Google+ Followers

Minggu, 23 Desember 2012

Keluarga turun temurun Kucing

Sabretooth
http://igs.indiana.edu/images/fossilsandtime/sabertooth.jpg 
Sabretooth - atau sabertooth - adalah salah satu hewan purba yg paling populer. Mereka mudah dikenali karena penampilannya yg mirip macan, namun memiliki sepasang taring panjang di rahang atasnya. Karena sepasang taringnya itu pula, mereka diberi nama "sabretooth" yang artinya "gigi pedang". Sabretooth sendiri sebenarnya adalah sebutan orang barat terhadap beberapa jenis kucing besar bergigi pedang yg di antaranya adalah Smilodon, Homotherium, Dinictis, & Machairodus. Di antara jenis-jenis Sabretooth itu, yg paling terkenal adalah genus Smilodon.

Singa

Singa dalam nama ilmiahnya Panthera leo adalah seekor hewan dari keluarga felidae atau jenis kucing. Singa merupakan hewan yang hidup dalam kelompok. Biasanya terdiri dari seekor jantan dan banyak betina. Kelompok ini lantas menjaga daerah kekuasaannya. Berat Singa jantan 150 kg-250kg. kalau singa betina berat nya 120-185 kg Umurnya antara 10 sampai 15 tahun di hutan. Tetapi jika dipelihara bisa sampai 20 tahun lebih.
Singa betina jauh lebih aktif dalam berburu, sedangkan Singa jantan lebih santai dan selalu bersikap menunggu dan meminta jatah dari hasil buruan para betinanya.
Singa jantan dipercaya lebih unggul dan perkasa dibandingkan dengan kucing-kucing besar lainnya,tetapi kelemahan singa ialah tidak bisa memanjat pohon sebagus kucing-kucing besar lainnya.

Harimau
http://www.hdwallpapers.in/walls/widescreen_tiger-wide.jpg
Harimau atau macan tergolong dalam kerajaan hewan dalam filum kordata (mempunyai saraf tulang belakang), sub-filum vertebrata (bertulang belakang), kelas mamalia (berdarah panas, berbulu dengan kelenjar susu), pemakan daging (karnivora), keluarga felidae (kucing), genus panthera, spesies tigris (harimau).
Harimau adalah jenis kucing terbesar dari spesiesnya, lebih besar dari sang raja hutan singa. Harimau juga adalah kucing tercepat kedua dalam hal berlari, setelah cheetah. Dalam keseluruhan karnivora, harimau adalah kucing karnivora terbesar dan karnivora terbesar ketiga keseluruhan, hanya setelah beruang kutub dan beruang coklat.

Macan tutul
http://alamendah.files.wordpress.com/2010/01/gambar-macan-tutul.jpg
Macan tutul atau dalam nama ilmiahnya Panthera pardus adalah salah satu dari empat kucing besar. Hewan ini dikenal juga dengan sebutan harimau dahan karena kemampuannya memanjat. Pada mulanya, orang berpikiran bahwa macan tutul adalah hibrida dari singa dan harimau, sehingga muncul nama "leopard" di kalangan peneliti Eropa awal. Macan tutul jawa (P. p. melas) adalah fauna identitas Jawa Barat dan termasuk hewan yang terancam punah di Indonesia.
Macan tutul berukuran besar, dengan panjang tubuh antara satu sampai dua meter. Spesies ini pada umumnya memiliki bulu berwarna kuning kecoklatan dengan bintik-bintik berwarna hitam. Bintik hitam dikepalanya berukuran lebih kecil. Macan tutul betina serupa, dan berukuran lebih kecil dari jantan.

Ceetah
http://www.wallpapersbuzz.com/image/496/b_standing-adult-cheetah.jpg
Cheetah atau citah (dari Sanskerta: Chitraka berarti "berbintik") (Acinonyx jubatus) adalah anggota keluarga kucing (Felidae) yang berburu mangsa dengan menggunakan kecepatan dan bukan taktik mengendap-endap atau bergerombol. Hewan ini adalah hewan yang tercepat di antara hewan darat dan dapat mencapai kecepatan 110 km/jam dalam waktu singkat sampai 460 m, dengan akselerasi 0 - 100 km/jam dalam waktu 3,5 detik, lebih cepat dari beberapa supercar. Konon, selama bertahun-tahun Cheetah hanya dikenal sebagai cerita hantu. Menurut cerita, binatang pemangsa besar dengan garis-garis mirip macan ditubuhnya ini sering membawa kabur orang-orang yang berada di perbatasan Mozambique. Penduduk sering memberi julukan "magwa". Cerita atau isu adanya Cheetah terbukti kebenarannya ketika Paul dan Lena Bottriel berhasil memotretnya pada tahun 1975.

Macan Kumbang

kumbang(Hitam) merupakan Family kucing besar dari subspesies Panthera Pardus Melas(macan tutul). Spesies ini pada umumnya memiliki bulu seperti sayap kumbang yang hitam mengkilap. Banyak orang menganggap warna hewan ini hitam polos,tapi sebenarnya dibalik warna hitamnya,terdapat bintik-bintik seperti bunga yang terlihat bila terkena cahaya terang. Warna bintik hitam disekujur tubuhnya,menurut banyak bangsa merupakan warna kematian,seram dan misterius. Karna itulah macan tutul mendapat julukan el maut. Bulu hitam macan kumbang merupakan hasil evolusi dalam beradaptasi di habitat pegunungan/hutan yang lebat dan gelap. Warna hitam ini terjadi akibat suatu alel resesif yang hewan ini. Sebenarnya macan kumbang dengan macan tutul sama saja,tapi yang membuatnya berbeda adalah lingkungan hidupnya. Penelitian di kebun binatang AS pernah mengawinkan macan kumbang dengan macan tutul,dan anaknya menjadi macan tutul semua. Macan kumbang betina lebih besar dari sang jantan,daya jelajahnya mencapai 40 kilometer(karna itulah macan kumbang dipakai logo sebuah mobil),ia juga pemanjat ulung. Hewan ini merupakan hewan yang isoliter,kecuali pada musim kawin. Ia lebih aktif dimalam hari dalam berburu mangsa,mangsanya meliputi hewan yang ada didalam hutan. Kebiasaannya meletakkan mangsa diatas pohon berguna agar predator lain tidak dapat memakan mangsanya.

Lynx
http://www.biology-blog.com/images/blogs/10-2007/iberian-lynx-15831.jpg
Lynx adalah salah seekor dari 17 jenis kucing liar yang berukuran sedang. Semuanya adalah anggota dari genus Lynx, namun ada banyak kekacauan tentang cara terbaik untuk menggolong-golongkan spesies felis pada masa kini. Sebagian ahli menggolongkan mereka sebagai bagian dari genus Felis.

Kucing 
http://supriyadikaranganyar.files.wordpress.com/2012/07/gambar-3-kucing-dewasa-sumber-www-cat-fans-com.jpg
Kucing, Felis silvestris catus, adalah sejenis karnivora. Kata "kucing" biasanya merujuk kepada "kucing" yang telah dijinakkan, tetapi bisa juga merujuk kepada "kucing besar" seperti singa, harimau, dan macan.
Kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 6.000 tahun SM, dari kerangka kucing di Pulau Siprus. Orang Mesir Kuno dari 3.500 SM telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari lumbung yang menyimpan hasil panen.
Saat ini, kucing adalah salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia. Kucing yang garis keturunannya tercatat secara resmi sebagai kucing trah atau galur murni (pure breed), seperti persia, siam, manx, sphinx. Kucing seperti ini biasanya dibiakkan di tempat pemeliharaan hewan resmi. Jumlah kucing ras hanyalah 1% dari seluruh kucing di dunia, sisanya adalah kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar atau kucing kampung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar