Selasa, 20 November 2012

10 Perempuan yang Popular di Jalur Indie

Menjelaskan kata ‘indie’ tidaklah mudah, bahkan indie seringkali dihubungkan dengan pergerakan para musisi yang mandiri, mulai dari memproduksi dan mendistribusikan musik. Namun saat ini indie dapat juga dikatakan sebagai salah satu pergerakan yang dilakukan oleh para seniman, penulis,komedian dan perancang busana, bahkan atlet yang menggeluti dunianya tanpa harus memikirkan kepentingan pasar atau audiens secara umum. Bahkan mereka tidak takut hasil karyanya tidak laku, karena berlawanan dengan apa yang dilakukan oleh industri mapan. Bahkan mereka berani bermain di film-film dengan dana seadanya, berkomedi di klub pinggiran kota, hanya untuk mengabdikan diri pada apa yang diyakininya. Berikut 10 Perempuan yang Popular di Jalur Indie:

1. Molly McAleer

Ia menjadi popular karena seorang bloger yang antusias lebih aktif dari yang aktif (boners). Ia menulis dan mengontribusikan tulisannya untuk Defamer, Gawker dan Thisjustin. Dengan gaya tulisannya yang konyol, kasar, menggoda dan terkadang ia memublikasikan video berisikan curhatan di tengah malam. Sepertinya Molly memiliki tanggung jawab yang tidak dimiliki oleh para bloger lain atas apa yang dilakukannya di dunia maya. Bahkan ia mampu mengalahkan sekretarisnya Mad Men, Chirstina Hendricks,  dengan memenangkan perhargaan Best Necomer Boner pada sebuah blog popular Bonerparty.tumblr.com –sebuah blog yang didedikasikan untuk para boner sejati.
Meskipun kegiatannya sebagai bloger begitu padat dan penuh tekanan untuk menghasilkan tulisan dan kontribusi yang baik, Molly bukanlah seorang perokok, penikmat bir, menggunakan ekstensi rambut.  Saat ini ia sedang mengerjakan web baru miliknya, The Moll Show, jika Anda penasaran ikuti saja di stumbleupon.com.

2. Au Revoir Simone

Selain kualitas musik mereka yang memang bagus, penampilan mereka pun selalu menarik perhatian dan jarang sekali mereka berpisah satu sama lainnya. Au Revoir Simone, merupakan band indie trio, kecantikan mereka bahkan disamakan dengan para pemeran the Virgin Suicides.  Au Revoir Simone, memainkan musik indie minimalis dengan hanya menggunakan drum elektronik, synthesizers, keyboard dan lainnya.
Keunikan band ini adalah nama mereka yang diambil dari film Pee Wee’s Big Andventure, ketika itu Pee Wee mengucapkan selamat tinggal kepada temannya Simone.

3. Sherry Sirof

Sherry adalah sosok komedian indie yang popular, meski kebanyakan orang tidak mengetahui akan keberadaan stand-up komedi yang dilakukan secara indie, dan itu dibuktikan oleh Sherri Sirof. Namanya besar di kalangan pencinta komedi di San Fransisco, dan saat ini mulai merambah scene komedi di Los Angeles tempat suami dan puterinya tinggal, Jacob Sirof dan Wynter Moon.
Yang menjadi ciri khas dari Sherry adalah penampilannya yang menyerupai petugas perpustakaan, yakni memakai kacamata besar, selain bahan humornya yang menjurus ke seks.

4. Crybaby
Gadis indie yang satu ini adalah Pegulat di Meksiko, namun sebelumnya ia adalah anggota dari tim rollerblade Los Angeles Derby Doll di liga rollerblade Amerika Serikat. Crybaby seorang pegulat Meksiko yang menggunakan masker lucu, karakternya dikenal lugu di atas ring. Crybaby adalah sosok perempuan multitalenta yang tak kenal menyerah meskipun hanya kalangan tertentu saja yang mengenalnya. Namun dari atlet rollerblade hingga menggeluti olahraga keras sekalipun hanya hiburan, ia tetap menjalaninya dengan baik.

5. Anya Teresse

Ia menjadi popular karena di saat berusia 12 tahun telah menjadi perancang busana. Anya Teresse  merupakan puteri dari pasangan Kate (aktris dan penari Broadway) dengan Kass seorang pengusaha restoran yang juga penyanyi. Untuk mendapatkan bahan pakaiannya, Anya harus menyisihkan uang jajannya. Busana rancangan Anya dikenal gayanya yang retro, ia melabeli  busana dengan nama orangtuanya, Kate and Kass. Anya pun dipercaya untuk merancang busana yang akan digunakan di sebuah film indie seperto Art School Confidential. Kehadirannya di dunia fesyen telah menginspirasi para perempuan lain untuk mengikuti langkahnya.

6. Miranda July

Perempuan yang satu ini besar di kawasan hippie di Berkeley, sehingga tak heran apabila ia memiliki talenta yang beragam untuk menunjang kariernya. Ia adalah pembuat film, aktris dan penulis. Ia adalah perempuan yang konsisten dan memulai perjuangannya mulai dari panggung kecil dan seni video instalasi di sebuah museum, hingga ke panggung dan film lebar. Ia telah menggantungkan hidupnya dari berkesenian sejak usia 23 tahun.

7. Tracey Heggins

Perempuan indie yang satu ini hanya memainkan peranan kecil dalam sebuah serial televisi, sebagai pramugari di Journeyman dan seniwati di Lincoln Heights. Wajah Tracey yang eksotis membawanya untuk membintangi sebuah film indie Medicine  for Melancholy. Hasilnya, ia bersama lawan mainnya Wyatt Cenac dari The Daily Show, berhasil memukau semua yang hadir di Festival Circuit tahun lalu.

8. Joanna Newsom
Joanna adalah musisi musik klasik yang memainkan harpa. Ia memainkan Appalachian kemudian dicampurkan dengan musik folk avant garde, keunikan warna suaranya pun sangat mengagumkan bahkan ada yang menyamakannya dengan Bjork. Ia memang tidak melatih vokalnya secara khusus, namun dengan lirik yang imajinatif membuatnya mudah dicerna di telinga musisi seperti Wild Oldham dan Cat Power. Dua musisi yang mengundang Joanna untuk bermain bersama dalam satu panggung. Bukan itu saja, dengan harpanya ia mampu berkeliling negara dan memainkan jenis musik apapun di berbagai klub musik indie.

9. Amanda Blank
Blank adalah rapper yang berasal dari  kawasan Philadelphia, ia menggabungkan ‘kekasaran’ irama musik rap dengan penampilan yang flamboyan. Amanda Blank dikenal sebagai vokalis band rock Sweatheart, meski saat ini ia sedang fokus membuat album solo. Perempuan yang satu ini merupakan bagian dari scene musik alternatif hip-hop, Spank Rock, di Kota Baltimore. Dalam aksi panggungnya Amanda termasuk berani dalam hal penampilan, setengah telanjang sekalipun.

10. Neko Case
Neko merupakan musisi indie yang popular, melalui band Her Boyfrieds dan The New Pornographer ia memulai langkahnya sebagai musisi Indie. Sebagai seorang vokalis, ia benar-benar memukau para penggemarnya di setiap pertunjukkan. Sementara musiknya sendiri cukup sulit untuk dikategorikan terkadang terdengar country atapun rock n’ roll. Ia adalah perempuan yang menyenangkan, untuk berdiskusi atau sekedar membicarakan keseharian. Neko adalah orang yang tegas, susah ditebak, lucu dan yang sulit dilupakan adalah rambut merahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar