Google+ Followers

Rabu, 06 Februari 2013

10 Temuan Arkeologi yang Mencengangkan di tahun 2012

Lihatlah penemuan paling signifikan dan penting dalam ilmu pengetahuan yang terjadi pada tahun 2012 lalu. Setelah melakukan penelitian selama beberapa tahun, para ilmuwan akhirnya menemukan kesimpulan baru mengenai temuan dari beberapa situs tua peradaban dunia. Berikut temuan yang dimaksud:

1. Kapal Firaun

Egyptologist Jan Tristant dari Sydney University mempelajari jawaban ekspedisi arkeologi Perancis Profesor Pierre Monteux, yang pada tahun 1914 menjelajahi peninggalan firaun dekat kota Abu Ravash. Tiba-tiba ia melihat sesuatu yang aneh: arkeolog Perancis menulis bahwa kuburan itu memiliki lantai kayu. Rasanya aneh. Sebelumnya itu di makam-makam Mesir belum pernah ditemukan makam dengan lantai kayu.
Dia menduga bahwa di bawah lantai kayu tersembunyi sesuatu yang lain. Dan tentu saja – di bawah makam itu ditemukan kapal pemakaman kuno yang dibuat dalam 2.950 SM. Ada juga bejana keramik dengan bir dan roti. Rupanya, itu bukan hanya kapal konvoi makanan melainkan membawa jasad Firaun.

2. Harta Karun Kiryat
(Sumber:wordpress.com)
Ini merupakan harta karun dengan beragam perhiasan dan koin yang berasal dari onaruzheny halaman rumah biasa di kota Kiryat. Rupanya, koin ini peninggalan dari pemberontakan Bar Kochba, yang berlangsung 132-135 tahun SM. Ini adalah koin emas tertua yang ditemukan di Israel.

3. Harta karun Mummy Hallanskie

Dua mumi laki-laki dan perempuan ditemukan di sebuah tambang kuno dekat kota Hallan Skotlandia pada tahun 2001. Tapi tahun ini, arkeolog yang meneliti kerangka mummy tersebut, sampai pada kesimpulan bahwa ini adalah mumi Eropa tertua. Rupanya mummy ini telah meninggal sekitar tahun 1300 SM.
Artinya, memiliki usia yang sama sama seperti mummy firaun Tutankhamen. Arkeolog tidak menyadari bahwa kerangka itu awalnya mumi, tubuh mereka secara khusus ditempatkan satu tahun di sebuah rawa gambut untuk diawetkan. Setelah itu tubuh kedua jasad tersebut ditempatkan di sebuah ruangan (Dan setelah beberapa ratus tahun mereka dikuburkan – alasan untuk ritual ini sendiri masih tetap menjadi misteri).

4. Pot Pertama dari China
(Sumber:wordpress.com)
Sampai saat ini diyakini bahwa roda tembikar yang baru ditemukan ini berusia sekitar 10 ribu tahun. Yang berasal dari revolusi teknologi pertama Neolitik. Namun, menemukan pot di sebuah gua, yang terletak di Provinsi Jiangxi di selatan-timur China, menunjukkan bahwa periode ini harus ditingkatkan setidaknya dua kali – menurut para ahli, ini adalah pot yang dibuat di roda tembikar 19 000 tahun yang lalu.

5. Sebuah Ukiran Kuno Vagina
(Sumber:wordpress.com)
Ini adalah diagram, yang menggambarkan alat kelamin eksternal perempuan, yang berusia tidak kurang dari 37 ribu tahun, menurut arkeolog Perancis. Dalam gua Chauvet bisa dibilang karya seni pertama – nenek moyang manusia modern. Dan, seperti yang kita bisa lihat, alat kelamin manusia tidak ada asing bagi mereka.

6. Sandal Romawi
(Sumber:wordpress.com)
Arkeolog Jerman telah menemukan sisa-sisa sebuah kamp militer Romawi dekat kota Hermeskeil dekat Trier. Tapi yang lebih penting dari temuan kamp tersebut, para peneliti menemukan sisa-sisa dari 75 sandal yang digunakan oleh legiun Romawi. Sampai saat ini, para ilmuwan tidak menemukan sepatu bot tentara.

7. Pemakaman Korban Uitzilopochtli
(Sumber:wordpress.com)
Templo Mayor (Candi Besar) adalah salah satu kuil utama dari ibu kota kuno Aztec Tenochtitlan, di situs yang sekarang bernama Mexico City. Nahuatl disebut kuil Ueuteokali yang didedikasikan untuk dua dewa sekaligus, Dewa perang dan Tlaloc Uitzilopochtli – dewa hujan dan pertanian.
Namun begitu, tahun ini mereka telah menemukan salah satu pekuburan, di mana para korban ritual berdarah dikuburkan lebih 1.000 lengan dan tulang kaki, 45 tengkorak dan 250rahang. Menariknya, tulang belulang para korban ini terbaring lengkap – sisa-sisa seorang wanita, yang, tampaknya, dibakar di situs, setelah kemudian ritual penguburan dilakukan.

8. Racun Kuno
(Sumber:wordpress.com)
Arkeolog Perancis yang meneliti penemuan tongkat Neanderthal di Afrika Selatan, ternyata dari ujung tombak primitif tersebut, diduga telah diolesi dengan racun.  Rupanya racun kuno di dunia ini disiapkan untuk melakukan perburuan.

9. “Sisa Makanan” Neanderthal
(Sumber:wordpress.com)
Arkeolog Karen Hardy dari Institut Catalan menghasilkan perubahan radikal dalam pemahaman kita tentang Neanderthal. Setelah memeriksa sisa-sisa orang-orang primitif yang tinggal dekat Spanyol 50.000 tahun yang lalu, para ilmuwan menyadari bahwa masih terjebak di antara gigi tulang belulang tersebut, beberapa makanan.
Para ahli menganalisis sisa-sisa dan menyimpulkan, bahwa sebelum kematian manusia Neanderthal ini, mengunyah beberapa tanaman obat khusus. Para ilmuwan telah mengidentifikasi sisa-sisa chamomile dan yarrow.

10. Topeng Dewa Matahari

Di kota El-Sosialis, di Guatemala, para arkeolog selama penggalian di piramida Kuno Maya El Diablo menemukan serangkaian bas-relief yang menggambarkan topeng Dewa matahari yang menunjukkan fase yang berbeda dari pergerakan matahari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar