Google+ Followers

Sabtu, 13 Oktober 2012

5 Legenda Terkenal

Legenda adalah cerita prosa rakyat yang dianggap mempunyai cerita sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi. Oleh karena itu, legenda sering kali dianggap sebagai “sejarah” kolektif (folk history). Legenda juga dongeng tentang hal-hal yang berdasarkan sejarah yang mengandung sesuatu hal yang ajaib atau kejadian yang menandakan kesaktian. Berikut beberapa diantaranya:

1. Atlantis

Atlantis adalah pulau legendaris yang pertama kali disebut oleh Plato dalam buku Timaeus dan Critias. Dalam catatannya, Plato menulis bahwa Atlantis terhampar “di seberang pilar-pilar Herkules”, dan memiliki angkatan laut yang menaklukan Eropa Barat dan Afrika 9.000 tahun sebelum waktu Solon, atau sekitar tahun 9500 SM. Setelah gagal menyerang Yunani, Atlantis tenggelam ke dalam samudra “hanya dalam waktu satu hari satu malam”.
Atlantis umumnya dianggap sebagai mitos yang dibuat oleh Plato untuk mengilustrasikan teori politik. Meskipun fungsi cerita Atlantis terlihat jelas oleh kebanyakan ahli, mereka memperdebatkan apakah dan seberapa banyak catatan Plato diilhami oleh tradisi yang lebih tua. Beberapa ahli mengatakan bahwa Plato menggambarkan kejadian yang telah berlalu, seperti letusan Thera atau perang Troya, sementara lainnya menyatakan bahwa ia terinspirasi dari peristiwa kontemporer seperti hancurnya Helike tahun 373 SM atau gagalnya invasi Athena ke Sisilia tahun 415-413 SM.

2. Sangkuriang

Sangkuriang adalah legenda yang berasal dari Tatar Sunda. Legenda tersebut berkisah tentang terciptanya danau Bandung, Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Burangrang, dan Gunung Bukit Tunggul. Dari legenda tersebut, kita dapat menentukan sudah berapa lama orang Sunda hidup di dataran tinggi Bandung. Dari legenda tersebut yang didukung dengan fakta geologi, diperkirakan bahwa orang Sunda telah hidup di dataran ini sejak beribu tahun sebelum Masehi.
Dikisahkan seorang pemuda sakti bernama Sangkuring, jatuh cinta terhadapa seorang putri bernama Dayang Sumbi yang cantik jelita. Tanpa disadari Sangkuriang si putri tersebut tak lain adalah ibunya yang sudah lama ditinggalkannya. Untuk menghindari “percintaan terlarang” ini, si putri mensyaratkan beberapa keinginan diantaranya minta dibuatkan telaga dan perahu dalam waktu satu malam saja. Dengan bantuan para guriang (jin), telaga pun hampir selesai dikerjakan. Tetapi Dayang Sumbi bermohon kepada Sang Hyang Tunggal agar maksud Sangkuriang tidak terwujud. Dayang Sumbi menebarkan irisan boeh rarang (kain putih hasil tenunannya), ketika itu pula fajar pun merekah di ufuk timur. Sangkuriang menjadi gusar, dipuncak kemarahannya, bendungan yang berada di Sanghyang Tikoro dijebolnya, sumbat aliran sungai Citarum dilemparkannya ke arah timur dan menjelma menjadi Gunung Manglayang. Air Talaga Bandung pun menjadi surut kembali. Perahu yang dikerjakan dengan bersusah payah ditendangnya ke arah utara dan berubah wujud menjadi Gunung Tangkuban Perahu.

3. Helene dari Troya

Helene atau lebih dikenal dengan nama Helene dari Troya  adalah tokoh perempuan yang terkenal dalam mitologi Yunani. Orang tuanya adalah Tindareus dan Leda tapi ayah biologisnya adalah dewa Zeus, yang memperkosa Leda dalam wujud seekor angsa. Dalam versi lainnya, Helene adalah anak perempuan Zeus dan dewi Nemesis. Helene terlahir dari telur dan dia merupakan saudari Klitaimnestra dan Dioskuri (Kastor dan Polideukes). Dia memiliki penampilan yang sangat cantik, bahkan dalam mitologi disebut sebagai “wanita tercantik di dunia”, sehingga diinginkan oleh banyak raja di Yunani tetapi pada akhirnya dia menikah dengan Menelaos dari Sparta. Paris, seorang pangeran Troya, membawa kabur Helene dari Sparta. Hal ini memicu kemarahan Menelaos sehingga Troya diserang oleh para raja Yunani dan terjadilah Perang Troya. Setelah Troya dihancurkan, Helene kembali ke Sparta bersama suaminya.

4. Raja Arthur 

Raja Arthur adalah raja legendaris dalam mitologi Britania Raya. Ia tinggal di Camelot dan memiliki pedang Excalibur. Beberapa orang berpendapat Raja Arthur hidup pada akhir abad ke-5 sampai awal abad ke-6. Ia mungkin seorang raja maupun pemimpin bangsa Keltik di pulau Britania. Kemudian kisahnya berkembang dengan cerita-cerita tambahan seperti tukang sihir Merlin atau ksatria Sir Lancelot. Banyak buku yang telah ditulis tentangnya. Salah satu yang terkenal ditulis oleh Sir Thomas Malory.

5. Romulus & Remus 

Romulus dan Remus adalah pendiri kota Roma dalam mitologi Romawi. Dahulu, menurut legenda mereka dipelihara oleh seekor serigala jantan hingga mereka menjadi tumbuh dewasa. Dalam mitologi Romawi, mereka adalah anak dari seorang Perawan Vesta bernama Rhea Silvia dan dewa Mars. Mereka berhasil mendirikan kota Roma pada 21 April 753 SM dan Romulus menjadi raja pertama Roma.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar