Google+ Followers

Selasa, 11 Desember 2012

5 tokoh Anime Yang Mempunyai Mata Merah

Mata merupakan bagian terpenting dalam sebuah karakter manga. Bentuk mata pada aliran manga yang khas, membuatnya seakan menjadi poin penting apakah suatu karakter menjadi beraliran manga atau tidak. Mungkin karena itulah banyak mangaka yang bereksplorasi pada bagian mata, entah warna, bentuk, atau memiliki kemampuan apa.

Nah, diantara sekian banyak warna mata, ada sebuah warna mata yang sangat familiar dikalangan para mangaka, yakni mata merah. Mata berwarna merah ini seringkali dijadikan spesial dibandingkan warna mata yang lain - meskipun warna mata kuning atau hijau juga sudah cukup aneh.

Umumnya, mata merah dalam manga atau anime seringkali dikaitkan dengan kemampuan yang dahsyat yang dimiliki mata tersebut. Selain itu, mata merah juga digambarkan memiliki masa lalu yang dalam, asal usul atau sangat menentukan jalan hidup si karakter. Dari sekian banyak karakter bermata merah, berikut adalah 5 karakter dengan 5 mata merah beserta kemampuannya yang berhasil FUN himpun, enjoy it!

5. Mata Kiri Merah - Saitou Yakumo

Mahasiswa pendiam ini dianugerahi bola mata ber-iris merah pada mata kirinya. Melalui mata kiri merah tersebut, Saitou Yakumo menjadi berkemampuan untuk melihat arwah atau hantu yang bergentayangan. Berbeda dengan kebanyakan orang yang takut akan hal-hal gaib, Yakumo sama sekali tidak takut. Arwah atau hantu tersebut menjadi bergentayangan karena memiliki alasan atau urusan yang belum selesai di dunia. Dan menjadi tugas Yakumo lah untuk menyelesaikannya, sehingga arwah tersebut dapat dengan tenang meninggalkan dunia dan tenang di alamnya. Menjadikan Saitou Yakumo dan mata merahnya sebagai seorang Shinrei Tantei atau Psychic Detective Yakumo.

4. Mata Iblis - Kyo

Si Mata Iblis, begitulah julukan yang disandang oleh Kyo, seorang samurai yang konon telah membantai 1000 nyawa. Julukan tersebut bukan hanya karena sepak terjangnya yang ekstrim, melainkan juga karena bola mata-nya yang berwarna merah sehingga dikaitkan dengan mata iblis.
Mata merah pada Kyo sebenarnya merupakan tanda bahwa ia adalah keturunan terakhir klan Mibu. Klan Mibu sendiri merupakan suatu klan yang seolah memiliki kekuasaan dan kekuatan bagai dewa, yang mengatur Jepang dari balik layar.
Meski pada awal cerita, digambarkan bahwa hanya Kyo yang bermata merah, namun pada akhir cerita banyak karakter  dalam manga Samurai Deeper Kyo yang terungkap memiliki mata berwarna merah sama seperti Kyo.

3. Geass - Lelouch Lamperouge

Sama seperti Yakumo, Lelouch Lamperouge juga memiliki mata kiri yang dapat berubah warna menjadi merah dengan gambar seperti sayap burung di dalamnya. Mata merah itu disebut Geass yang memegang peranan penting dalam serial terkenal, Code Geass.
Geass sendiri merupakan kemampuan misterius yang didapat seorang manusia setelah mengikat kontrak dengan seorang penyihir. Kemampuan unik dari Geass yang dimiliki tiap orang dapat bermacam-macam, seperti menghipnotis orang lain agar mengikuti keinginan, memanipulasi ingatan, bahkan untuk menghentikan waktu. Jika sering digunakan, kemampuan Geass akan melebihi batas dan dapat menyebar hingga ke kedua mata. Pada tahap ini, kemampuan Geass sudah tidak dapat dikontrol sesuai keinginan dan dapat keluar kapan saja, sehingga berpotensi dapat menimbulkan kekacauan.
Geass milik Lelouch sendiri merupakan Geass Power of the King, yakni kemampuan memberikan perintah mutlak. Dimana orang yang bertatapan dengan mata Geass Lelouch akan mentaati perintah atau kata-kata Lelouch.

2. Bola Mata Merah Kuruta - Kurapika

Kurapika merupakan karakter dalam Hunter X Hunter yang jika emosi maka matanya akan berubah menjadi merah. Mata merah tersebut berasal dari darah suku Kuruta yang mengalir dalam dirinya.
Suku dengan jumlah penduduk yang sangat sedikit ini memang memiliki bola mata berwarna merah yang hanya muncul ketika mereka emosional, baik marah atau sedih. Karena bola mata unik itulah, suku Kuruta diburu secara sadis oleh para kolektor untuk diambil bola matanya. Dan Genei Ryodan berada di puncak aksi tak berperikemanusiaan tersebut, dengan membantai suku Kuruta sampai habis dan hanya menyisakan Kurapika seorang.
Itulah alasan kenapa Kurapika begitu membenci Genei Ryodan. Bahkan hanya mendengar namanya saja disebut, mata Kurapika akan langsung berubah warna, menunjukkan betapa benci dan marahnya Kurapika pada grup penjahat tersebut. Bagi Kurapika, bola matanya yang berubah merah juga seolah menjadi tanda bahwa ia sedang sungguh-sungguh mengerahkan kekuatannya. Karena kemampuan nen-nya yang sangat berkaitan erat dengan dendamnya pada Genei Ryodan.

1. Sharingan - Uchiha Sasuke

Dan inilah mata merah yang paling terkenal di penjuru dunia, yap, apalagi jika bukan Sharingan dari serial Naruto.
Kemampuannya mengerikan yang dimilikinya, asal-usulnya yang kelam, serta karakter-karakter pemiliknya, membuat Sharingan menjadi salah satu penggambaran mata merah tersukses dalam manga atau anime.
Sejarahnya, bola mata berkemampuan dahsyat ini dimiliki oleh ninja-ninja dari klan Uchiha, sebuah klan ninja yang dahulu sangat berpengaruh di desa Konoha. Sebuah pembantaian sadis oleh salah seorang anggota klan terjadi, membuat klan ini nyaris punah dan hanya menyisakan beberapa orang saja, diantaranya adalah Sasuke Uchiha yang paling menonjol.
Selain Sasuke, sebenarnya masih banyak pemilik Sharingan yang lain, seperti Itachi Uchiha dan Madara Uchiha. Juga Hatake Kakashi yang meski bukan klan Uchiha namun mendapatkan mata Sharingan hasil transplantasi sahabatnya dari klan Uchiha yang meninggal.
Mata Sharingan ini memiliki tingkatan, seperti Sharingan biasa hingga Mangekyo Sharingan. Jurus yang dihasilkan dari Sharingan pun bisa bermacam-macam sesuai tingkatan tadi, dari hanya meng-copy jurus lawan, membuat genjutsu dari yang biasa hingga tingkat tinggi, sampai membakar tubuh lawan dengan api hitam Amaterasu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar