Google+ Followers

Jumat, 16 Agustus 2013

10 Pemilik Berlian Paling Tajir di Dunia


Jika biasanya berlian diminati para wanita, saat ini sepertinya berlian telah menjadi teman terbaik bagi para investor. Hal tersebut karena harga berlian yang melonjak sejak 2005 dan terus meningkat 20% pada 2017.
Seperti dilansir dari CNBC, Sabtu (27/7/2013), menurut perusahaan peneliti kekayaan Wealth-X kenaikan tersebut didorong oleh lonjakan permintaan dari Asia khususnya China dan India.
Harganya pun sempat mencetak rekor tertinggi, berlian 101,73 karat misalnya pernah dijual seharga US$ 27 juta pada pengusaha perhiasan mahal Harry Winston di lelang Christie di Genewa.
Maka tak heran jika banyak investor yang menggeluti bisnis berlian ini. Menurut data kekayaan bersih yang dirilis Wealth-X, pemilik berlian terkaya di dunia merupakan kolektor, dealer, pemilik usaha sekaligus investor yang memiliki saham di beberapa tambang berlian terbesar dunia.
Berikut adalah 10 pemilik berlian terkaya di dunia:

1. Cheng Yu-tung

Kekayaan bersih: US$ 19,6 miliar
Pria berusia 87 tahun ini merupakan pimpinan riteler perhiasan terbesar di dunia ini diperkirakan memiliki kekayaan senilai US$ 19,6 miliar. Kekayaannya tersebut berjumlah lebih dari tiga kali lipat harta yang dimiliki pesaingnya terdekatnya Beny Steinmetz.  Harta tersebut diperoleh dari perusahaan yang dipimpinnya Chow Tai Fook Jewellery Group.
Selain menjadi yang terkaya, Cheng juga menjadi yang tertua di antara 10 pemilik perusahaan berlian terkaya di dunia. Tak cukup sampai disitu, pria tua ini juga satu-satunya pemilik berlian Asia yang masuk deretan ini.

2. Beny Steinmetz

Kekayaan bersih: US$ 5,8 miliar
Pria yang satu ini diketahui lahir sebagai orang kaya yang kemudian mewarisi Steinmetz Diamond Group dari ayahnya.
Logo pemilik perusahaan berlian ini bertuliskan creators of the worlds finest diamonds (pencipta berlian terbaik di dunia) dan telah berdiri selama 70 tahun. Menurut situs resmi perusahaan, BSR Group juga memiliki Octea Diamond Group yang mendulang berlian 10 juta karat dari tambang Koidu di Sierra Leone.
Di usianya yang ke-57 dia menjadi pengusaha berlian paling kaya di dunia dengan pendapatan US$ 5,8 miliar.

3. Dan Gertler

Kekayaan bersih: US$ 2,6 miliar
Pengusaha asal Israel, Dan Gertler mendulang hartanya dengan berinvestasi di sejumlah lahan tembaga dan berlian di Republik Kongo. Di usianya yang baru 39 tahun dia menjadi orang termuda di antara 9 pengusaha berlian lainnya.
Perusahaan Fleurette Group yang dimilikinya bersama rekan bisnisnya diketahui mempekerjakan 20 ribu pekerja hingga saat ini. Dari bisnis berliannya tersebut dia tercatat mengumpulkan US$ 2,6 miliar.

4. Anne-Marie Graff

Kekayaan bersih: US$ 2,1 miliar
Istri dari miliarder Inggris yang juga bergerak di bisnis perhiasan Laurence Graff ini tercatat memiliki kekayaan hingga US$ 2,1 miliar. Dirinya merupakan salah seorang pemegang saha di perusahaan suaminya Graff Diamonds.
Pada penawaran saham perdananya pada publik tahun lalu, kombinasi saham pasangan yang hampir bercerai ini diketahui bernilai US$ 645 juta. Dalam penawaran maksimal, nilai saham perusahaan berliannya bisa mencapai US$ 3,1 miliar.

5. Laurence Graff

Kekayaan bersih: US$ 2,1 miliar
Pengusaha berlian Inggris Laurence Graff merupakan pendiri Graff Diamonds yang terkenal karena permatanya yang langka dan besar. Dia diketahui memiliki kekayaan yang setara dengan istrinya, Anne Graff  sebesar US$ 2,1 miliar.
Beberapa berlian yang paling terkenal yang dimiliki Graff termasuk Graff Pink yang langka sebesar 24,78 karat. Berlian tersebut dibelinya seharga US$ 46 juta. Dia juga diketahui memiliki berlian 603 karat seharga US$ 12,4 juta.

6. Georges Nicolas Hayek Jr

Kekayaan bersih: US$1,7 miliar
CEO Swatch Group asal Swiss, George Nicolas membeli perusahaan perhiasan Kanada bermerek Harry Winston senilai US$ 1 miliar pada Januari lalu.
Swatch juga merupakan produsen jam mewah terbesar di dunia dari skala penjualannya. Setiap tahun Harry Winston menyewakan perhiasan bernilai jutaan dolar untuk dikenakan para bintang film Holyywood.
Dari bisnisnya, Hayek diketahui memiliki kekayaan senilai US$ 1,7 miliar. Salah satu berlian terkenal yang diakuisisinya dari Harry Winston di jual senilai US$ 26,7 juta di lelang Christie di Geneve pada Mei lalu.

7. Lev Leviev

Kekayaan bersih: US$ 1,4 miliar
Pria berusia 57 tahun ini aktif terlibat dalam bisnis pertambangan dan perdagangan berlian di Rusia dan negara-negara Afrika. Leviev sendiri dikenal sebagai rajanya berlian.
Aset Leviev di Angola termasuk saham di tambang berlian Catoka merupakan salah satu yang terbesar di dunia.
Selain memiliki berbagai toko perhiasan terkena di sejumlah kota di dunia, Leviev merupakan pimpinan perusahaan investasi Africa Israel Investment (AFI) Group. AFI mencakup industri real estate, konstruksi dan pariwisata.
Mantan istri konglomerat Donald Trump, Ivana Trump mengenakan berlian 450 karat dari koleksi perhiasan Leviev pada pernikahannya di 2008.

8. Jorg Bucherer

Kekayaan bersih: US$ 1,1 miliar
Jorg Bucherer is the chairman of Swiss family run jewelry business Bucherer Group. Perusahaan ini awalnya didirikan ayah Bucherer pada 1888.
Pimpinan perusahaan perhiasan Swiss Bucherer Group, Jorg Bucherer hingga saat ini memiliki 1.500 pekerja dan 26 toko perhiasan di Eropa. Perhiasan yang dijualnya terdiri dari 50 ribu item.
Burcherer meluncurkan koleksi berlian Lacrima pada 2007. Satu set 25 berlian tersebut termasuk cincin, kalung dan anting. Serialnya pun bervariasi, yaitu basic, premium dan deluxe.

9. Fred Mouawad

Kekayaan bersih: US$ 1,1 miliar
Mouawad merupakan generasi keempat keluarga Lebanese yang terlibat dalam bisnis perhiasan sejak 1890-an. Dia memimpin divisi perusahaan tersebut dan juga mendirikan perusahaan Syneria One. Perusahaan tersebut mencakup industri ritel perhiasan dan outlet makanan.
Dari seluruh bisnisnya, pria berusia 44 tahun ini meraup harta senilai US$ 1,1 miliar.

10. Robert Fayez Mouawad

Kekayaan bersih: US$ 1 miliar
Pemilik berlian terkaya di dunia lainnya adalah Robert Mouawad yang diketahui membeli berlian 101,84 karat di lelang Sotheby senilai US$ 12,76 juta pada 1990.
Berlian yang dimilikinya sempat memecahkan rekor dunia sebagai potongan berlian termahal saat itu. Keluarganya memiliki perusahaan perhiasan yang berbasis di Swiss. Dia sendiri terlibat dalam bisnis tersebut sejak 1890-an.
Pembelian berlian lainnya yang tak kalah terkenal adalah berlian Queen of Holland 135,92 karat yang dibeli Mouawad pada 1978. Dia juga membeli berlian pada 1979 senilai US$ 5 juta dari pengusaha berlian Henry Lambert.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar