Google+ Followers

Jumat, 09 Mei 2014

6 Ustadz Seleb yang Tersandung Kasus

Beberapa nama ustaz masuk dalam kategori 'ustaz seleb', baik dalam pengertian ketenarannya yang bak selebritis maupun kehidupan mereka yang mirip-mirip gaya selebritis.
'Ustaz Seleb' salah satu cirinya biasa menjadi langganan media infotainment yang mengupas kehidupan pribadinya. Tidak beda jauh seperti para artis, mereka menampilkan keglamouran dan berlimpah materi, bahkan 'sedikit' kesan hura-hura.
Bedanya, mereka tetap memberikan nilai tambah kehidupan religius yang syarat ilmu dan pendidikan agama. Mereka hidup dalam ruang glamour, tapi tetap menunjukkan peran sebagai seorang guru (baca ustaz). Berdakwah memang tidak mengenal ruang dan waktu, termasuk kehidupan di lapisan para selebritis.
Sayang, tidak semua perjuangan berjalan tanpa ujian. Bahkan ujian 'ustaz seleb' bisa dibilang lebih berat. Mereka hidup tenar, penuh publisitas, yang kapan saja bisa berbalik mengupas sisi buruk kehidupannya.
Memang akan terasa nyaman-nyaman saja ketika sang ustaz tidak punya persoalan atau track record hitam yang bisa jadi sandungan. Namun jika sebaliknya, maka akan dipastikan menjadi bulan-bulanan dan sasaran hujatan saat semuanya terbongkar.
Berikut para 'ustaz seleb' yang pernah menjadi sorotan media dan sasaran hujatan saat tersandung kasus :

1. Zainuddin MZ Kasus Pelecehan Aida Saskia
http://static.inilah.com/data/berita/foto/1668962.jpg
Dai sejuta umat (Alm) Zainuddin MZ pernah menjadi bulan-bulanan media dan hujatan masyarakat, saat muncul laporan kasus pelecehan seksual oleh perempuan bernama Aida Saskia pada 2010.
Kasus itu sebenarnya kasus lama, namun baru mendapat perhatian serius 9 tahun kemudian. Korban melapor secara pidana dan perdata. Unsur perdatanya,  Aida saat itu mengaku ditipu karena izinnya diajak jalan-jalan tetapi ternyata dipaksa berbuat mesum. Unsur pidanan, Aida saat itu usianya masih di bawah umur, yang memungkinkan pelaku diproses secara hukum.
Beberapa pertemuan mediasi digelar, salah satunya pertemuan di Tapos, Bogor Jawa Barat, Sabtu (16/10/2010), dengan dihadiri oleh Habib Mahdi dan Sholeh Mahmud (Ustaz Solmed). Sementara Aida Saskia saat itu didampingi pengacaranya Alamsyah Hanafiah, dan ayahnya, Cecep Hidayat.
Kendati terekspos secara luas, kasus ini pun akhirnya diselesaikan di luar jalur hukum. Bahkan Aida Saskia kini semakin terkenal dan meneruskan karirnya sebagai penyanyi dan bintang akting.

2. Rhoma Irama Nikahi Siri Angel Lelga
http://assets.kompas.com/data/photo/2013/01/20/1706387-rhoma-irama-ingin-jadi-presiden-780x390.jpg
Semula hanya terdengar kasak-kusuk dari media infotainment adanya pernikahan antara Rhoma Irama dan artis sinetron Angel Lelga. Memang keduanya saat itu bermain bersama dalam sinetron Ibnu Sabil yang tayang di TPI (MNC TV).
Wartawan pun sedikit mendapat kepastian saat memergoki Bang Haji sedang berkunjung di Apartemen Semanggi, tempat Angel tinggal.
Semakin jelas pada 2 Agustus 2005, saat Rhoma Irama mengumumkan langsung dari rumah sakit, tempatnya dirawat. Dari atas kursi rodanya, Rhoma mengakui telah menikahi secara siri Agel Lelga, pada 6 Maret 2003. Tapi bersamaan diumumkan hari itu juga langsung jatuh talak yang menceraikannya.
Langkah Rhoma itu kontan mengundang kontroversi dan kecaman masyarakat. Seiring waktu Rhoma pun tetap eksis di dunianya, bahkan kini serius menerjuni dunia politik, begitupun dengan Angel Lelga.

3. Aa Gym Poligami
http://indonesiarayanews.com/foto_berita/Aa%20Gym_new.jpg
KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym menjadi sasaran olokan dan hujatan saat memutuskan berpoligami, menikahi janda Elfarini Eridaniatau (Teh Rini). Sebagai ustad nomor wahid dengan sekian jaringan bisnisnya, Aa dianggap salah jalan karena melepas istri pertama, Ninih Muthma'innah atau Teh Ninih.
Apalagi saat itu muncul perlawanan dari Teh Ninih yang akhirnya memilih berpisah dari Aa Gym. Majelis Hakim Pengadilan Agama Bandung pada Selasa (21/06/2011) mengabulkan gugatan Teh Ninih untuk bercerai.
Namun belakangan mereka rujuk. Aa Gym menikahi kembali Teh Ninih secara agama di Masjid Al-Qomariah, Perumahan Sariwangi, Bandung, pada 13 Maret 2012.
Proses nikah dan rujuk Aa Gym dan Teh Ninih menjadi pemberitaan dengan pro dan kontra. Kendati tidak banyak tampil di televisi, Aa tetap konsisten berdakwah. Kini mereka kembali rukun dalam kehidupan pesantren.

4. Ustadz Solmed Tarif Selangit dan Nyanyian Mantan Istri
http://sin.stb.s-msn.com/i/F8/63398F9B5B81A943EED96AAA843BFB.jpg
Saat itu tidak banyak yang tahu kalau Ustaz Solmed ternyata sudah pernah menikah dan bercerai pada 2006 dengan perempuan bernama, Dewi Yuliani. Entah apa yang mendasari sang mantan istri ini, membuka cerita lama saat menjelang pernikahan Solmed dengan April Jasmine.
Tidak hanya itu, Dewi juga menyanyi tentang rahasia pribadinya dengan sang ustaz, termasuk pengakuan berhubungan badan setelah mereka resmi bercerai.
Penilaian miring dalam berbagai bentuk hujatan muncul mengarah pada  Solmed. Dia dianggap tidak banyak berbeda dengan para anak muda kebanyakan. Kendati demikian pernikahan mereka tetap berlangsung dan langgeng hingga kini.
Bahtera hujatan kembali datang pada Solmed, ketika berseteru dengan sebuah majelis pengajian para TKI di Taiwan, Thariqul Jannah. Dia dinilai  secara sepihak meminta kenaikan tarif dan fasilitas saat berkunjung.
Solmed memasang honor sebesar Rp 10 juta, padahal awalnya, disepakati honornya sebesar Rp 6 juta. Solmed juga minta 10% dari penjualan tiket, dan 50% dari dana infak lewat surban keliling.

5. Ustadz Hariri Hajar Petugas Sound System
http://okejoss.com/wp-content/uploads/2014/02/Siapa-Sebenarnya-Ustadz-Hariri-Yang-Tiba-tiba-Heboh.jpg
KH. Rd. M. Hariri Abdul Aziz Azmatkhan S.Psi., MA atau Ustaz Hariri meginjak kepala seorang operator sound system saat hendak mengisi pengajian di Kabupaten Bandung, Jawa Barat dengan lututnya.
Hariri marah-marah di atas panggung karena keinginannya tidak dipenuhi oleh petugas sound system. Petugas sound system justru marah-marah dengan alasan tidak jelas. Saat itu, sang ustaz jebolan Akademi Dai TPI (ADI) itu minta sound system diperbaiki sebelum dirinya berpidato.
Hariri yang kerap muncul dalam berbagai acara dakwah dan sinetron itu banjir hujatan. Dia dianggap tidak layak menjadi ustad dengan sikap temperamennya di depan para jamaah, termasuk anak-anak.

6. Penipuan dan Pelecehan Seksual Guntur Bumi
http://hepinews.com/wp-content/uploads/2014/03/UGB1.jpg
Ustaz Guntur Bumi akhirnya digelandang polisi dari rumahnya di Jalan Kesehatan, Pesanggrahan, Bintaro. Penyidik selanjutnya menahan setelah memeriksa tersangka selama 14 jam.
Pemilik nama Muhammad Susilo Wibowo itu dilaporkan oleh para pasien dan karyawannya dengan tuduhan tindak pidana penipuan dan pelecehan seksual. Ada 15 laporan yang masuk ke Polda Metro Jaya.
Guntur Bumi melakukan penipuan dengan modus praktek perdukunan. Dia mengobati pasien dengan menggunakan akal-akalan barang gaib, berupa kecoak, tali pocong, belatung dan lain-lain. Dia juga memberlakukan tarif tinggi dengan proses pemerasan.
Guntur menjadi sasaran hujatan karena selama ini statusnya sebagai ustaz ternyata menjadi alat untuk melakukan tindak kriminal, pemerasan dan pelecehan seksual. Kini proses hukum Guntur Bumi sedang berjalan.


Sumber : Kapanlagi

1 komentar: