Google+ Followers

Sabtu, 19 Oktober 2013

10 Hewan Ini Kawin Dengan Cara Aneh

Makhluk hidup perlu sebuah perkawinan agar bisa memperoleh keturunan. Terutama bagi hewan, proses kawin alias bercinta itu mutlak bagi mereka agar menghasilkan anak dan lucunya hewan-hewan itu kawin dengan cara yang berbeda.
Ya, tahukah kamu kalau ternyata di dunia ini ada hewan-hewan yang kawin dengan cara yang ekstrim? Wew, mengapa bisa begitu ya? ini dia mereka!

1. Albatros
http://students.umf.maine.edu/kevin.p.leary/public.www/pictures/anf_albatross_b.jpg
Albatros hidup dalam masa lama yang bisa bertahan sampai 50 tahun lamanya. Hal itu membuat albatros cukup lama sebelum mencapai kematangan seksual. Mereka melakukan ritual yang rumit dan lelah untuk memastikan telah memilih pasangan kawin yang tepat. Saat kawin mereka akan menampilkan banyak aksi seperti bersolek, menunjuk, memanggil, mengatupkan paruh, menatap dan menari dengan banyak pasangan namun hanya satu yang dipilih untuk kawin.

2. Burung Namdur
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/4/41/Satin_bowerbird.jpg
Burung namdur bisa dibilang sebagai burung yang bisa membangun sarang terbaik dan paling indah dalam jenisnya. Kemampuan itulah yang dibuat oleh pejantan untuk menarik perhatian namdur betina. Para pejantan namdur menarik perhatian betina dengan memamerkan kebolehan seperti bernyanyi atau membangun sarang terbaik. Semakin keren sarang yang dibuat, namdur betina akan memilihnya. Yang itu bisa berarti bahwa namdur jantan yang 'pintar' dan 'kaya' akan bisa kawin berkali-kali.

3. Sotong
Sotong
Saat kawin sotong memiliki perilaku unik yakni si jantan menjadi makhluk dua wajah yakni wajah jantan dan betina untuk mendapatkan sang betina idaman. Sebelum kawin, sotong jantan memperlihatkan wajah 'jantannya' ke betina dan berwajah 'betina' ke pejantan lainnya. Jika beruntung, dia akan bisa mendapatkan betina idaman namun jika gagal dan pejantan lain tahu maka bisa-bisa dua pejantan berkelahi dan yang kalah akan kehilangan kesempatan untuk kawin.

4. Prairie Vole
http://graphics8.nytimes.com/images/2008/09/17/opinion/16judson_prairie_vole.jpg
Prairie Vole adalah hewan yang memproduksi cairan kelamin cukup besar, terutama bagi pejantannya. Bahkan seorang pejantan akan tetap bersama si betina setelah mereka mengawininya. Namun rupanya si jantan akan menyerang betina lain di belakang 'istri' sahnya sekalipun tetap tinggal di sarang yang sama. Hal itu dikarenakan tingginya hormon dalam otak hewan pengerat tersebut. Hmm, selingkuh kah ini?

5. Ikan Buntal
http://www.dapursinar.com/wp-content/uploads/2011/12/ikan-buntal-1.jpg
Jika quoll menggunakan kekuatan untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, ikan buntal jantan lebih tampak dewasa. Untuk menarik perhatian betina, mereka akan membangun sebuah sarang yang unik sampai 10 hari lamanya. Jika layak, maka ikan buntal betina akan berterlur di sana. Apa dasar penilaian buntal betina? Sepertinya semakin rumit hiasan sarang, mereka menganggap si jantan adalah sosok ikan yang kuat dan bugar.

6. Quoll
http://blogs.crikey.com.au/firstblog/files/2008/10/quoll-on-rock.jpg
Quoll adalah hewan marsupial mungil asli Australia, Nugini, dan Tasmania. Meskipun tampak lucu, hewan ini menjadi brutal saat kawin. Quoll jantan menemukan si betina dengan melacak aroma urinnya sampai si betina tahu kalau diikuti. Saat kawin, si jantan akan memegang leher si betina dengan keras sampai bagian beberapa bagian tubuhnya terluka dan bengkak. Proses kawin ini bisa terjadi sehari lamanya dan si jantan terus agresif. Namun karena terlalu banyak mengeluarkan testosteron, bisa-bisa Quoll jantan yang akhirnya tewas saat kawin sehingga menyisakan populasi dengan Quoll betina serta anak-anak mereka.

7. Kalajengking
Kalajengking
Saat sedang musim kawin, kalajengking akan melakukan sebuah tarian. Hal itu diawali dengan kalajengking jantan dan betina akan saling mendekat bersama sambil menampilkan gerakan mirip tarian yang menyentak. Mereka akan saling memegang sengat pasangan demi melindungi diri lalu bergerak bersama ke segala arah. Sampai akhirnya si jantan mengeluarkan cairan alat kelamin yang lalu dimasukkan ke tubuh si betina untuk membuahi sel telur. Seramnya, seusai kawin si betina akan membunuh dan memakan pasangannya jika dinilai tidak menari dengan benar.

8. Kuda Laut
http://2.bp.blogspot.com/-EkLTxftABNM/UTsjpaJk0wI/AAAAAAAAgrI/hNJGYlZ_hZ0/s1600/26.jpg
Sama seperti manusia, kuda laut memulai proses kawin dengan mencoba di berbagai pasangan sampai akhirnya memutuskan untuk kawin. Sepasang kuda laut yang saling tertarik akan bertemu setap pagi untuk melakukan dansa intim dan saling menggabungkan ekor dengan romantis. Hingga akhirnya si betina memasukkan telur-telurnya ke kantong jantan (ya, si jantan yang mengandung). Setelah di jantan melahirkan, dia akan meninggalkan anak=anaknya sampai bersiap untuk kawin lagi.

9. Flamingo
http://1.bp.blogspot.com/-K18NJLxLg-o/T8UDV0payII/AAAAAAAAAZ0/Iax5v5nRtbY/s1600/flamingo_heart.jpg
Saat musim kawin tiba, itu artinya adalah musim dandan bagi flamingo. Karena mereka akan mengubah warna bulunya menjadi merah muda untuk mencari perhatian pasangan. Darimana warna pink itu didapat? Berdasarkan penelitian rupanya warna pink di bulu mereka diperoleh dari minyak yang dihasilkan kelenjar di dekat ekor. Dengan paruhnya, flamingo mengoleskan minyak itu ke bulu-bulu mereka sehingga awet dan anti air. Hmm, tak hanya manusia saja yang bisa berdandan ya?

10. Anggang-Anggang
http://2.bp.blogspot.com/-vtDDJL-550k/Tw6gZTf4yMI/AAAAAAAABBU/pkjjAMVKHNs/s1600/water-strider-syrphid-fly.jpg
Anggang-anggang yang hidup di kawasan tropis bisa kawin sepanjang tahun namun yang hidup di 4 musim hanya kawin saat musim semi dan panas. Saat kawin, si jantan akan membentuk wilayah sendiri dan membiarkan si betina masuk serta mengusir pejantan lainnya. Jika betina sudah masuk wilayahnya, si jantan akan menahan betina untuk memastikan bahwa anak-anak yang dilahirkan nanti adalah hawil perkawinan dengan dirinya.

1 komentar: