Google+ Followers

Minggu, 07 September 2014

5 Pebasket NBA yang Alami Kebangkrutan

Pemain basket yang bermain di NBA rata-rata memiliki pendapatan besar. Bahkan beberapa bintang NBA mampu mencatatkan diri sebagai salah satu atlet terkaya di dunia.
Pebasket NBA meraup uang banyak dari kontrak bersama klub maupun sponsor pribadi. Belum lama ini Kevin Durant mendapat 265 juta hingga US$ 285 juta  dari kontrak 10 tahun bersama perusahaan apparel Nike.
Walau mendapat penghasilan besar, tidak jarang pebasket NBA mengalami kebangrutan gara-gara gagal menggelola keuangan dengan baik.
Berikut 5 pebasket NBA yang pernah dikabarkan bangkrut:

1. Scottie Pippen
http://exnba.com/wp-content/uploads/2012/11/Scottie-Pippen.jpg
Pippen termasuk salah satu bintang Chicago Bulls saat merajai NBA di era 1990-an. Bersama Michael Jordan, Pippen membuat Bulls menjadi tim yang ditakuti. Dia mengoleksi enam cincin juara NBA dan medali emas Olimpiade bersama timnas Amerika.
Kehebatan Pippen membuatnya hidup bergelimang harta. Sayangnya Pippen sering melakukan blunder dalam berinvestasi sehingga mengalami kebangkrutan.
Kesalahan investasi yang sering dilakukan Pippen membuatnya kehilangan US$ 120 juta. Salah satu keputusan fatal Pippen adalah membeli jet pribadi senilai US$ 4 juta. Jet tersebur rusak sebulan setelah dia membelinya.

2. Allen Iverson
http://media.philly.com/images/042814_Iverson_600.jpg
Iverson berhasil meraup lebih dari US$ 200 juta sepanjang berkiprah di NBA. Namun dalam beberapa tahun terakhir, Iverson dililit masalah keuangan.
Mantan pemain Philadelphia 76ers itu berhutang US$ 860.000 kepada perusahaan perhiasan. Iverson tak mampu membayarnya karena saldo tabungannya menyatakan ia tidak memiliki uang sebanyak itu.
Masalah utama keuangan Iverson adalah pembayaran uang tunjangan kepada anaknya dan kebiasaan berjudi.

3. Dennis Rodman
http://img.bleacherreport.net/img/article/media_slots/photos/001/255/082/hi-res-244240-nov-1997-forward-dennis-rodman-of-the-chicago-bulls-stands_crop_exact.jpg?w=650&h=433&q=85
Rekan setim Pippen saat berjaya bersam Bulls ini juga dilanda kebangkrutan. Rodman dinilai bangkrut tahun 2012 lalu karena tidak mampu membayar membayar lebih dari US$ 800.000 untuk tunjangan anaknya.
Istri Rodman, Michelle, mengajukan surat di pengadilan menduga Rodman berhutang US$ 808.935 untuk mendukung kedua anaknya. “Dennis Rodman bangkrut dan tidak mampu membayar biaya tambahan apapun, “ kata pengacara Rodman ketika itu.
Kebangkrutan Rodman tidaklah mengejutkan. Dia gemar berfoya-foya. Rodman sering berkencan dengan wanita-wanita seksi. Rodman mengaku pernah meniduri 2.000 wanita.
Akhir-akhir ini Rodman sering berkunjung ke Korea Utara. Hal ini diperkirakan untuk mencari uang tambahan.

4. Latrell Sprewell
http://photos.famouswiki.com/l/latrell-sprewell-13729/gallery/latrell-sp-120034.jpg
Sprewell harus menelan pil pahit setelah pensiun dari NBA. Rumahnya di Milwaukee di diambil alih karena memiliki tunggakan pembayaran lebih dari US$ 295.000.
Selain itu, Sprewell juga terpaksa harus menjual yacht senilai US$ 1,5 juta setengah harga. Padahal sepanjang kariernya, Sprewell mampu meraup US$ 96 juta.
Sprewell seharusnya bisa terhindar dari kebangkrutan bila tidak menolak tawaran kontrak tiga tahun senilai US$ 21 juta dari Minnesota Timberwolves di tahun 2005.

5. Charles Barkley
http://www.interbasket.net/players/usa/barkley.jpg
Barkley juga sempat bermasalah dengan keuangan. Kebiasaan Barkley berjudi membuatnya mengalami kerugian besar. Di tahun 2006, Barkley kehilangan US$ 10 juta karena berjudi.
Untungnya mantan pemain Phoenix Suns dan Houston Rockets itu mampu bangkit. Dia kini mendapat pekerjaan sebagai komentator NBA di TNT. Barkley mendapat kontrak US$ 60 juta selama enam tahun sebagai komentator.


Sumber : Yahoo

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar