Kamis, 20 September 2012

10 Fakta Ernesto Che Guevara

Kali ini kita akan melihat beberapa Fakta tentang Ernesto Che Guevara seorang yang mungkin  kita tau sebagai sosok revolusioner terkenal dari Kuba tapi belum tentu kita mengetahui banyak tentangnya
Ernesto 'Che' Guevara lahir pada 14 Juni tahun 1928. Dia lebih dikenal sebagai el Che atau Che. Dia adalah seorang dokter, revolusioner, penulis, intelektual, pemimpin gerilya, diplomat dan seorang ahli teori militer. Dia dibenci dan dicintai oleh banyak orang sebagai baik sebagai seorang biasa maupun tokoh utama Revolusi Kuba. Hari ini ia bahkan dikenang atas keberhasilannya. Banyak juga menyebut dia sebagai pembunuh paling brutal yang pernah ada. Tidak peduli dari sudut dunia mana seseorang berada , semua orang akan tahu siapa itu  Che Guevara. namun ada fakta fakta lain yang orang tidak tau ,baiklah kita simak satu persatu :


1. Nama Sebenarnya adalah  Ernesto Lynch.

yups namanya kemudian Berganti menjadi  'Che' Guevara sebuah nama yang begitu powerfull menyiratkan sebuah semangat perjuangangan.

2. Ga pernah mandi

Ketika Che masih kecil ia disebut sebagai 'Chancho', artinya 'babi' ,itu karena Kebiasaannya yang ga pernah mandi bahkan Kemeja yang di pakainya di pakai selama seminggu dan ga pernah di ganti ganti sampai semua lingkungannya mengumpat dia dan menjauhinya karena ga pernah mandi.

3. Seorang yang kutu buku dan cerdas

Che begitu mencintai catur dan bahkan bermain di turnamen profesional. Che  juga memiliki semangat yang tinggi dalam puisi. Mata pelajaran favoritnya selama sekolah adalah matematika dan engineering. orang orang memanggilnya si kutu buku.

4. Bukan Warga Negara Kuba 
 Che bukanlah warga Negara Kuba ,dia di lahirkan di Argentina ,Ayahnya sendiri menyebutkan bahwa ada darah Irlandia dalam diri Che ,lucu juga mendengar seseorang yang bukan warga negara Kuba tapi berjuang demi Kuba .

5. Che adalah seorang Dokter
Terdapat laporan tertulis bahwa Che menyelesaikan Kuliah kedokterannya pada Tahun 1953 dan lulus dengan nilai yang baik di samping itu Che di kenal sebagai mahasiswa kedokteran yang meneliti tentang Penyakit Kusta
 
6. Sering Mengunjungi Amerika Serikat

Seringnya Che bepergian ke Amerika bukan tanpa maksud disana dia Berpidato di depan sidang PBB dan pada Tahun 1964 dia bepidato dan mengecam bagaimana Amerika serikat waktu itu terkait isu isu rasialis.

7. Punya Lima Anak 
Che juga sama seperti kebanyakan orang di mana dia menjalani kehidupan dan menikah ,Che memiliki satu anak dengan istri pertamanya. Namanya Hilda Gadea dan dia lahir pada tanggal 15 Februari tahun 1956. Tempat kelahirannya adalah Mexico City. ada fakta  mengejutkan, ia juga  punya empat anak lagi dengan istri keduanya, Aleida Maret.

8. Tangan yang di Amputasi 

Setelah Che Guevara dieksekusi, seorang dokter militer mengamputasi tangannya. Tentara Bolivia memindahkan mayat ke lokasi yang dirahasiakan. Masih belum pasti apakah tubuhnya benar-benar dikuburkan atau apakah dikremasi.  Namun tangannya diawetkan dan  dikirim ke Buenos Aires untuk diidentifikasi sidik jarinya. Sidik jarinya ditemukan pada file yang berada di  Kepolisian Argentina. Tangan itu kemudian dikirim ke Kuba.

9. Fotonya menjadi Ikon 
gambar diatas begitu ikonik sebab menjadi berbagai merchandise seperti lencana ,kaos,bendera ,poster dan banyak lagi yang lain
gambar di atas di populerkan oleh Alberto Korda


10. Che si Orang Suci
Dalam hati banyak orang Kuba, Ernesto tetap pahlawan. Sekolah anak-anak di seluruh Kuba melakukan  janji di pagi hari bahwa mereka akan seperti Che Guevara. Di Argentina (tanah airnya) ada banyak museum yang didedikasikan untuk mengenangnya  dan pada tahun 2008 patung perunggu setinggi 12 kaki ini diresmikan di Rosario di mana dia dilahirkan. Ada beberapa Bolivia petani p yang menyebut Che sebagai Santo dan karenanya di sebut  Saint Ernesto. Mereka berdoa untuk meminta bantuan. Tentu saja, Gereja Katolik tidak menganggap dia seperti itu tapi itu tidak mengubah pikiran orang-orang yang mencintainya.

1 komentar: