Google+ Followers

Minggu, 18 Mei 2014

10 Selebriti Asia yang Lakukan Kesalahan dan Dihakimi Masyarakat

Industri entertainment di Asia mungkin terlihat glamor. Namun itu hanya di permukaan. Yang terangkum di balik aktivitas glamor para bintang tersebut ada kalanya tidak bisa dibayangkan. Terutama ketika para bintang secara terus menerus menjadi sorotan.
Ada kalanya bintang Asia, baik dari Korea, Jepang maupun Hong Kong melakukan hal yang di luar batas kewajaran. Tidak tanggung-tanggung saat para bintang tersebut melakukan kesalahan, penghakiman dari masyarakat secara deras mengalir.
Kesalahan selebriti tersebut menjadi bahan kontroversi. Karena status sebagai sosok yang dikenal publik, kasus para bintang tersebut dieksplorasi melebihi batas yang bakal dialami masyarakat normal. Sebut saja dalam kasus Minami, Kang Ho Dong atau juga Edison Chen.
Kali ini KapanLagi.com bakal melihat berbagai kasus kesalahan selebriti Asia yang menjadi sensasi. List berikut diambil dari xin.msn dan sumber lain, yang memperlihatkan bagaimana masyarakat bereaksi.

1. Minami 
http://www.jpopasia.com/i1/celebrities/1/28458-minamiminegishi-jdkf.jpg
Kasus Minami Minegishi AKB48 merupakan salah satu yang menyita banyak perhatian. Gadis tersebut difoto meninggalkan apartement satu member boyband. Hal itu melanggar peraturan idol grup untuk tidak memiliki pacar atau juga berkencan.
Pasca kejadian tersebut Minami mencukur habis rambutnya. Ia meminta maaf dengan berurai air mata atas kesalahannya. Video cewek tersebut diupload melalui channel resmi agensinya.
Minami juga lantas diturunkan sebagai trainee kembali. Padahal sebelumnya ia telah berhasil masuk menjadi bagian dari idol grup yang populer tersebut.
Reaksi Publik:
Publik meminta video yang telah diupload tersebut dihapus. Ketika diberitakan bahwa ia mencukur rambut atas kemauannya sendiri, fans mempertanyakan apa pentingnya mengupload video tersebut. Fans sendiri memberikan dukungan untuk Minami dan memilih berada di sisi gadis muda tersebut.

2. Kangin
http://royalwires11.files.wordpress.com/2013/05/kangin.png
Kasus yang sempat menyelimuti Kangin membawanya masuk militer. Ia terlibat dalam dua insident. Kangin dilaporkan berkelahi di bar dan hal ini berlanjut menjadi kasus kekerasan. Kangin juga terlibat kasus tabrak lari.
Dengan dua kasus tersebut, image Kangin terpengaruh cukup besar. Agensinya memilih mengirim Kangin untuk mengikuti wajib militer lebih cepat dari seharusnya.
Namun tampaknya ini adalah keputusan yang tepat. Mengirim Kangin membuatnya memiliki kesempatan untuk kembali dari militer, saat member lain baru masuk. Ini seperti proses untuk menjaga aktivitas Super Junior secara bergantian.

3. Jay Park
http://www.mtvk.com/wp-content/uploads/2012/05/jay-park.jpg
Jay Park mengalami kasus yang cukup mengagetkan akibat komentarnya di masa trainee. Jay disebut berkomentar tidak sopan tentang Korea di akun MySpace pribadinya. Yang membuat publik Korea marah besar adalah komentar bahwa ia benci orang Korea.
Jay menunjukkan rasa penyesalan dari komentar tersebut. Namun agensinya memutuskan kontrak dan Jay Park tidak lagi menjadi bagian dari 2PM. Jay Park pun sempat meminta maaf kepada member 2PM.
Kontroversi Jay Park menghadirkan dua sisi koin. Sebagai orang asing yang hidup di Korea, ia sempat diliputi masa-masa stres saat trainee. Hal itu tampaknya menjadi alasan membuat komentar kebencian di akun pribadinya tersebut.
Namu Jay Park yang akhirnya kembali beraktivitas setelah beberapa tahun sebagai artis solo di Korea membuktikan satu hal. Publik Korea bisa memaafkan seseorang meski awalnya Jay Park mengalami cercaan yang tidak sedikit saat komentar di masa traineenya tersebut mencuat.

4. Kang Ho Dong
http://www.asianjunkie.com/wp-content/uploads/2014/03/KangHoDong.jpg
Kang Ho Dong terlibat kasus penggelapan pajak di tahun 2011 dan didenda. Pasca kasus tersebut, Kang Ho Dong memilih pensiun dari dunia entertainment. Padahal saat itu karirnya sebagai pembawa acara tengah berada di puncak ketenaran.
Ia meminta maaf secara resmi dan berkata ia memerlukan waktu untuk berkaca atas apa yang dilakukannya. Namun Kang Ho Dong ternyata masih disukai oleh publik Korea.
Karena kebutuhan MC yang bagus, publik menginginkan Kang Ho Dong kembali dari masa pensiunnya. Sebagai entertainer veteran, Kang Ho Dong yang memilih tidak terlibat dunia entertainment dirindukan banyak orang.

5. Edison Chen
http://0.viki.io/c/8277/4cc2a63ef968d6a9b0a0a741e5685f4f2c9e74c0.jpg?x=b&s=590x330&q=h&e=t&f=t&cb=1
Foto-foto pribadi Edison Chen dengan sejumlah selebriti di tahun 2008 menjadi pukulan telak bagi dunia entertainment Hong Kong. Ia terlibat kasus dengan sejumlah wanita seperti Gillian Chung, Bobo Chan, Rachel Ngan, dan Cecilia Cheung.
Chen mengakui bahwa foto-foto tersebut adalah miliknya dan disebarkan secara ilegal. Ia meminta maaf secara publik terutama kepada para artis yang juga terjerat kasusnya. Karena kasus tersebut Chen memutuskan meninggalkan industri entertainment Hong Kong.
Kasus ini melibatkan pelanggaran privasi. Sebanyak 10 orang ditangkap oleh interpol. Satu orang tehnisi komputer yang terlibat penyebaran foto-foto Edison Chen tersebut ditahan selama 8 1/2 bulan.

6. IU - Eunhyuk
http://1.bp.blogspot.com/-Fe8QUOrcp94/UJ8F2kfty2I/AAAAAAAAHOQ/4bNgVd6S6KE/s1600/iu-eunhyuk.jpg
Sebelum kasus ini mencuat, IU adalah salah satu penyanyi muda yang dicintai publik Korea. Namun begitu fotonya bersama Eunhyuk Super Junior tidak sengaja terupload melalui twitter, karir IU menurun secara drastis.
IU yang tidak sengaja mengupload foto tersebut dengan cepat segera menghapus foto yang ada. Namun fans membuat foto tersebut tersebar dan menjadi kontroversi besar.
Publik Korea menghakimi keduanya dan menduga mereka terlibat hubungan pacaran. Agensi IU memberi pernyataan bahwa mereka berdua hanya berteman. Sementara SM Entertainment memilih diam atas apa yang terjadi.
Hubungan IU dan Eunhyuk hingga saat ini masih menjadi teka-teki. Meski demikian karena saat itu Super Junior dan IU tengah berada dalam masa kejayaan, fans yang besar membuat hubungan pacaran yang dibawa ke publik bukan suatu yang seolah bisa dimaafkan.

7. Block B
http://2.bp.blogspot.com/-2aAgp8ZClH8/UZhhDih5JrI/AAAAAAAAFFs/VKW4TPmlzQI/s1600/ONEEEEE.jpg
Block B menjadi bahasan panas setelah berkomentar tidak sopan pasca tragedi banjir di Thailand 2012. Dalam satu interview, Block B ditanya tentang bencana yang terjadi dan sikap mereka dianggap tidak sopan.
"Aku tahu bahwa orang-orang mengalami masa yang berat pasca banjir. Dengan bantuan keuangan, kami harap mereka lebih baik. Yang kami miliki hanya uang," ucap Zico yang tertawa sesudah ia berkata hanya punya kurang dari USD 10.
Interview tersebut diterjemahkan ke Korea. Fans mengungkap kekecewaan atas sikap tidak sensitif yang ditunjukkan Block B. Nichkhun 2PM yang berasal dari Thailand pun sempat mengkritik Block B melalui twitter.
Block B lantas meminta maaf dan Zico memotong habis rambutnya sebagagi bentuk penyesalan. Yang menjadi sorotan, meski hanya berupa komentar, kasus Block B menjadi kontroversi besar yang dibahas terus menerus di Korea. Block B dianggap perlu belajar dari kesalahan dan bisa melihat situasi dengan lebih baik.

8. Rain
http://artiskoreahluu.files.wordpress.com/2008/04/photo69411.jpg
Kasus Rain di militer menjadi kontroversi panjang. Ia diduga memanfaatkan statusnya sebagai selebriti dan pergi berlibur terlalu sering. Isu tersebut semakin kuat merebak karena Rain diketahui berpacaran dengan Kim Tae Hee.
Rain sempat diinvestigasi terkait kasus tersebut. Publik juga tidak setuju dengan sikapnya karena dianggap menyalahgunakan statusnya.
Skandal Rain melibatkan pihak yang lebih besar. Selain adanya selebriti lain yang terlibat, kasus ini membuat kesatuan militer menjadi sorotan. Kasus Rain seolah bukti bahwa status selebriti seolah pedang bermata dua.

9. Daesung
http://www.mtvk.com/wp-content/uploads/2011/06/daesung-658.jpg
Daesung Big Bang sempat terkena kasus kecelakaan lalu lintas. Ia menabrak seorang pengendara motor bernama Hyun, di Jembatan Yanghwa, Seoul. Hyun lantas menabrak satu taksi dan meninggal di tempat.
Daesung sendiri akhirnya dibebaskan dari dakwaan dan dinyatakan tidak bersalah. Namun efek dari kasus tersebut adalah, Daesung harus vakum dari semua aktivitas keartisan selama investigasi.
Daesung dibuktikan tidak mengendarai mobil dalam keadaan mabuk. Namun ia berkendara di atas batas kecepatan.
Kontroversi bukan hal yang wajar di K-Pop. Ini adalah salah satu kasus serius yang sempat dialami industri entertainment Korea. Meski dinyatakan tidak bersalah, Daesung yang terlibat kasus ini menderita cukup lama secara mental.

10. Oh Yeon Seo
http://www.gokpop.com/i1/artists/hero/2/1434-ohyeonseo-v4b3.jpg
Aktris Oh Yeon Seo ternyata tengah menjalih hubungan pacaran dengan aktor Lee Jang Woo saat terlibat variety show We Got Married bersama Lee Joon MBLAQ. Penonton pun mengkomplain bahwa kehadiran keduanya tidak realistis dan begitu terlihat dibuat-buat.
Pasca kejadian tersebut, WGM mengumumkan bahwa keduanya bakal meninggalkan show akibat adanya konflik jadwal. Oh Yeon Seo mendapat kritikan pedas karena sikapnya. Terutama karena WGM membuat ilusi seolah dua orang yang terlibat di dalamnya menikah secara virtual.
Show WGM sendiri begitu populer selama bertahun-tahun. Namun tontonan virtual tersebut seolah tidak bisa dipisahkan dari dunia nyata. Oh Yeon Seo merupakan salah satu sosok yang tidak bisa bertahan karena mengejar cintanya di dunia nyata saat terlibat show tersebut.


Sumber : Kapanlagi

1 komentar: