Google+ Followers

Sabtu, 27 September 2014

10 Danau Menakjubkan dari Penjuru Dunia

Jika Anda mengira kolam di taman kota Anda sangat mengesankan, maka Anda keliru, karena yang akan Anda lihat berikut ini adalah danau-danau spektakuler yang tersebar di seluruh dunia ini.

1. Danau Hillier - Australia Barat
Spectacular Lakes
Tidak seperti perairan berwarna merah muda lainnya di seluruh dunia, danau Hillier mengandung air berwarna merah muda terang yang tetap berwarna merah muda meski telah dipindahkan ke sebuah wadah. Sebagian besar danau serupa mendapatkan warna dari perpaduan beta-karoten yang dilepas oleh ganggang dan cahaya yang menembus air , namun saat ini tidak ada penjelasan ilmiah mengapa Danau Hillier berwarna merah muda.

2. Danau Obersee - Jerman
Spectacular Lakes
Jika peri dan goblin memang ada, mereka mungkin akan bercengkerama di Danau Obersee, Jerman. Berbatasan dengan pegunungan yang tertutup salju, danau ini membentang lebih dari 65 kilometer antara Bregenz dan Bodman Ludwigshafen, dan memiliki lebar 14 kilometer pada titik terluasnya.

3. Danau Reed Flute - Guilin, Tiongkok
Spectacular Lakes
Jika Anda menyukai gua yang berwarna-warni seperti pelangi, Anda bisa mengunjungi Danau Reef Flute di Guilin. Diperkirakan berusia lebih dari 180 juta tahun, gua batu kapur ini mengandung stalaktit, stalagmit dan formasi bebatuan dalam jumlah besar. Di dalamnya juga terdapat prasasti bersejarah yang telah ada sejak 792 Masehi.

4. Danau Kawah Kelimutu - Indonesia
Spectacular Lakes
Meski terletak di puncak gunung berapi yang sama, masing-masing dari tiga danau Kelimutu ini memiliki warna yang berbeda. Penduduk setempat meyakini bahwa perubahan warna pada danau tersebut bergantung pada suasana hati roh-roh yang tinggal di sana. Warna yang paling umum terlihat adalah warna biru, hijau dan hitam, meski demikian danau-danau tersebut juga diketahui berubah warna menjadi biru, merah dan putih.

5. Danau Mendidih (Boling Lake) - Dominika
Spectacular Lakes
Jika Anda ingin melihat danau berwarna biru keabu-abuan yang mendidih, Anda bisa mengunjungi Boiling Lake di Dominika. Tidak ada jalan langsung menuju danau itu dan Anda harus melalui perjalanan sejauh 13 kilometer di sepanjang pegunungan dan ngarai untuk dapat mencapai danau ini. Pada akhir 1800-an ada upaya untuk mengukur suhu danau ini. Mereka mencatat kisaran antara 82 hingga 90 derajat Celcius di tepi danau, meski demikian mereka tidak dapat mengukur suhu di bagian tengah danau yang mendidih.

6. Laut Mati - Yordania
Spectacular Lakes
Meski disebut Laut Mati, genangan air tersebut sebenarnya merupakan sebuah danau. Tercatat 8,6 kali lebih asin dibandingkan dengan laut mana pun, tidak ada makhluk yang hidup di dalamnya. Permukaan airnya terletak lebih dari 400 meter di bawah permukaan laut, yang artinya bahwa danau tersebut memiliki elevasi terendah di permukaan bumi.

7. Danau Berryessa Glory Hole - California
Spectacular Lakes
Danau Berryessa masuk dalam daftar danau spektakuler menurut versi kami karena “lubang kejayaan” - kanal air terbuka yang digunakan untuk menghasilkan listrik tenaga air. Terlihat seperti lubang hitam yang menelan air dari danau, lubang kejayaan ini berdiameter 22 meter.

8. Danau Baikal - Siberia, Rusia
Spectacular Lakes
Menjadi rumah bagi satu-satunya anjing laut air tawar yang ada di dunia, Danau Baikal menyimpan 20 persen air tawar dunia. Danau purbakala ini, yang diperkirakan telah berusia antara 25 hingga 30 juta tahun, juga mendapat gelar sebagai danau terdalam di dunia. Danau ini sangat menarik dilihat saat musim dingin, ketika airnya membeku dan memperlihatkan warna biru kehijauan yang berkilau dan indah.

9. Danau Jokulsarlon - Islandia
Spectacular Lakes
Jokulsarlon awalnya adalah danau berukuran 4,5 kilometer persegi, namun seiring berjalannya waktu, ukurannya bertambah menjadi 25 kilometer persegi dan terus bertambah setiap tahun karena es memecah Vatnajokull, gletser terbesar di Eropa. Gunung es raksasa yang mengapung di atas danau ini dikenal menampilkan bentuk-bentuk yang luar biasa, dan jika sudut pencahayaan matahari tepat, danau ini dapat memunculkan warna yang indah.

10. Danau Plitvice - Kroasia
Spectacular Lakes
Tercatat sebagai Warisan Dunia UNESCO pada 1979, 16 danau Plitvice yang mengalir ini dihubungan oleh serangkaian air terjun dan gua, dipisahkan oleh bendungan alami yang berwarna cerah. Karena jumlah mineral dalam air yang cukup tinggi, danau itu secara berkala berubah warna dari warna biru menjadi hijau. Setiap tahun, lebih dari 1,2 juta orang mengunjungi danau ini.


Sumber : Yahoo

1 komentar: