Selasa, 26 Juni 2012

Raja Raja Thailand


Ram Khamhaeng
Ramkhamhaeng the Great.jpg
Ram Khamhaeng (bahasa Thai: พ่อขุนรามคำแหงมหาราช; Pho Khun Ramkhamhaeng'; kelahiran: sekitar 1237-1247; kematian: 1298) adalah raja ketiga dinasti Phra Ruang, menguasai Kerajaan Sukhothai dari tahun 1279 hingga 1298, selama era paling sejahtera pada kerajaan itu. Ia berjasa dalam pembuatan aksara Thailand dan menjadikan Buddha Theravada sebagai agama negara.


Naresuan

Naresuan (1555 - 25 April 1605), kadang-kadang juga dijuluki Naret atau Pangeran Hitam atau Sanpet II, bahasa Thai: สมเด็จพระนเรศวรมหาราช) adalah raja Siam (Thailand modern) dari tahun 1590 hingga kematiannya pada tahun 1605. Selama era kekuasaannya, Siam memiliki wilayah teritori terluas dalam sejarahnya.


Narai
French depiction of King Narai.jpg
Narai (Putra Prasat Thong) (bahasa Thai: สมเด็จพระนารายณ์มหาราช; 1629 - 11 Juli 1688) menjadi raja Kerajaan Ayutthaya atau Siam (Thailand modern) tahun 1656. Pada kekuasaannya terjadi ekspansi misi diplomatik ke dan dari kekuatan Barat, terutama Perancis, Inggris dan Vatikan. Misi juga dikirim dan diterima di Persia, India, Cina, dan negara tetangga lainnya.


Taksin

HM Raja Taksin yang Agung (bahasa Thai: สมเด็จพระเจ้าตากสินมหาราช; bahasa Tionghoa: 鄭昭; pinyin: Zhèng Zhāo; Teochew: Dênchao; lahir di Ayutthaya, 17 April 1734 – meninggal 7 April 1782 pada umur 47 tahun) adalah raja Siam. Ia mulai berkuasa dari tanggal 28 Desember 1768 hingga 6 April 1782. Ia turun dari takhta setelah Raja Taksin dianggap gila dan kudeta menjatuhkannya pada Maret 1782.


Chulalongkorn

Phrabat Somdet Phra Poramin Maha Chulalongkorn, Phra Chulachomklao Chaoyuhua atau juga disebut Rama V (20 September 1853 – 23 Oktober 1910) adalah raja dinasti Chakri yang ke-5. Ia dianggap sebagai salah satu raja terbesar Siam. Pada kekuasaannya terjadi modernisasi Siam dan reformasi sosial. Karena Siam terancam akan ekspansi Barat, Chulalongkorn, melalui kebijakannya, berhasil menyelamatkan Siam dari kolonisasi. Semua reformasinya dilakukan untuk keselamatan Siam di tengah kolonialisme Barat, sehingga Chulalongkorn memperoleh julukan Phra Piya Maharaj (พระปิยมหาราช).


Vajiravudh
King Vajiravudh portrait photograph.jpg
Phra Bat Somdet Phra Poramentharamaha Vajiravudh Phra Mongkut Klao Chao Yu Hua (bahasa Thai: พระบาทสมเด็จพระปรเมนทรมหาวชิราวุธฯ พระมงกุฎเกล้าเจ้าอยู่หัว), atau Phra Bat Somdet Phra Ramathibodi Si Sintharamaha Vajiravudh Phra Mongkut Klao Chao Yu Hua (bahasa Thai: พระบาทสมเด็จพระรามาธิบดีศรีสินทรมหาวชิราวุธฯ พระมงกุฎเกล้าเจ้าอยู่หัว), atau Rama VI (lahir 1 Januari 1881 – meninggal 25 November 1925 pada umur 44 tahun) adalah Raja Thailand keenam dibawah Dinasti Chakri. Ia memerintah sejak tahun 1910 hingga kematiannya. Raja Vajiravudh dikenal karena usahanya untuk menciptakan dan mempromosikan nasionalisme Siam. Pemerintahannya ditandai oleh gerakan Siam lebih lanjut terhadap demokrasi dan partisipasi minimal dalam Perang Dunia I.


Prajadhipok
Royal portraits - 006 02.jpg
Phra Bat Somdet Phra Poramintharamaha Prajadhipok Phra Pok Klao Chao Yu Hua (bahasa Thai: พระบาทสมเด็จพระปรมินทรมหาประชาธิปกฯ พระปกเกล้าเจ้าอยู่หัว), atau Rama VII (lahir 8 November 1893 – meninggal 30 Mei 1941 pada umur 47 tahun), adalah raja kedelapan Siam dari Dinasti Chakri. Ialah raja terakhir Siam yang memegang kekuasaan absolut, setelah terjadinya kudeta pada tahun 1932, dan raja Siam pertama yang mengundurkan diri dari jabatannya.


Ananda Mahidol
King Ananda Mahidol portrait photograph.jpg
Phra Bat Somdet Phra Poramentharamaha Ananda Mahidol Phra Atthamaramathibodin (bahasa Thai: พระบาทสมเด็จพระปรเมนทรมหาอานันทมหิดลฯ พระอัฐมรามาธิบดินทร atau Ananda Mahidol (lahir 20 September 1925 – meninggal 9 Juni 1946 pada umur 20 tahun), adalah raja kedelapan Thailand dari Dinasti Chakri yang bergelar Rama VIII.


Bhumibol Adulyadej
Raja Bhumibol Adulyadej pada tahun 2010
Paduka Yang Mulia Raja Bhumibol Adulyadej (bahasa Thai: ภูมิพลอดุลยเดช; IPA: pʰu:mipʰon adunjade) (lahir di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat, 5 Desember 1927; umur 84 tahun) atau dikenal sebagai Raja Rama IX adalah Raja Thailand sejak 9 Juni 1946. Ia menjadi raja sejak usia 19 tahun. Ia merupakan anggota Dinasti Chakri yang bersekolah di Sekolah Mater Dei (Bangkok). Putra Pangeran Mahidol Adulyadej ini melanjutkan sekolah dasarnya ke Lausanne ketika sebagian keluarganya pindah ke Swiss. Ia menjadi sangat terkenal di dunia berkaitan jabatannya sebagai Kepala Negara.

1 komentar: