Google+ Followers

Sabtu, 16 Juni 2012

15 penduduk asli Amerika Paling Terkenal

Sebelum kedatangan penjajah, penduduk asli Amerika telah dijamin atas hamparan luas di Amerika. Awalnya penduduk asli Amerika diperlakukan dengan hormat hampir sepintas sebagai pendatang baru dan peziarah takut, khawatir, namun ramah dan penuh harapan. Para pendatang baru berteman baikdan membuat apa yang mereka pikir merupakan hubungan dekat dengan saudara-saudara baru mereka. Namun, sayangnya, itu tdak bertahan dan menjadi penyakit ditambah dengan pemukim yang rakus untuk mengklaim tanah sebagai milikmereka semua , menghancurkan penduduk pribumi untuk diadakan . Namun, sebagian besar kesalahan-kesalahan ini sejak itu diakui, dan perbaikan telah dibuat. Untungnya sejarah tidak melupakan wajah-wajah penting dan kontribusi orang Amerika asli. Untuk menghormati Amerika Serikat 'Thanksgiving, berikut adalah 15 pahlawan, seperti:


15. Red Cloud 1822-1909
Chiefredcloud
Mungkin salah satu prajurit yang paling mampu dari Lakota Oglala (Sioux) suku yang pernah dihadapi oleh militer AS, Makhpiya Luta,namanya Sioux , memimpin rakyatnya dalam apa yang dikenal sebagai Perang Red Cloud. Pertempuran ini adalah untuk hak daerah yang dikenal sebagai Sungai Negara Powder di Northern Wyoming dan Montana Selatan. Akhirnya ia memimpin umat-Nya selama mereka di reservasi.


14. Cochise 1815-1874
Cochise2
Meskipun sebenarnya diucapkan K-You Ch-Ish, adalah pemimpin Apache yang kedua setelah Geronimo  datang pada sejarah suku itu. Sering digambarkan memiliki sudut pandang klasik India; otot, besar pada waktu itu, dan dikenal untuk memakai jas  panjang, rambut hitam di kuncir kuda tradisional, Cochise dibantu dalam pemberontakan untuk melawan intrusi oleh Meksiko dan Amerika di abad 19.


13. Tall Chief Maria
Tallchief Maria
Lahir sebagai Elizabeth Marie Tall Chief  dari ayah Bangsa Osage, dia akhirnya menjadi tahu balerina. Pada tahun 1947 Maria mulai menari dengan New York City Ballet hingga pensiun pada tahun 1965. Segera setelah ia mendirikan Chicago City Ballet dan menjadi direktur artistik selama bertahun-tahun. Sejak 1997 ia telah menjadi penasihat di sekolah-sekolah tari Chicago dan terus menjadi penari masa depan dengan selalu mengedepankan keahliannya dan akan ditampilkan dalam PBS khusus tahun 2007-2010.


12. Squanto 1581-1622
Squanto
Membantu Peziarah pertama selama musim dingin.Tasquantum si Patuxet (Squanto) berteman dengan kelompok untuk melihat mereka apakah aman sampai musim semi. Pada 1608, sayangnya, Squanto dan beberapa orang lainnya diculik oleh Georgie Weymouth dan dibawa di atas kapal ke Inggris. Meskipun akhirnya mencari nafkah dan belajar bahasa Inggris, Squanto kembali ke rumah pada tahun 1613 di atas kapal John Smith hanya untuk menemukan sukunya benar-benar hancur karena wabah.


11. Crazy Horse 1840-1877
Crazy Horse 1877
Dengan nama di sukunya, Lakota: Thasuka Witko, yang secara harfiah berarti “His-Horse-is-Crazy”, Dia asli Amerika sebenarnya terlahir dengan nama: Cha-O-Ha berarti  Lakotan, “In the Wilderness”, dan dia sering disebut si kriting karena rambutnya. Dalam Perang Great Sioux tahun 1876, Crazy Horse memimpin sekelompok gabungan dari hampir 1.500 Lakota dan Cheyenne dalam serangan mendadak terhadap kekuatan Jenderal George Crook dari 1.000 pria Inggris dan 300 ekor gagak  dan prajurit Shoshone. Dalam pertempuran, meskipun tidak besar dalam hal kehidupan yang hilang, hampir dicegah Crook saat bergabung dengan Jenderal Custer, memastikan kekalahan berikutnya Custer di Pertempuran Bighorn Little. Crazy Horse melanjutkan untuk menentang Pemerintah AS dalam berbagai keputusan-keputusan mereka tentang bagaimana cara untuk mengurusi India.


10. Sacajawea 1788-1812
Sacajawea
Sacajawea adalah orang yang paling tahu untuk menemani Meriwether Lewis dan William Clark selama Korps mereka saat Penemuan Amerika Serikat Barat pada tahun 1806. Dia lahir di sebuah suku Shoshone sebagai Agaidika, atau "Salmon Eater" pada tahun 1788. Pada bulan Februari 1805, hanya setelah bertemu Lewis dan Clark, Lewis membantu kelahiran anaknya, Jean Baptiste Charbonneau. Wajahnya sekarang muncul di mata uang dolar.


9. Will Rogers 1879-1935
Rogers-Will
Lahir sebagai William Peen Adair Rogers, seorang Cherokee-Cowboy, "Will" menjadi terkenal sebagai aktor, seorang Vaudvillian, filantropis, komentator sosial, pelawak, dan calon presiden. Dikenal sebagai anak kesayangan Okalahoma, Rogers lahir dari Wilayah keluarga yang dihormati penduduk asli Amerika dan belajar naik kuda dan menggunakan laso / menjerat terbaik sehingga ia tercatat di Guinness Book of World Records karena melemparkan tiga tali sekaligus dalam satu lemparan di sekitar leher kuda, yang lain di sekitar pengendara, dan yang ketiga sekitar keempat kaki kuda. Dia akhirnya berkeliling dunia beberapa kali, membuat 71 film (50 diam dan 21 "bicara"), menulis lebih dari 4.000 kolom surat kabar sindikat nasional , dan menjadi tokoh terkenal di dunia. Dia meninggal dalam kecelakaan pesawat tahun 1935.


8. Pontiac 1720-1769
Pontiac
Dikenal di penjuru Ottawa sebagai Obwandiyag, Ketua Pontiac sangat terkenal karena pembelaannya dalam Danau Besar Daerah AS dari invasi Pasukan Inggris dan kependudukan. Pada tahun 1763, Pontiac dan 300 pengikutnya berusaha untuk mengambil Fort Detroit untuk kejutan. Akhirnya pemberontakan naik menjadi 900 Pribumi ditambah dan mereka akhirnya mengambil Fort pada Pertempuran The Battle of Bloody Run. Meskipun tokoh sejarah  terkemuka, banyak yang masih tidak yakin seberapa penting kebenarnya dan apakah dia adalah seorang pengikut belaka daripada seorang pemimpin. Ia semakin dikucilkan, pada tahun 1769 ia dibunuh oleh India Peoria di Illinois.


7. Geronimo 1829-1909
Geronimo
Geronimo (Chiricahua: "orang yang menguap"; sering dieja Goyathlay atau Goyahkla dalam bahasa Inggris) adalah seorang pemimpin terkemuka Amerika asli dari Apache Chiricahua yang membela kaumnya terhadap penjajahan dari AS pada tanah suku mereka selama lebih dari 25 tahun. Sementara Geronimo bilang dia bukan kepala suku, dia lebih condong sebagai pemimpin militer. Sebagai Apache Chiricahua, ini berarti dia juga seorang pemimpin spiritual. Dia secara konsisten mendesak penggerebekan dan perang terhadap kelompok AS dan Meksiko . Geronimo akhirnya pergi untuk menikahi 6 istri, sebagai tradisi Apache. Dia  menjadi pemberontak terakhir yang terbesar asli Amerika , dan akhirnya pindah ke  reservasi dan sering tampil di pameran dan sekolah.


6. Tecumseh 1768-1813
Tecumseh
Seorang pemimpin Shawnee yang namanya berarti, "Panther in the Sky", Tecumseh menjadi terkenal pada saat menolong rakyat yang berbeda suku dan mempertahankan terus tanah yang merasa dirugikan haknya. Pada tahun 1805, kelahiran kembali agama asli yang dipimpin oleh Tenskwatawa muncul. Tenskwatawa mendesak penduduk asli untuk menolak cara-cara dari bahasa Inggris, dan untuk menghentikan penyerahan tanah ke Amerika Serikat. Yang menentang Tenskwatawa adalah pemimpin Shawnee, Black Hoof yang bekerja untuk menjaga hubungan perdamaian dengan Amerika Serikat. Di tahun1808, ketegangan tercipta dan terpaksa Tenskwatawa dan Tecumseh untuk bergerak lebih jauh ke barat laut dan membangun desa Prophetstown dekat Battle Ground, Indiana. Dia meninggal dalam Perang tahun 1812.


5. Sitting Bull 1831-1890
Sitting Bull
Sitting Bull (Sioux: Tatanka Iyotake nama pertamanya Slon-he, atau, secara harfiah, slow), adalah seorang dukun dan orang suci Hunkpapa Lakota . Ia terkenal di kedua sejarah Amerika  dan Amerika asli sebagian besar untuk kemenangan besar nya pada Pertempuran dari Little Bighorn melawan Custer, dimana 'firasat' nya untuk mengalahkan mereka menjadi kenyataan. Bahkan saat ini, namanya identik dengan budaya asli Amerika, dan ia dianggap sebagai salah satu penduduk asli Amerika yang paling terkenal yang pernah ada.


4. Black Hawk 1767-1838
Chief Black Hawk3
Meskipun bukan seorang kepala suku tradisional, bahkan setelah mewarisi sebuah kemasan obat yang sangat penting, Black Hawk  lebih dikenal sebagai Pemimpin Perang. Dalam suku nya (Sauk), namanya Makataimeshekiakiak, berarti, "Jadilah elang hitam besar". Selama Perang tahun 1812 Black Hawk, nama singkatnya di Inggris, menjadi lawan yang sengit dan kuat. Pertempuran Pertama dipegang  oleh Inggris Black Hawk akhirnya menyebabkan sebuah perkumpulan dari Sauk dan Fox melawan pemukim di Illinois dan Wisconsin, akhirnya sekarat di Iowa. Legenda Nya tetap hidup dengan banyak yang mengaku secara langsung berhubungan denganya, seperti Jim Thorpe.


3. Sequoiah 1767-1843
Sequoyah
Meskipun lokasi yang tepat dari kelahiran Sequoiah dan kematiannya tidak diketahui karena tulisan-tulisan sejarah tidak akurat, ia dikenal melalui  terjemahan dan rekening lisan saat dia sudah dewasa dengan ibunya di Tuskegee, Tennessee. Sequoyah (S-si-quo-ya di Cherokee) yang dikenal sebagai George Guess adalah pandai perak yang menemukan Syllabry Cherokee, sehingga mendapatkan tempat dalam daftar penemu yang menulis sistem juga.


2. Pocahontas 1595-1617
-Pocahontas
Setelah mengambil kebebasan dalam penampilan keseluruhan nya, Disney menciptakan banyak gambar dari apa kita yakini yaitu Pocahontas mungkin tampak seperti ini. Ini jauh dari akurat. Meskipun sejarah film itu juga sama cacatnya, dari beberapa kebenaran. Pocahontas adalah seorang wanita Amerika asli  yang menikah dengan seorang Pria Inggris bernama John Rolfe dan menjadi selebriti di London pada tahun terakhir hidupnya. Dia adalah anak dari Wahunsunacock (juga dikenal sebagai Kepala Powhatan atau Kaisar), yang memimpin daerah terdiri dari hampir semua suku-suku tetangga di Virginia (kemudian disebut Tenakomakah ). Nama formalnya adalah Matoaka dan Amonute; 'Pocahontas' adalah nama panggilan masa kecil yang mengacu pada sifat gembira nya. Pada hari-hari terakhirnya ia pergi bersama Rebecca Rolfe, memilih untuk hidup di Inggris dengan meninggalkan warisan kependudukan Amerika asli.


1. Hiawatha
Hiawatha
Henry Wadworth Longfellow menulis cerita 'The Song of Hiawatha' yang didasarkan pada penduduk asli Amerika yang sebenarnya. Meskipun sangat sedikit yang diketahui dari peristiwa sejarah yang merupakan bagian Hiawatha, meskipun ia adalah seorang pembawa perdamaian dan pemandu spiritual, dari sekian banyak cerita yang diketahui dari apa yang dapat dibaca bisa ditemukan di sini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar