Google+ Followers

Jumat, 15 Februari 2013

10 Perupa yang Diabadikan di Logo Google

Sejak tahun 2002 silam , Google telah memberikan penghormatan untuk ke-25 orang besar dalam sejarah dunia, melalui berbagai versi logo Google, yang di tampilkan keseharian dalam homepage-nya. Mereka yang diabadikan ditampilkan dengan berbagai rupa dan bentuk kreatif yang disesuaikan dengan tokoh yang bersangkutan. Berikut tampilan 10 perupa yang diabadikan di logo google:

1. Leonardo da Vinci
 

Leonardo da Vinci adalah arsitek, musisi, penulis, pematung, dan pelukis Renaisans Italia. Ia digambarkan sebagai arketipe “manusia renaisans” dan sebagai jenius universal. Leonardo terkenal karena lukisannya yang piawai, seperti Jamuan Terakhir dan Mona Lisa. Ia juga dikenal karena mendesain banyak ciptaan yang mengantisipasi teknologi modern tetapi jarang dibuat semasa hidupnya, sebagai contoh ide-idenya tentang tank dan mobil yang dituangkannya lewat gambar-gambar dwiwarna. Selain itu, ia juga turut memajukan ilmu anatomi, astronomi, dan teknik sipil bahkan juga kuliner.

2. Michaelangelo 
 

Michaelangelo atau nama lengkapnya dalam bahasa Italia Michelangelo di Lodovico Buonarroti Simoni adalah seorang pelukis, pemahat, pujangga, dan arsitek zaman Renaissance. Ia terkenal untuk sumbangan studi anatomi di dalam Seni Rupa. Karyanya yang dianggap terbaik adalah Patung David, Pietà, dan Fresko di langit-langit Kapel Sistina.

3. Vincent van Gogh
 

Vincent Willem van Gogh adalah pelukis pasca-impresionis Belanda. Lukisan-lukisan dan gambar-gambarnya termasuk karya seni yang terbaik, paling terkenal, dan paling mahal di dunia. Van Gogh dianggap sebagai salah satu pelukis terbesar dalam sejarah seni Eropa. Pada akhir hidupnya, ia merasa dirinya menjadi gila dan akhirnya menghabiskan sisa hidup di R.S. Jiwa Saint Paul-de-Mausole di Saint-Rémy-de-Provence, Perancis. Di R.S. Jiwa Saint Paul-de-Mausole, dia tetap melukis.

4. Diego Velázquez 
 

Diego Rodríguez de Silva y Velázquez sering disebut Diego Velázquez, adalah pelukis Spanyol terkemuka pada masa raja Philip IV. Ia adalah seniman kontemporer pada periode Barok yang dikenal sebagai pelukis potret. Dua kunjungannya ke Italia, sebagai utusan dari kerajaan Spanyol, terdokumentasi dengan baik. Di samping lukisan-lukisan tokoh historis dan pemuka budaya, ia juga menciptakan banyak lukisan dari anggota kerajaan Spanyol dan tokoh-tokoh Eropa pada zamannya, yang mencapai puncaknya pada lukisan masterpiece-nya, Las Meninas (1656).
Pada awal abad ke-19, karya-karya Velázquez dijadikan model bagi pelukis-pelukis aliran realis dan impresionis, terutama Édouard Manet. Sejak saat itu, banyak pelukis modern, termasuk Pablo Picasso and Salvador Dalí, memberikan penghormatan terhadap Velázquez dengan mencipta ulang beberapa karya terkenalnya.

5. Pablo Picasso
 

Pablo Ruiz Picasso adalah seorang seniman yang terkenal dalam aliran kubisme dan dikenal sebagai pelukis revolusioner pada abad ke-20. Jenius seni yang cakap membuat patung, grafis, keramik, kostum penari balet sampai tata panggung. Lahir di Malaga, Spanyol 25 Oktober 1881 dengan nama lengkap Pablo (or El Pablito) Diego José Santiago Francisco de Paula Juan Nepomuceno Crispín Crispiniano de los Remedios Cipriano de la Santísima Trinidad Ruiz Blasco y Picasso López. Ayahnya bernama Josse Ruiz Blasco, seorang profesor seni dan ibunya bernama Maria Picasso Lopez.

6. René Magritte (1898-1967)
 

René Magritte adalah seniman surrealist Belgia, yang terkenal dengan gambar-gambarnya yang pintar, jenaka dan menghibur. Existensinya ditampikan di homepage Google pada tanggal 21 Nopember 2008.

7. Marc Chagall (1887-1985)
 

Marc Chagall adalah seorang seniman Yahudi moderen Rusia. Ia adalah pelopor seni moderen dan salah satu dari seniman-seniman paling berhasil di abad duapuluh. Ditampikan di homepage Google pada tanggal 7 Juli 2008.

8. Edvard Munch (1863-1944)
 

Pelukis symbolist dari Norwegia, yang dikenal dengan seni expressionis-nya adalah Edvard Munch. Lukisannya The Scream adalah karya yang paling dapat dikenal di dalam semua aliran seni (dan inilah alasan bagi Google menggunakannya sebagai tema logo). Sososknya ditampikan di homepage Google pada tanggal 12 Desember 2006.

9. M. C. Escher (1898-1972)
 

M. C. Escher merupakan seniman grafis asal Belanda, terkenal dengan image mathematic inspiratif-nya tentang konstruksi-konstruksi yang mustahil dan figur-figur geometris. Sosok dan exsistensinya ditampikan di homepage Google pada tanggal 16 Juni 2003.

10. Piet Mondrian (1872-1944)
 

Nama lengkapnya Pieter Cornelis “Piet” Mondriaan, dia adalah pelukis Belanda dan seorang kontributor penting terhadap gerakan seni abstract De Stijl yang didirikan oleh Theo van Doesburg. Dia memperkenalkan bentuk non-representasional yang disebutnya Neo-Plasticism.

Tambahan:

11. Andy Warhol (1928-1987)
 

Seniman dan ilustrator asal Amerika dan seorang figur terkenal di dalam Gerakan Pop Art tak lin dan tak bukan adalah Andy Warhol. Sebagai tambahan terhadap banyak karya seni nya, ia juga terkenal untuk menjadi pencetus konsep “15 minutes of fame”. Karyayang mewakili dirinya ditampikan di homepage Google pada tanggal 6 Agustus 2002.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar