Google+ Followers

Kamis, 13 September 2012

Clara Schumann: Komposer & Pianis Wanita Di logo Google



Clara Schumann yang lahir 13 September 1819 adalah seorang musisi wanita dan komposer Jerman yang ada di logo google hari ini tanggal 13 September 2012. Beliau dianggap sebagai salah satu pianis yang paling terkenal pada era musik Romantic.

Pengaruh Clara pada dunia musik cukup terasa melalui konser dunianya selama 61 tahun, mengubah format dan repertoar dari resital piano dan selera musik pada saat itu. Suaminya adalah komposer Robert Schumann. Clara Schumann dan suaminya juga membantu kepopuleran Johannes Brahms, Clara lah pianis pertama yang menggelar pertunjukan publik membawakan karya Brahms.
Masa kecil


Clara Josephine Wieck lahir di Leipzig pada tanggal 13 September tahun 1819. Ayahnya Friedrich dan ibunya Marianne Wieck (Tromlitz née). Orangtuanya bercerai ketika ia berusia empat tahun. Clara dibesarkan oleh ayahnya. Salah satu siswa ayahnya sering menakut-nakuti Clara dan berdandan sebagai hantu, namun kelak ketika dewasa, ia menikah dengannya.

Pada bulan Maret 1828, di usia delapan tahun, Clara muda tampil di acara Dr Ernst Carus, direktur rumah sakit jiwa di Colditz Castle. Ia bertemu dengan pianis muda berbakat yang diundang bernama Robert Schumann, sembilan tahun lebih tua daripada dia. Schumann mengagumi Clara bermain sehingga ia meminta izin dari ibunya untuk menghentikan studinya hukum, dan mengambil pelajaran musik dengan ayah Clara, Friedrich Wieck. Sementara mengambil pelajaran, ia menyewa kamar di rumah keluarga Wieck, dan tinggal sekitar satu tahun.

Pada tahun 1830, di usia sebelas tahun, Clara melakukan tur konser ke Paris dan kota-kota Eropa lainnya, disertai oleh ayahnya. Dia menggelar konser solo pertamanya di Gewandhaus Leipzig. Di Weimar, ia menyanyikan lagu bravura oleh Henri Herz yang dipersembahkan untuk Goethe, yang juga menghadiahi Clara dengan medali berisi potret dan catatan tertulis yang mengatakan, “Untuk artis berbakat Clara Wieck.” Selama tur itu, Niccolò Paganini yang kebetulan berada di Paris menawarkan untuk tampil bersama Clara. Namun, konser Paris nya dihadiri sedikit orang karena banyak yang telah melarikan diri dari kota akibat wabah kolera.
Munculnya artis ini dapat dianggap sebagai zaman pembaruan …. Di tangan kreatifnya, bagian yang paling biasa mendapatkan arti yang signifikan, yang hanya orang-orang dengan kesenian paling sempurna dapat menyajikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar