Google+ Followers

Rabu, 14 November 2012

8 Meteor terkenal yang hiasi langit bumi di tahun 2012

Memang mulai dari awal tahun sampai hampir di penghujung 2012 ini, manusia-manusia di bumi sering dihibur oleh pemandangan luar angkasa yaitu hujan meteor.
Dari banyaknya 'acara' meteor shower yang terjadi setidaknya ada 8 hujan meteor terkenal dan dinantikan oleh para orang umum, astronom dan khususnya para fotografer. Di penghujung tahun ini saja, diketahui ada 2 hujan meteor yang sudah dan akan terjadi.
Berikut adalah daftar hujan meteor yang sudah dan akan terjadi mulai awal sampai akhir tahun 2012 ini.


1. Quadrantids
8 Meteor terkenal yang hiasi langit bumi di tahun 2012
Hujan meteor dengan nama Quadrantids ini adalah hujan meteor tahunan yang selalu muncul di bulan Januari. Di tahun 2012 ini, Quadrantids muncul pada malam hari tanggal 3 Januari (21.00) dan berakhir sampai tanggal 4 Januari pagi (04.30).
Menurut Wikipedia, hujan meteor ini sudah lama diobservasi oleh astronom dari China, Jepang dan Korea. Kejadian langit ini 'menggeliat aktif' dimulai pada tanggal 28 Desember dan kemungkinan akan berhenti maksimal pada tanggal 12 Januari. Diperkirakan Quadrantids 2013 mendatang akan muncul sekitar tanggal 01 sampai 05 Januari.


2. Lyrids
8 Meteor terkenal yang hiasi langit bumi di tahun 2012
Lyrids adalah hujan meteor yang selalu muncul di bulan April. Karena kemunculannya di bulan ke-4 tersebut, Lyrids disebut juga dengan nama Alpha Lyrids atau April Lyrids. Radiant dari Lyrids berasal dari konstalasi Lyra. Di tahun 2012 ini, Lyrids muncul pada tanggal 21 dan 22 April.
Seperti yang dilansir Huffinton Post (16/04), meteor-meteor Lyrids tersebut akan muncul dengan cahaya yang sangat terang seperti halnya bintang-bintang di Big Dipper. Diperkirakan pada tahun 2013 mendatang, Lyrids akan muncul pada tanggal 23 April.


3. Eta Aquarids
8 Meteor terkenal yang hiasi langit bumi di tahun 2012
Hujan meteor dengan nama Eta Aquarids ini terjadi pada tanggal 29 April dan mencapai puncaknya pada tanggal 5 Mei lalu. Sayangnya, keindahan 'tarian' Eta Aquarids masih kalah populer dengan munculnya Supermoon yang juga terjadi pada tanggal 5 Mei.
Menurut Wikipedia, Eta Aquarids selalu muncul di akhir bulan April dan berakhir di awal Mei. Radiant Eta Aquarids berada di konstalasi Aquarius. NASA menjelaskan bahwa Eta Aquarids ini adalah pecahan kecil dari komet Halley yang dapat terlihat dari bumi setiap 76 tahun sekali.
Pada tahun 2013 mendatang, Eta Aquarids diperkirakan akan kembali muncul pada tanggal 06 Mei.


4. Delta Aquarids
8 Meteor terkenal yang hiasi langit bumi di tahun 2012
Seperti halnya Eta Aquarids, radiant Delta Aquarids berasal dari konstalasi Aquarius. Hujan meteor dengan nama Delta Aquarids ini mencapai puncak aktivitas antara tanggal 28 sampai 29 Juli. Di tahun 2012 ini, Delta Aquarids muncul pada malam tanggal 28 Juli dan berakhir dini hari 29 Juli.
Seperti yang dilansir Earthsky.com, biasanya pemunculan Delta Aquarids ini akan dibarengi dengan terlihatnya planet Jupiter dan Venus di langit sebelah timur, 3 jam sebelum matahari terbit. Di tahun 2013 mendatang, Delta Aquarids diperkirakan muncul pada tanggal 28 Juli.


5. Perseids
8 Meteor terkenal yang hiasi langit bumi di tahun 2012
Hujan meteor satu ini dijuluki Shooting Star. Mungkin dari banyaknya hujan meteor yang terlihat dari bumi, Perseids boleh dikatakan salah satu yang terindah. Menurut WIkipedia, Perseids adalah pecahan dari komet Swift-Tuttle. Radiant meteor-meteor ini berasal dari konstalasi Perseus.
Aktivitas Perseids selalu terjadi antara tanggal 9 sampai 14 Agustus. Di tahun 2012 ini, Perseids menampakkan dirinya pada tanggal 12 Agustus. Tahun depan, Perseids akan muncul kembali sekitar tanggal 13 Agustus.


6. Orionids
8 Meteor terkenal yang hiasi langit bumi di tahun 2012
Para astronom mengatakan bahwa Orionids ini mempunyai kaitan dengan komet Halley. Radiant meteor-meteor ini berasal dari konstalasi Orion. Orionids adalah hujan meteor tahunan yang selalu muncul di minggu ketiga Oktober. Tahun ini, Orionids menampakkan dirinya pada tanggal 21 sampai 23 Oktober.
Bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Norwegia akan sangat beruntung sekali karena selain dapat melihat Orionids, mereka juga dapat menyaksikan aurora borealis. Di tahun 2013 mendatang, Orionids diperkirakan akan kembali muncul pada tanggal 21 Oktober.

7. Leonids

8 Meteor terkenal yang hiasi langit bumi di tahun 2012
Seperti yang dilansir Huffinton Post (12/11), setiap jamnya, akan ada 10 sampai 15 meteor (Leonids) yang terlihat dari bumi. Perkiraan para pakar menyebutkan bahwa kemungkinan Leonids akan muncul mulai tanggal 17 November depan dan mencapai puncaknya di tanggal 20 November. Seperti halnya perseids, Leonids juga akan nampak seperti hujan meteor yang deras atau disebut juga Shooting Star.
Meteor-meteor yang radiant-nya berasal dari konstalasi Leo ini adalah pecahan dari komet Temple-Turtle. Setiap tahunnya, Leonids akan melakukan perjalanan sejauh 45 mil untuk menghibur jutaan pasang mata di bumi. Para astronom mengatakan bahwa kekuatan meteor-meteor Leonids tidak terlalu kuat untuk dapat menembus lapisan atmosfer bumi. Di tahun 2013 mendatang, kemungkinan Leonids akan kembali muncul pada tanggal 17 November.

8. Geminids

8 Meteor terkenal yang hiasi langit bumi di tahun 2012
Menurut Wikipedia, hujan meteor Geminids lahir karena aktivitas sebuah asteroid yang dinamakan Palladian. Tidak seperti hujan meteor pada umumnya, meteor-meteor Geminids akan bergerak cukup lamban. Puncak aktivitas Geminids antara tanggal 13-14 Desember. Geminids pertama kali diobservasi sekitar 150 tahun lalu.
Radiant dari Geminids berasal dari konstalasi Gemini. Kecepatan luncuran setiap meteornya diperkirakan sekitar 22 mil/detik. Tempat paling bagus untuk mengobservasi atau sekadar menikmati aktivitas Geminids adalah di Australia, Selandia Baru, Chili dan Hawaii. Untuk tahun 2012 ini, Geminids diperkirakan akan muncul pada tanggal 12 dan 13 Desember. Sedangkan di tahun 2013 mendatang, Geminids kemungkinan akan kembali muncul pada tanggal 14 Desember.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar