Google+ Followers

Minggu, 11 Mei 2014

Dorothy Hodgkin: Peraih Nobel dan Tokoh Perdamaian di Logo Google

https://www.google.com/logos/doodles/2014/dorothy-hodgkins-104th-birthday-born-1910-5134139112030208.3-hp.jpg

Dorothy Hodgkin, sosok yang diperingati hari kelahirannya oleh Google doodle hari ini tanggal 12 Mei 2014 adalah seorang ilmuwan terkenal asal Inggris. Lahir pada 12 Mei 1910 atau 114 tahun lalu, perempuan bernama lengkap Dorothy Mary Hodgkin ini telah memberikan sumbangsih besar kepada dunia berkat hasil penelitian di bidang kristalografi.

Jatuh cinta kepada kimia sejak kecil, perempuan bernama kecil Dorothy Mary Crowfoot ini beruntung memiliki seorang ibu yang luar biasa. Sang ibu, Grace Mary Crowfoot sangat mendukung minat putrinya. Curahan kasih sayang ibunda membantu Dorothy lolos untuk belajar kimia di Sommerville College, Oxford, pada usia 18 tahun.

Di bawah mentor Profesor John Desmond Bernal, Dorothy Hodgkin terus berkembang. Dari sang profesorlah, perempuan tangguh ini semakin menyadari potensi kristalografi sinar X untuk menentukan struktur protein. Penemuan-penemuan pun didapatkan Dorothy.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/3/3f/Dorothy_Hodgkin_Nobel.jpg
Pada 1945, ia mempublikasikan studinya tentang cholesteryl iodide. Ini disusul dengan pemeachan struktur penicilin pada tahun 1949. Dan, selang lima tahun, bersama rekan satu tim, Dorothy memaparkan analisisnya tetang Vitamin B12.

Perjalanan hidup Hodgkin tidak mudah. Pada umur 24 tahun, ia divonis menderita radang sendi yang memburuk dari hari ke hari. Namun, Dorothy tidak patah semangat. Ia terus mendapatkan penghargaan besar. Di samping Nobel di bidang kimia pada 1964, ia juga memperoleh Penghargaan Perdamaian Lenin.
Ia juga menjadi wanita kedua yang berhak mendapatkan tanda kehormatan Order of Merit. Gelar ini khusus diberikan kepada para pekerja di bidang kemiliteran, ilmu pengetahuan, seni, literatur, dan budaya.


Sumber : Sidomi

1 komentar: