Google+ Followers

Kamis, 08 November 2012

Burung Mitologi di Berbagai Dunia (Bagian 3)

51. Sarimanok
 
Sarimanok adalah burung legendaris suku Maranao yang berasal dari Mindanao, sebuah pualu besar di Filipina. Namanya berasal dari kata sari yang berarti warna dan manok yang berarti ayam. Diyakini bahwa Sarimanok berasal dari legenda Islam. Menurut legenda, Nabi Muhammad mendapati seekor ayam di Surga tingkat pertama. Ukurannya sangat besar, bahkan jambulnya sampai menyentuh ke Surga tingkat dua.

52. Simurgh

Simurgh atau yang dikenal juga dengan nama Angha, adalah nama Persia modern utnuk menyebut makhluk terbang yang baik hati. Figur ini dapat ditemukan di semua periode Great Iran dalam seni dan literatur, juga terlihat jelas sebagai ikon Armenia, Kekaisaran Romawi Timur, serta beberapa daerah yang masih terpengaruh oleh Persia. Simurgh dideskripsikan sebagai makhluk bersayap dengan wujud burung raksasa yang dapat mengangkut seekor gajah atau paus. Digambarkan seperti seekor merak dengan wajah anjing dan cakar singa (terkadang dengan kepala manusia). Dia lebih sering menghabiskan waktunya di air.

53. Blue Jay

Blue Jay (Gagak Biru) adalah makhluk mitologis yang berasal dari Brazil, nama lainnya adalah Lenda da Gralha Azul. Diceritakan bahwa burung raksasa tersebut bepergian ke daerah selatan Brazil.

54. Shahrokh

Shahrokh atau Shahrukh adalah burung mitologi dalam literatur Iran. Namanya terdiri dari dua bagian: Shah berarti "raja" dan Rokh adalah burung raksasa (lihat: Roc). Shahrokh sendiri berarti raja dari para Roc. Dalam kisah Seribu Satu Malam, diceritakan bahwa Shahrokh menolong Sinbad keluar dari sebuah pulau yang berbahaya.

55. Sirin

Sirin adalah makhluk mitologi yang berasal dari legenda Rusia. Di Yunani dikenal sebagai Siren. Digambarkan dengan seorang wanita pada bagian kepala dan dada, sisanya adalah berupa burung (biasanya burung hantu). Menurut mitos, para Sirin hidup di daratan India, dekat Eden atau sekitar sungai Efrat. Mereka biasanya bernyanyi untuk memikat mangsa mereka dan membunuhnya. Mereka adalah makhluk yang sangat berbahaya.

56. Strix

Strix adalah bahasa Roma Kuno dan Yunani untuk menyebut "burung hantu". Menurut legenda, Strix diyakini sebagai burung pembawa penyakit yang memakan daging manusia dan meminum darah. Asal usul Strix berawal dari sebuah kisah dari Yunani tentang PolyphontePolyphonte adalah seekor beruang liar yang memiliki dua orang putra bernama Agrios dan OreiosPolyphonte dikutuk menjadi Strix karena kanibalismenya.

57. Stymphalian

Burung Stymphalian berasal dari mitologi Yunani Kuno. Mereka adalah burung pemangsa manusia dengan paruh dari perunggu dan bulu dari logam tajam yang dapat dilemparkan ke korbannya. Mereka bermigrasi ke Danau Stymphalia di Arcadia untuk menghindari serangan serigala-serigala yang dikirimkan oleh penduduk Arab.


58. Swan Maiden

Swan Maiden adalah makhluk mitologi yang dapat berubah bentuk dari seekor angsa menjadi wanita. Kisah mengenai Swan Maiden sangat terkenal hampir di seluruh dunia, terutama dalam bentuk dongeng atau cerpen. Berikut kisahnya:
"Di sebuah hutan, tinggal seorang wanita yang dapat berubah menjadi angsa dengan mengenakan mantel ajaib. Seoran pria muda terpesona akan kecantikannya. Ketika wanita itu sedang mandi (dalam wujud manusia), pria tersebut mencuri dan menyembunyikan jubah ajaib agar wanita itu tidak bisa berubah menjadi angsa. Beberapa saat berlalu, mereka berdua menikah dan memiliki anak. Wanita itu hingga sekarang masih mencari dimana mantel ajaibnya. Suatu hari anak mereka bernyanyi mengenai mantel ajaib yang dicuri oleh seorang pria. Wanita itu berhasil mendapatkan kembali mantel ajaibnya dan pergi ke tempat asalnya meninggalkan suami beserta anak mereka."
59. Tengu

Tengu adalah sejenis makhluk supernatural dalam legenda, seni dan literatur Jepang. Mereka adalah jenis yokai (roh monster) dan terkadang dipuja sebagai Shinto Kami (dewa). Tengu umumnya digambarkan sebagai manusia-burung. Namun pada seni modern, Tengu lebih digambarkan seperti manusia yang memiliki sayap dan kemampuan bertarung. Konon, suara dari Tengu seperti petir dan biasanya menandakan akan terjadi peperangan.

60. Gagak Berkaki Tiga

Gagak berkaki tiga adalah burung mitologi yang terkenal hampir di seluruh Asia dan Afrika Utara. Namun beberapa berpendapat bahwa mereka berasal dari Mesir. Gagak berkaki tiga melambangkan matahari. Mereka dikenal dengan berbagai nama seperti Yata Garasu (Jepang), Sanzuwu (China) dan Samjok-o (Korea). Burung ini juga digunakan sebagai logo JFA (Japan Football Asociation).

61. Thunderbird

Thunderbird adalah burung legendaris yang berasal dari penduduk asli Amerika Utara. Mereka dipercaya sebagai burung supernatural yang memiliki kemampuan luar biasa. Konon setiap kibasan sayapnya dapat mengakibatkan terjadinya petir dan menggerakkan angin. Burung Hammerkop dipercaya sebagai bentuk manifestasi dari Thunderbird.

62. Tigmamanukan

Menurut mitologi Filipina, Tigmamanukan diyakini oleh penduduk Tagalog sebagai burung yang memberi pertanda. Dalam sebuah legenda kuno, Tigmamanukan adalah burung yang membelah bambu sehingga keluarlah sepasang manusia pertama (teori penciptaan di Filipina).

63. Turul

Turul adalah burung paling penting dalam mitologi asli suku Magyar (masyarakat Hungaria). Dia adalah pembawa pesan ramalan dan bertengger di ujung Pohon Kehidupan bersama para roh anak-anak yang belum dilahirkan (dalam bentuk burung). Turul menjadi simbol semangat, kekuatan dan kebangsawanan yang hingga sekarang masih digunakan sebagai lambang pasukan Hungaria dan kantor Keamanan Nasional.

64. Valraven

Menurut cerita rakyat Denmark, Valraven adalah burung gagak supernatural. Gagak tersebut muncul di lagu-lagu daerah Denmark, dimana mereka digambarkan sebagai burung gagak yang memakan mayat di medan pertempuran. Setelah itu mereka mampu berubah wujud menjadi seorang ksatria jika memakan jantung anak-anak dan bentuk lainnya adalah sebagai  separuh burung gagak dan separuh serigala. Kisahnya dicatat sekitar tahun 1800, ketika seorang raja tewas dalam pertempuran namun tidak dimakamkan, sehingga datang burung gagak dan memakannya. Kemudian jadilah mereka Valraven. Valraven yang telah memakan jantung sang raja memperoleh pengetahuan dan dapat berbuat melakukan perbuatan dengki, mampu menyesatkan orang-orang, serta memiliki kemampuan manusia super.


65. Burung Vermilion

Burung Vermilion adalah salah satu dari keempat simbol Konstelasi Cina. Menurut Wu Xing, dia melambangkan elemen api, arah selatan dan musim panas. Dia memiliki beberapa nama seperti Zhuque (Cina), Suzaku (Jepang), Jujak (Korea) dan Chu Tước (Vietnam). Burung Vermilion sering digambarkan sebagai Fenghuang, padahal mereka adalah burung yang berbeda.

66. Zhenniao

Zhenniao atau yang memiliki nama lain Zhen atau Poisonfeather Bird adalah burung mitologi yang muncul di berbagai puisi dan catatan Cina. Disebutkan bahwa mereka pernah hidup di sebuah tempat yang sekarang kita kenal sebagai Cina Selatan. Digambarkan bahwa burung Zhen memiliki warna ungu dengan selingan hijau, berleher panjang dan paruh berwarna merah tua. Zhen mendapatkan gelar burung beracun karena mereka memakan kepala ular viper. Racun dari Zhenniao dikenal sebagai Zhendu atau Zhen poison. Dagingnya sangat beracun. Konon, racun dari burung tersebut diramu dan digunakan sebagai alat pembunuhan (assassination).

67. Ziz

Ziz adalah burung mitologi raksasa yang berbentuk seperti Griffin. Dia muncul dalam mitologi Yahudi. Disebutkan bahwa ukurannya sangat besar, bahkan cukup untuk menghalangi matahari secara penuh. Menurut tradisi Yahudi, akan ada perjamuan akhir dimana hidangannya adalah daging Ziz, Leviathan dan Behemoth. Banyak orang mengira bahwa Ziz adalah makhluk dalam Injil, bagaimanapun juga tidak disebutkan sama sekali soal Ziz di dalam Injil. Ziz sebenarnya muncul dalam Midras ketimbang eskatologi Yahudi. 

68. Zu

Zu adalah burung mitologi dari Akkadia. Penampilan Zu hampir sama seperti Griffin, yaitu singa dengan kepala dan sayap burung elang. Dia adalah anak dari Dewi Siris. Disebutkan bahwa Zu dan Siris mampu menyemburkan api dan air dari mulut mereka. Diceritakan bahwa Zu pernah mencuri Tablet of Destinies, namun Dewa Matahari Marduk mengetahuinya dan membunuh Zu.

69. Gryphon

Gryphon atau Griffin adalah makluk legendaris yang digambarkan dengan singa yang memiliki kepala serta sayap burung elang. Singa adalah simbol raja hutan sementara elang adalah raja langit, sehingga Griffin melambangkan kekuatan dan kekuasaan. Konon, diketahui bahwa Griffin menjaga harta karun.

70. Horus

Horus adalah makhluk mitologi paling tua yang berasal dari kepercayaan Mesir Kuno. Horus memiliki banyak penggambaran, namun yang paling populer digambarkan sebagai manusia dengan kepala burung elang. Orang Mesir Kuno sangat memuja sekali Horus sebagai perwujudan dewa Ra-Horakthy (Dewa Matahari).


Sumber : Kaskus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar