Google+ Followers

Rabu, 21 November 2012

10 Fakta "Skyfall"


Seperti film-film Bond sebelumnya, “Skyfall” (2012) meneruskan tradisi dengan menghadirkan petualangan di beragam lokasi eksotis di seluruh dunia. Dalam film besutan Sam Mendes ini, sang agen 007 pun bertualang ke Istanbul, Shanghai, dan tentu saja, pulang kembali ke Inggris. Selain berbagai kisah menarik saat syuting, masih ada beragam fakta unik lain yang ada di belakang pembuatan film ini. Ingin tahu apa saja?

1. Pesta koktail

Kalau bukan karena Daniel Craig, kita mungkin tak akan pernah melihat sebuah film Bond yang disutradarai oleh Sam Mendes. Awal keterlibatan Mendes dalam “Skyfall” dimulai dari sebuah pertemuan informal antara dirinya dan Craig di sebuah pesta koktail. Saat sedang berbincang-bincang, Craig bertanya apakah Mendes sedang sibuk mengerjakan proyek film.
Ketika tahu bahwa Mendes sedang cukup santai, Craig menawari apakah temannya itu ingin menyutradarai film Bond yang baru. Mendes pun menyambut dengan antusias karena dirinya adalah seorang penggemar film-film Bond. Setelahnya, Mendes pun diundang untuk rapat dengan para produsernya, Michael G. Wilson dan Barbara Broccoli. Kelanjutan ceritanya, Anda sudah tahu.

2. Live and Let Die
Kecintaan Mendes pada film Bond dimulai ketika dirinya baru berusia sekitar 9 atau 10 tahun. Film Bond pertama yang disaksikannya adalah “Live and Let Die” (1973). Saat itu, Mendes butuh waktu yang lama untuk mengejar ketertinggalannya dalam menonton film-film Bond lain, karena ia hanya bisa menunggu sampai film-film lawasnya tayang di televisi.

3. Adele
Dalam catatan produksinya, Barbara Broccoli menjelaskan bahwa sejak awal ia sudah menginginkan Adele untuk menyanyikan lagu tema “Skyfall”. “Satu-satunya orang yang kami inginkan adalah Adele,” katanya. “Ia datang untuk menemui kami, ia membaca naskahnya, dan ia mempertimbangkan hal ini dengan sangat serius.” Bersama dengan Paul Epworth, Adele pun akhirnya menciptakan lagu berjudul “Skyfall”. Hasilnya pun sangat memuaskan. “Ia memiliki suara yang sangat luar biasa, ia telah menghadirkan sebuah lagu tema Bond yang klasik. Bergabungnya Adele ke dalam produksi ini merupakan mimpi yang jadi kenyataan,” tambah Barbara.

4. Latihan tiga bulan
Meski durasinya hanya sepanjang 12 menit, adegan kejar-kejaran antara Bond dan musuhnya sambil mengendarai sepeda motor membutuhkan persiapan selama tiga bulan dan syuting sepanjang dua bulan. Sang koordinator pemeran pengganti, Gary Powell, merekrut juara motocross Robbie Maddison dan juara rally Inggris, Mark Higgins.

5. Grand Bazaar
Dalam salah satu adegan kejar-kejaran di Istanbul, lokasi yang digunakan adalah Grand Bazaar yang sangat ramai. Grand Bazaar sendiri adalah salah satu pasar dalam ruangan yang paling besar dan paling tua di dunia. Pasar ini memiliki 61 jalanan yang semuanya berada di dalam bangunan dan setiap hari dikunjungi sekitar 400 ribu orang. Karena adegan kejar-kejaran yang hendak difilmkan sangat beresiko, maka kru film “Skyfall” hanya diberi akses saat pasar tersebut tutup di hari Minggu. Untuk menghidupkan suasana pasar yang riuh, sebanyak 500 pemeran pendukung asli Turki dikumpulkan untuk memenuhi Grand Bazaar saat syuting.

6. 91 meter
Adegan Bond jatuh dari atas kereta yang melaju diambil di atas jembatan Varda. Jembatan yang lokasinya kira-kira satu jam perjalanan dari kota Adana, Turki ini dibangun di tahun 1912. Ukuran panjang jembatan ini adalah 175 meter dan tingginya adalah 91 meter. Pemeran pengganti Daniel Craig dalam adegan ini adalah Andy Lister.

7. Kereta anjlok
Adegan kereta yang jatuh dan terguling di terowongan kota London merupakan sebuah aksi rumit yang dibuat di Pinewood Studios. Untuk membuat adegan ini, kru “Skyfall” membangun dua gerbong kereta dengan ukuran yang persis aslinya. Masing-masing gerbong ini memiliki bobot 7 ton. Karena terlalu beresiko, maka para kru dan pemeran dilarang untuk memasuki studio ini. Untuk mengakalinya, dipasang sepuluh kamera yang dioperasikan oleh alat pengendali jarak jauh supaya para kru tetap dapat merekam adegan kereta jatuh ini dari berbagai sudut.

8. Naga emas dan 300 lentera
Set luar ruangan dari Golden Dragon Casino diterangi oleh 300 lentera terapung. Selain itu ada juga dua ornamen naga raksasa dengan panjang 9 meter yang menghiasi pintu masuknya. Sebanyak 12 seniman didatangkan khusus dari Cina untuk menciptakan struktur ini dengan bahan kabel baja, kain sutra, dan 400 bohlam lampu.

9. Hari pertama Q
Lokasi yang digunakan dalam adegan pertemuan pertama Bond dan Q adalah The National Portrait Gallery. Adegan ini diambil setelah tempat tersebut tutup di malam hari. Inilah adalah syuting hari pertama di film “Skyfall” bagi Ben Whishaw. Aktor Inggris ini mengingat pengalaman syutingnya bersama Daniel Craig sebagai sesuatu yang samar-samar dan seperti sebuah mimpi karena mereka merekam adegan tersebut jauh setelah lewat tengah malam sampai jam 4 pagi.

10. DECC
Salah satu adegan paling menonjol di trailer film “Skyfall” adalah ketika Bond berdiri di atas sebuah gedung dan melihat bendera Inggris di kejauhan. Mencari tempat yang dapat digunakan untuk menampilkan adegan ini dengan sempurna bukanlah hal mudah. Setelah survey ke beberapa tempat, kru “Skyfall” akhirnya menentukan bahwa lokasi yang paling tepat adalah atap gedung DECC (Department of Energy and Climate Change).

2 komentar: