Google+ Followers

Senin, 08 September 2014

Leo Tolstoy, Sastrawan Rusia Terkemuka di Logo Google

http://3d-car-shows.com/wp-content/uploads/2014/09/Leo-Tolstoy.jpg

Leo Tolstoy ditampilkan dalam logo Google hari ini tanggal 9 September 2014. Tepat pada tanggal 9 September, sastrawan Rusia terkemuka ini berulang tahun yang ke-186.

Tolstoy lahir di Rusia dan kehilangan kedua orangtuanya di usia yang masih belia. Di masa remaja, ia sempat bersekolah dan belajar hukum di Universitas Kazan. Namun saat itu para dosen menganggap bahwa Tolstoy tidak mampu dan tak memiliki keinginan untuk belajar.

Tolstoy sempat meninggalkan pendidikan dan mengalami banyak hal, mulai dari berjudi hingga terlilit hutang sampai masuk ke dalam militer dan menjadi tentara.

http://www.nndb.com/people/817/000024745/leo-tolstoy.jpg
Meski demikian Tolstoy pada akhirnya dikenal sebagai seorang penulis yang cukup berpengaruh pada sastra modern. Salah satu karya terbesarnya adalah novel War and Peace yang diterbitkan pada tahun 1869. Novel ini kemudian dianggap sebagai salah satu karya sastra terpenting dalam sejarah literatur.

Selain War and Peace, karya Tolstoy lainnya yang juga sangat terkenal adalah novel Anna Karenina. Novel yang diterbitkan sekitar tahun 1877 ini mengisahkan tentang seorang wanita bangsawan yang sudah menikah, namun akhirnya terpikat dan berselingkuh dengan Count Vronsky.

Selain War and Peace dan Anna Karenina, Leo Tolstoy juga menulis beberapa karya lain seperti The Death of Ivan Ilych, Family Happiness, dan Hadji Murad.

Leo Tolstoy meninggal pada tanggal 20 November 1910 akibat pneunomia di Stasiun Astapovo. Saat itu, Tolstoy sempat dibawa ke apartemennya dan dipanggilkan seorang dokter, namun nyawanya sudah tak tertolong.


Sumber : Sidomi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar