Google+ Followers

Rabu, 13 Februari 2013

10 Alasan Konyol Kenapa Karyawan Dipecat

Sudah susah mencari kerja, eh malah diPHK. Mungkin itulah realitas yang terjadi di era modern  terutama di negara-negara maju dan berkembang.  Bahkan ketika setiap perusahaan harus bersaing dan berkompetisi dengan  ketat, namun krisis sumber energi dan bahan-bahan dasar industri mengharus mereka memPHK para pekerjanya dengan alasan dan kebijaksanaa yang tetap itu bisa diterima. Namun apa artinya jika sebuah tindakan konyol membuat seorang karyawan dipecat begitu saja. Berikut 10 alasan konyol kenapa karyawan dipecat:

1. Menarikan Tarian PSY, Gangnam Style
(Sumber:wordpress.com)
Di akhir 2012 Psy penyanyi asal Korea Selatan telah menyebarkan wabah tarian yang menjangkiti semua masyarakat dunia, tarian yang kemudian dikenal sebagai ‘Gangnam Style’. Saking unik, lucu dan mudahnya menarikan, maka banyak parodi video ‘Gangnam Style’ yang diunggah ke dunia maya. Salah satu video ‘Gangnam’ tersebut adalah milik para petugas Penjaga Pantai di California. Namun sayangnya ke 14 petugas tersebut kemudian dipecat dari pekerjaannya karena dituding lalai dalam bekerja, meskipun mereka mengatakan membuat video tersebut di luar jam kerja.

2. Dipecat Karena Mengetik Dengan HURUF BESAR
http://4.bp.blogspot.com/-uOTqmyBSXQw/UIffIT-kcoI/AAAAAAAAARQ/H1PVOFvXfoo/s1600/posisi+latihan+mengetik+10+jari+dengan+cepat.jpg 
Seorang karyawati, Vicky Walker yang bekerja sebagai akuntan di perusahaan ProCare Health di Aucklan, Selandia Baru, dipecat akibat mengetik surat elektronik dengan menggunakan huruf kapital semua. Akibatnya ia menuntut perusahaannya itu ke meja hijau, dan gugatannya pun dimenangkan oleh pengadilan.  Vicky menggugat perusahaannya karena tidak tahu alasan jelas pemecatannya, sementara hal tersebut bertentangan dengan hukum yang berlaku di Selandia Baru. Dari gugatannya Vicky memperoleh kompensasi sebesar 17.000 dollar Selandia Baru.

3. Kejahatan Kecil Saat 50 Tahun yang Lalu
Richard Eggers, penduduk Des Moines yang bekerja di Bank Wells Fargo, dipecat karena melakukan kejahatan yang dilakukannya pada 1963 lalu. Padahal saat dipecat Egger telah berusia 68 tahun, artinya ia melakukan kejahatan itu 50 tahun yang lalu. Kejahatannya adalah ia menyabotase mesin cuci dengan sebuah kartu, agar dapat mencuci tanpa memasukan koin. Namun berdasarkan peraturan bank federal, seseorang yang tidak jujur tidak diperbolehkan menjadi karyawan di sebuah bank.

4. Joke Dipecat Karena Menirukan Candaan Serial TV Seinfield
http://www.sonypictures.com/tv/shows/seinfeld/multimedia/images/wallpapers/4small.jpg
Seorang karyawan dipecat gegara menirukan lelucon ala Seinfield ke lebih dari tiga orang di tempatnya bekerja. Kok bisa? Itulah yang dialami oleh John Preston, penduduk Cedar Falls, Iowa, Amerika Serikat. Padahal yang ia lakukan adalah hanya mengucapkan ‘Anda begitu tampan/cantik’ ketika setiap ada orang yang bersin di tempatnya bekerja. Namun sayangnya ketika ia mengucapkannya kepada seorang karyawati, ia dituntut karena dianggap telah melecehkan martabat seorang perempuan.

5. Awak Pesawat Dipecat Karena Meng-update Blog Pribadinya
http://listverse.wpengine.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2013/01/ellen-simonetti_550x412.jpg
Ellen Simonetti merupakan seorang awak pesawat untuk perusahaan Delta Airlines. Namun sayang petualang Ellen di udara harus berakhir setelah dipecat karena kedapatan sedang meng-update (memperbaharui) blog pribadinya. Padahal kita tahu selain untuk kegiatan bisnis dan promosi, blog pun digunakan sebagai sarana untuk menuangkan ide, perasaan, melalui sebuah catatan. Namun ‘Diary of Flight Attendant’ milik Ellen harus berakhir di 2004 lalu.

6. Dipecat Karena Menggunakan Pakaian Oranye di Kantor
http://listverse.wpengine.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2013/01/6798963d45c1af0a69336bc91473-2.jpg
Sebanyak 14 orang karyawan dipecat dari sebuah Firma Hukum di Florida. Negara Bagian Florida memang dikelanl sebagai salah satu penghasil jeruk Orange terbesar di Amerika Serikat, dan inilah yang menjadi alasan mereka menggunakan pakaian berwarna oranye ketika berdemo menuntut kenaikan upah.  Namun bukannya mendapatkan kenaikan upah, ke 14 pekerja tersebut malah dipecat karena telah mempermalukan perusahaan dengan berpakaian oranye.

7. Pebasket Tim Eagles Dipecat Karena Status Facebook
http://listverse.wpengine.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2013/01/hi-res-156284082_crop_650x440.jpg
Jika Kalian menggemari turnamen Football di Amerika Serikat, NFL, mungkin mengenali tim Philadelphia Eagles. Sebuah peristiwa konyol terjadi saat Brian Dawkins menandatangani kontrak baru dengan tim Denver akibat kesulitan finansial yang dialami oleh Egales. Dan rupanya hal tersebut tidak disukai oleh seorang pekerja stadion, ia mengungkapkan kekecewaanya itu ke jejaring sosial facebook. Ia menuliskan sesuatu yang bertentangan dengan kebijakan sekaligus mempermalukan klub dengan kata ‘retarded’. Sehingga setelah pihak manajemen klub mengetahuinya, ia pun dipecat.

8. Seorang Pelayan Dipecat Karena Menggagalkan Perampokan
http://listverse.wpengine.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2013/01/img-carjack2.jpg
Juan Canales seorang pelayan restoran Thailand di Fort Lauderdale. Suatu hari ketika bekerja ia melihat seorang pengemudi perempuan yang sedang dibajak dan diacungi pisau oleh si perampok. Melihat hal tersebut Juan pun mendekati mobil yang terhenti, dengan keberaniaanya ia pun menggagalkan usaha perampokan mobil, meskipun ia diberondong oleh peluru dari salah satu pencuri. Juan berhasil mengamankan perempuan tersebut, dan menemaninya hingga polisi datang. Namun meskipun ia sangat berjasa, tapi pihak restoran memecatnya karena lalai dalam bekerja.

9. Pelatih Dipecat Karena Mengalahkan Sebuah Tim
http://listverse.wpengine.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2013/01/01262009dallas600.jpg
Yang ini pun unik, ketika seorang pelatih dipecah setelah timnya berhasil mengalahkan tim lawan dengan telak, 100-0. Micah Grimes seorang pelatih privat tim basket siswi Sekolah Menengah Atas, dipecat karena kemenangannya dianggap mempermalukan tim lawan dan membuat pihak lain curiga.

10. Dipecat Karena Terlalu Seksi
http://cdn.abclocal.go.com/images/wls/cms_exf_2007/_video_wn_images/8930929_600x338.jpg
Melissa Nelson seorang asisten dokter gigi yang telah bekerja selama 10 tahun, akhir dipecat oleh bossnya, James Knight, karena berpenampilan terlalu seksi. Melissa dipecat karena dianggap berpakaian seronok dihadapan bos dan kliennya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar