Google+ Followers

Senin, 04 Februari 2013

10 Kulinari Salad Thailand


1. Somtam (salad pepaya muda)

Dikenal sebagai salad Thai yang paling terkenal – bahkan mungkin dikenal sebagai hidangan Thai terbaik sepanjang masa – adalah salad papaya muda, atau somtam dalam bahasa Thai. Ada banyak variasi, tetapi bahan utamanya meliputi pepaya hijau, tomat, cabe, ebi, kacang, gula palem, air jeruk, dan kecap ikan. Terasi ikan dan kepiting utuh kecil juga populer digunakan untuk tambahan, meskipun Anda harus menutup hidung jika memilih untuk mencicipinya – wow! Pepayanya renyah dan segar, sementara saus-nya tajam, manis dan pedas. Anda tidak akan menemukan orang Thailand yang tidak suka dengan hidangan pokok ini.

2. Larb Moo (salad daging babi cincang)

Siapa yang mengatakan bahwa salad membutuhkan bahan dasar sayuran? Di Thailand, salad bervariasi mulai dari kombinasi sayuran yang pedas, hingga kesegaran salad daging. Larb moo adalah salad Thai yang terkenal di mana bahan utamanya terdiri dari daging babi cincang dan beberapa potong hati babi yang diberi saus lezat dari air jeruk nipis, kecap ikan, dan beras sangrai yang sudah dihancurkan (untuk memberi rasa renyah), cabe, dan sedikit daun mint.

3. Yam Kor Moo Yang (salad leher babi panggang)

Irisan leher babi panggang empuk yang dipotong tipis adalah bahan utama untuk salad ini. Rasa babi asap menyatu dengan tomat, bawang merah, cabe, dan berbagai macam sayuran, dan juga dicampur dengan bumbu Thai yang sering digunakan yaitu kecap ikan, air jeruk nipis, dan gula untuk menjadikan salad daging yang enak.

4. Yam Pla Duk Foo (salad ikan lele)

Salad ikan lele goreng merupakan makanan Thai yang benar-benar enak. Meskipun dibuat dari ikan lele, namun bentuknya seperti bantal dengan rasa ikan lele yang renyah. Serat-serat yang halus harus dimakan dengan saus; campuran pedas dari mangga muda, kacang, bawang merah, dan bawang putih yang dicampur dengan air jeruk nipis dan kecap ikan. Ambil sepotong lele goreng renyah ini, campurkan dengan sausnya, dan Anda akan menemukan tekstur dan rasa yang berbeda dalam sebuah gigitan.

5. Yam Mamuang (salad mangga muda)

Hampir sama dengan som tam, yam mamuang adalah versi lain dari salad mangga muda. Mangga muda yang diparut tidak serenyah pepaya muda, namun tetap memberikan rasa masam yang membangkitkan selera. Salad mangga muda menambah panjang daftar makanan yang bersumber dari masakan Isaan, asal dari makanan pedas di daerah Timur Laut Thailand.

6. Yam Takrai (salad serai)

Meskipun serai biasanya direbus untuk diambil aroma dan rasanya, namun serai juga merupakan bahan yang enak dimakan begitu saja. Serai yang keras dan mengandung tepung diiris sangat tipis sehingga mudah untuk dikunyah, memberikan rasa jeruk lemon yang segar. Serai ini sering dicampur dengan udang dan kacang mente panggang.

7. Yam Kai Dao (salad telur mata sapi)

Orang Thai gemar makan telur, terutama telur mata sapi. Untuk salad ini, telurnya digoreng dan didinginkan, dipotong kecil, dan dicampur dengan bawang Bombay, daun seledri, dan irisan tomat. Seluruh bahan ini dicampur dengan air jeruk nipis, kecap ikan, dan gula untuk menciptakan cara yang sehat makan telur mata sapi!

8. Yam Woon Sen (salad soun)

Salad soun, yang berbentuk mie yang bening panjang terbuat dari kacang hijau, adalah juga merupakan makan lokal favorit. Soun dicampur dengan daging babi cincang, hidangan laut pilihan, tomat, cabe dan rempah-rempah sebelum ditambahkan bahan sausnya (kecap ikan , air jeruk nipis, gula). Sangat menyegarkan, kaya tekstur, dan rasa yang luar biasa.

9. Yam Tua Plu (salad kecipir)

Salad kecipir adalah salah satu salad Thai yang tidak menggunakan saus dengan kecap ikan, jeruk nipis dan gula. Namun, kecipir ini dimasak dan dipotong seukuran dadu, dipadankan dengan udang, dan dikombinasikan dengan saus kacang yang kental. Terlebih lagi, irisan telur rebus ditambahkan ke dalamnya untuk menjadi ramuan salad Thai yang kaya protein.

10. Som Tam Ponlamai (salad buah)

Orang Thai mengerti benar bagaimana membuat campuran manis dan gurih. Saya biasanya tidak suka buah potong yang masam dan pedas, tetapi salad buah Thai sungguh enak dan pas. Bahan buah tropis dan kontras dengan potongan nenas, apel, jambu dan jambu air disiram dengan kecap ikan dan cabe benar-benar luar biasa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar