran dalam filmnya dikisahkan Yesus menikah dengan Maria Magdalena. Mereka melahirkan putri dan hal tersebut ditutup-tutupi oleh Vatican sejak 2000 tahun lalu.
Vatican lantas mengecam film tersebut dan melarang filmnya tayang di mana pun. Film ini pun lantas mendapat promosi gratis karenanya dan makin membuat penasaran banyak orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar