Senin, 24 September 2012

10 Sistem Operasi yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Pembaca uniknya pasti sudah kenal banget ama yang namanya sistem operasi, kan? Pasti sering denger istilah Windows, Linux, Mac, Android dll, kan? Nah, semua nama itu tuh hanya sebagian sistem operasi yang paling terkenal sejagad raya. Pasti pembaca uniknya bakal kaget nih kalo selain nama-nama tersebut ternyata ada sedikitnya 10 sistem operasi yang kurang dikenal. Hmmm, pasti penasaran kan apa saja kesepuluh sistem operasi atau yang disebut OS ini? Silahkan baca abis artikel ini dan bagian duanya.

1. Darwin
Darwin disini bukan penemu teori evolusi manusia dari seekor kera, tapi sebuah OS open source alias GRATIS dan bisa dimodif ama user, yang berasal dari keluarga OS Unix dan diprogramkan lewat c/c++. Bila kamu lihat komposisi OS Darwin kamu bakal nemuin kombinasi antara OS Mac dengan neXTSTEP, BSD dan proyek-proyek perangkat lunak berbeda lainnya. Katanya, OSX, iOS dan AppleTV pun dibuat dengan Darwin dan OS ini juga digunakan buat ciptain procesor ARM 32-bit yang digunakan di iPhone dan iPad.
2. FreeBSD
FreeBSD juga adalah OS yang berasal dari keluarga Unix seperti OS karena itu, OS FreeBSD tidak bisa disebut sebagai Unix OS. Kodenya juga mirip kode-kode OS lainnya kayak OS X yang merupakan bagian sangat penting dari FreeBSD ini. FreeBSD ini OS BSD yang paling banyak digunakan. Karena sistem operasi ini sifatnya open source jadi penyebaran dan ngejalaninnya sangat tergantung dari para user itu sendiri.

3. ReactOS
Nah, OS yang satu ini rada beda ama yang sebelumnya. Meski sama-sama open source dan diprogramkan lewat c/c++, tapi ReactOS ini berasal dari keluarga OS seperti Microsoft Windows. Bagian terbaik dari ReactOS ini adalah driver dan daya suai software aplikasinya yang sangat sangat mudah dan cepat. Karena OS ini klon dari Windows 95 juga, jadi OS ini dibuat programnya di c tapi beberapa komponennya diprogramkan dalam c++.

4. Solaris
Balik lagi ke keluarga UNIX, Solaris juga sistem operasi open source yang diprogramkan lewat C, sama kayak React OS. Solaris adalah ciptaan Sun Microsystems dan milik Oracle Corporation. OS ini sangat mudah diukur dan punya fitur-fitur inovatif seperti DTrace, ZFS and Time Slider.

5. OpenBSD
Yang terakhir dari artikel bagian pertama ini adalah sistem operasi seperti Unix berasal dari Berkeley Software. Dengan bantuan kode yang open source, OpenBSD menjadi mengagumkan dengan kualitas dokumentasinya. OpenBSD punya banyak fitur seperti keamanan dan kebijakan-kebijakan yang sangat ketat terkait keamanan tersebut.
Buat para penggila IT, silahkan coba kelima OS di atas. Mudah-mudahan bisa jadi inspirasi. Semoga bermanfaat., dan jangan lupa baca artikel bagian duanya.

6. AmigaOS
Mungkin kamu pernah denger tentang komputer personal Amiga, nah sekarang ada AmigaOS yang juga produk dari Komputer Personal Amiga. AmigaOS ini punya konsol game dan masuk ke pasaran tahun 1985 bareng Amiga 1000. Lantaran sifatnya open source, jadi kodenya udah tersedia dan apa pun yang berhubungan ama OS ini udah dipasaran. Kayaknya perlu coba nih.

7. NEXTSTEP
Seperti yang disebutkan pada artikel bagian petama tentang OS NEXTSTEP yang digunakan di sistem operasi lainnya, nah, bagian terbaik dari OS Nextstep ini adalah berorientasi obyek dan bisa multitasking. Sistem operasi ini sangat mengagumkan karena yang buatnya mendiang Steve Jobs. Beliau bikin OS ini tahun 1986 ketika dia ninggalin Apple dan ngerjain Next.

8. ATheOS
atheos.cx screenshot
Ada lagi nih AtheOS. Sistem operasi ini dikembangkan lewat open source juga. AtheOS sudah banyak digunakan dan dapat dijalankan di hampir semua mesin kayak Intel, AMD dan procesor lainnya. ATheOS punya kemampuan multitasking dan sangat jauh efisien.

9. SkyOS

Nah, ini dia nih salah satu perjuangan dari Robert Szeleney. Pasalnya, ia sudah bikin salah satu OS yang sangat baik setelah 10 tahun berjuang dan menghasilkan SkyOS yang punya desktop interface sangat grafis dan komersil prototip. OS ini mirip banget sama Windows tapi tidak punya fitur banyak.

10. Slax
Slax juga berasal dari keluarga OS Linux dan ciptaan Tomas Matejicek. OS ini disebut juga sebagai “Pocket Operating System” karena punya banyak kemasan yang ada di macam-macam situs dimana kamu bisa bangun imej Slack ISO dan mengaturnya sesuai kebutuhan.

1 komentar: