Google+ Followers

Sabtu, 17 Agustus 2013

9 Parasit yang Mengerikan dan Menjijikkan

Parasit adalah makhluk yang menjijikkan. Di mana parasit bernaung, terkadang hal itu sangat merugikan inangnya. Karena itu tak jarang jika parasit tiba-tiba muncul, dengan segera akan dimusnahkan.Semua orang pasti tahu jika parasit memang mengerikan, tapi tahukah kamu kalau memang ada parasit-parasit yang begitu menjijikkan? mari kita cek.....
1. Pemakan Lidah Ikan

Bernama Cymothoa Exigua atau sering disebut kutu pemakan lidah, ini adalah parasit berkulit keras yang masuk melalui insang ikan dan menempel di dasar lidah ikan. Sampai di sana, Exigua menempelkan cakarnya membuat lidah ikan kekurangan darah karena diambil olehnya sampai rusak dan tak berfungsi.

2. Cacing Mata Afrika

Nama latinnya adalah Loa Loa namun kerap dikenal dengan cacing mata dari Afrika. Cacing ini memasuki tubuh manusia melalui gigitan lalat rusa dan menaungi tubuh inangnya sampai bertahun-tahun lamanya tanpa diketahui sampai kamu akan merasa ada yang aneh di matamu dan melihat ada cacing kecil menggeliat di permukaan bola mata. Cacing ini banyak ditemukan di kawasan Afrika dan India dengan gejala gatal, nyeri sampai mati kelelahan.

3. Cacing Kaki Papua Nugini

Nama latinnya adalah Dracunculus Medinensis dan merupakan salah satu parasit tertua yang ditemukan manusia. Cacing ini menyerang manusia, anjing, kucing, kuda, sapi dan lainnya yang ditemukan di Afrika serta Asia. Parasit ini masuk setelah tubuh sang inang menelan air yang terkontaminasi copepoda (kutu air) dan larva cacing ini. Setahun kemudian, cacing ini bisa membuat kulit manusia melepuh dan jika parah akan ada cacing yang keluar menyebabkan sensasi terbakar.

4. Cacing Penyebab Kaki Gajah

Ditularkan ke tubuh inang melalui nyamuk, larva cacing filaria penyebab kaki gajah ini masuk melalui gigitan nyamuk ke tubuh inang. Filaria menimbulkan penebalan kulit dan jaringan bawah, ruam, sampai membuat buta. Saat cacing filaria menyerangmu, kakimu akan membengkak mengerikan.

5. Buat Semut Jadi Zombie

Semut yang terinfeksi parasit ini mendapat julukan semut zombie. Seperti yang ditampilkan di film horor, jamur parasit ini menginfeksi semut dan mengubah perilaku mereka. Di mana semut yang jatuh di tanaman jamur ini akan mati sampai akhirnya jaringan tubuhnya dimakan dan dihancurkan spora jamur.

6. Super Menjijikkan

Embrio parasit ini dikenal sebagai inspirasi dari adegan melahirkan dalam film horor populer tahun 1979, ALIEN. Di mana embrio-embrio parasit ini dimasukkan oleh induk mereka ke ulat dan akan berkembang selama 14 hari. Lalu dengan virus yang dipunya, parasit ini melumpuhkan tubuh inang, menggigit sampai keluar dari tubuh dan hidup. Benar-benar mengerikan.

7. Parasit Kepiting

Parasit Sacculina ini menggerogoti tubuh inangnya dan mengontrol reproduksi seksualnya sampai dibunuh. Jika kepiting inangnya adalah betina, Sacculina akan menipunya seakan-akan dia adalah telur sehingga dibawa, dipelihara oleh tubuh inang tanpa disadari bahwa parasit ini menyebarkan larva. Namun jika tubuh inangnya jantan, Sacculina akan membuatnya seakan-akan menjadi betina.

8. Sang Penipu Semut

Sebagai parasit, ulat Niphanda Fusca rupanya mencuri sumber gizi dari spesies semut. Fusca memasuki sarang semut dan meniru tindakan mereka sampai dianggap semut sebagai bagian dari spesies mereka. Hingga akhirnya fusca berhasil hidup disarang semut, menjadi sosok sang ratu dan memakan seluruh gizi sampai dia menjadi kepompong.

9. Benalu Pengganggu

Dikenal dengan nama benalu dan dianggap pasif, namun parasit tumbuhan ini begitu berbahaya. Hidup di tumbuhan begitu saja, benalu mengambil berbagai unsur hara tumbuhan sampai membuat tumbuhan itu mati. Seakan kurang, benalu bisa tumbuh tak terkendali sampai menutupi sebuah populasi tumbuhan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar