Google+ Followers

Selasa, 18 September 2012

5 Pemukiman Manusia Tertua

Meskipun fosil manusia purba telah ditemukan sejak jutaan tahun lalu, namun fosil Homo sapiens (manusia) awal baru ditemukan pada tahun 1967 di Herto Bouri, dekat Pegunungan Kibish Ethiopia. Meskipun diyakini berusia 130.000 tahun pada awalnya, studi terbaru menunjukan fosil ini berusia 195.000 tahun. Dari daerah ini, manusia menyebar keluar ke semua benua kecuali Antartika oleh 14.000 BP (Before Present). Berikut 5 pemukiman manusia tertua.

1. Kibish, Ethiopia (195,000 BP)

 Omo Kibish adalah salah satu dari beberapa lokasi batuan kuno yang disebut Kibish. Kibish adalah tempat penggalian Richard Leakey dan lainnya dalam mengungkap situs Homo sapiens berusia 125.000 tahun SM. Omo Kibish-1, juga dikenal sebagai Hominid Site Kamoya (KHS), yaitu situs berisi kerangka yang hampir lengkap dari Homo sapiens laki-laki dewasa.Kibish dinamai dari desa dekat Kibish, salah satu desa dari orang Nyangatom, terletak dekat tepi timur Sungai Omo di dasar Range Nkalabong di Ethiopia. Lembah Omo sangat kaya akan penemuan Paleo-antropologinya. Tulang yang ditemukan pada tahun 1967 di Bouri Herto, dekat Pegunungan Kibish Ethiopia, diduga berusia 195.000 tahun, mejadikan “mereka” sebagai manusia pemukim paling  awal yang pernah ditemukan.

2. Gua Sungai Klasies, Afrika Selatan (125,000 BP)

Gua Sungai Klasies adalah serangkaian gua yang terletak di sebelah timur mulut Sungai Klasies di pantai Tsitsikamma di distrik Humansdorp dari Provinsi Eastern Cape, Afrika Selatan. Tiga gua utama dan dua tempat penampungan di dasar tebing tinggi telah mengungkapkan bukti batu terkait usia Manusia yang menghuni sekitar 125.000 tahun yang lalu. Pada tahun 1998, pemerintah Afrika Selatan mengajukan proposal untuk menambahkan gua ke daftar Situs Warisan Dunia.

3. Pothohar, Pakistan (125,000 BP)

Pothohar adalah dataran tinggi di provinsi Punjab, Pakistan, dan bagian barat Pakistan-Kashmir. Daerah itu adalah rumah dari Kebudayaan melalui penemuan fosil, alat, koin, dan sisa-sisa situs arkeologi kuno. Orang-orang setempat berbicara bahasa Potwari, Punjabi dan Hindko. Di Adiyala dan Khasala sekitar 16 km (10 mil) dari Rawalpindi ratusan alat bermata ditemukan. Sedangkan di Chauntra kapak dan parang ditemukan. Di sungai Soan Gorge banyak batu fosil yang ditemukan. Fosil berusia 14 juta tahun dari manusia, kijang, badak, buaya, jerapah dan tikus telah ditemukan di sana. Beberapa fosil ini dipamerkan di Natural History Museum Islamabad dan replikanya di Natural History Museum Inggris, sementara beberapa dari temuan tersebut dipinjam oleh Universitas Harvard untuk penelitian lebih lanjut.

4. Aybut, Oman (125,000 BP)

Alat yang ditemukan di Provinsi Dhofar sesuai dengan objek di Afrika disebut dari “Kompleks Nubia ‘, berasal dari 125.000 hingga 75.000 tahun yang lalu. Menurut arkeolog Jeffrey I. Rose, pemukiman manusia ini menyebar ke timur dari Afrika sampai menyebrang ke Semenanjung Arab.

5. Tamil Nadu, India (70.000 BP)

Di Adichanallur, 24 km dari Tirunelveli, para arkeolog dari Survei Arkeologi India menemukan 169 guci tanah liat  berisi tengkorak manusia, tengkorak dan tulang. ditambah sekam dan biji-bijian padi, beras memberikan bukti yang pasti kehidupan manusia di periode Neolitik, 3800 tahun yang lalu. Penemuan di Tamil Nadu ini menunjukkan kehidupan sebelum dan setelah supereruption Toba, beberapa manusia modern pertama muncul di daerah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar