Google+ Followers

Kamis, 07 Februari 2013

10 Kota Mitologi yang Indah

Agan tentu pernah merasa bosan berada di dalam satu ruangan yang sama setiap hari. Bertemu dengan orang yang sama setiap hari, dengan pembicaraan yang hampir serupa setiap hari. Bahkan hingga pada puncaknya ingin berada jauh atau meninggalkan semua yang menjadi rutinitas yang membosankan, hingga mengkhayalkan sebuah tempat yang benar-benar bisa membuat kita senang, bahagia dan tertawa. Nah, daripada stres melamun hingga ke hal yang tidak penting. Berikut 10  kota mitologi yang indah:

1. Kota Ys
Ys merupakan nama sebuah kota mitos yang dibangun di wilayah pesisir Inggris, namun kota tersebut kemudian hancur dan hilang ditelan laut. Kota mitologi ini dibangun di bawah permukaan laut atas perintah Gradlon (King of Cornouaille), berdasarkan permintaan dari putrinya yang bernama Dahut. Putri raja yang cantik itu memang sedari kecil sudah mencintai laut, maka keinginannya pun tidak akan lepas dari apa yang disukainya.
Kota Ys merupakan tempat indah dan megah yang pernah dibuat oleh Raja Gradlon, namun keberadaan kota tersebut tidak bertahan lama. Dikarenakan Putri Dahut gemar berpesta dan berbuat maksiat, membuat masyarakat dan tokoh agama di sekitarnya marah. Mereka berdoa agar Tuhan memberikan hukuman dan pelajaran kepada Putri Dahut, dan benar saja Kota Ys kemudian ditenggelamkan oleh air bah yang datang bak tsunami besar. Kota Ys pun hancur dan menghilang tenggelam.

2. Kota Para Kaisar
Dalam berbagai catatan sejarah dan legenda, para kaisar hidup di kota yang dipenuhi oleh emas, berlian, dan lambang kemakmuran lainnya. Bahkan kaisar hidup dikelilingi oleh para dayang dan pengawalnya yang setia, cantik, dan rupawan. Isteri-isteri mereka pun hidup mewah, memiliki perhiasan dan pakaian bagus dan mahal. Bahkan ada yang mengatakan bahwa kota pribadi sang kaisar diapit oleh dua gunung, keduanya memiliki kekayaan bumi yang berbeda. Gunung yang satu memiliki emas yang melimpah, sementara gunung lainnya memiliki kandungan berlian yang tak kalah banyaknya.

3. Shangri-La
Shangri-La merupakan kota mitologi yang sarat akan mistisme, kota ini dikabarkan terletak di kawasan lembah Gunung Himalaya. Shangri-la merupakan kota yang terisolasi, namun para penghuninya adalah mereka yang hampir abadi –berbeda dengan manusia yang ada luar kota tersebut. Shangri-La merupakan kota yang indah, penduduknya tidak mengenal susah, lelah apalagi galau. Bahkan saking popularnya kota ini di telinga masyarakat dunia, pada 1938 sang penguasa Jerman, Adolf Hitler, memerintahkan para tentara Nazi melakukan ekspedisi untuk menemukan kota para utopis ini.

4. Kota Avalon
Avalon merupakan nama sebuah kota tempat terakhir sebelum Raja Arthur (Inggris) meninggal dunia. Avalon pun menjadi tempat pedang legendaris masyarakat Inggris, Excalibur, milik Raja Arthur dibuat. Dikabarkan Kota Avalon memiliki buah apel terbaik di seleruh dunia, demikian pula dengan minuman dari fermentasi apelnya.

5. Valhalla
Bagi para agan-agan yang gemar menonton film kolosal, fantasi dan mitologi, tentu mengenal tempat yang dibangga-banggakan oleh para lelaki dan perempuan bangsa Viking, Valhalla. Hidup dengan pedang dan mati oleh pedang dan abadi di Valhalla, itulah yang ada di benak para ksatria Viking. di Valhalla (akhirat) dikabarkan akan selalu terjadi pertempuran dan perjamuan makan disertai pesta yang meriah setiap harinya. Bahkan para kaum lelakinya akan selalu ditemani oleh Valkryie (bidadari), dan sebalinya bagi para perempuan.

6. Beimeni
Menurut legenda orang-orang yang tinggal di Kota Beimeni tidak akan pernah menjadi tua, meskipun umur mereka tetap bertambah. Hal itu disebabkan karena di Kota Beimeni ini memiliki kolam yang airnya memiliki khasiat mengawetkan tubuh manusia. Kota ini ditemukan oleh Juan Ponce de Leon, yang juga tidak sengaja menumukan Florida. Waduh Sobat unik mau tinggal di kota ini?

7. Kota Cockaigne
Kota Cockaigne merupakan sebuah tempat yang memiliki suasana dan hawa yang sangat jauh berbalikan dengan apa yang ada di dunia nyata. Para agamawan bertindak dan berperilaku amoral, akibatnya masyarakatnya pun tidak memiliki batasan antara baik dan benar. Cockaigne adalah tempat yang cacat, cocok buat mereka yang rakus dan jahat.

8. Kota El Dorado
El Dorado adalah kota legenda yang emasnya berlimpah ruah. Bahkan saking melimpahnya sebuah legenda mengatakan para penduduknya makan dan minum dengan piring, mangkuk, garpu dan sendok bahkan gelas yang terbuat dari emas. Mungkinkah kota ini terdapat di Amerika Selatan? Tidak ada yang pasti, karena pada kenyataannya eksploitasi hutan di Amerika Selatan sangat merajalela dan itu disponsori oleh orang-orang yang bukan pribumi.

9. Garden of Eden (Taman Surgawi)
Ini adalah khayalan yang mendekati tingkat spiritual tinggi dalam benak dan kehidupan seseorang, keinginan untuk berada di taman yang ada di surga. Semua umat beragama meyakini adanya sebuah tempat setelah kematian selain akhirat, yakni tempat terakhir manusia berada salah satunya adalah Surga –tempat terbaik bagi orang yang soleh. Lelaki dan perempuan yang saleh akan berhak masuk dan tinggal serta menikmati semua yang ada di surga, makanan, minuman dan sebagainya.

10. Kota Camelot
Kota yang terakhir adalah Camelot, kota yang disebutkan dalam legenda Raja Arthur dari Inggris. Berdasarkan legenda,  di kota ini Raja Arthur memiliki meja bundar yang terkenal, tempat ia dan para ksatrianya mendiskusikan berbagai hal menyangkut kerajaan dan Inggris. Kota Camelot dikelilingi oleh hutan dan sungai, sehingga masyarakatnya bisa memancing atau mencari ikan sesuka mereka, dan bagi yang suka berburu Camelot adalah surga mereka. Bahkan legenda mengatakan bahwa Guineverre tinggal di Kota Camelot. Guineverre merupakan pejuang perempuan, kekasih Raja Arthur, namun ia berselingkuh dengan salah satu ksatria setia Raja Arthur. Berdasarkan legenda percintaan itulah yang membuat Kota Camelot dan kerajaan Raja Arthur hancur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar