Google+ Followers

Sabtu, 25 Agustus 2012

10 Organisasi Rahasia di Dunia

Segala yang berkaitan dengan rahasia dan misteri selalu menarik perhatian. Rasa penasaran untuk mengetahui lebih dalam untuk menguak tabir rahasia membuat kita tak henti-hentinya mengikuti informasi mengenai hal-hal terkait yang belum terpecahkan tersebut. Itulah sisi menarik dari kehidupan ini yaitu selalu ‘bikin penasaran’. Masyarakat dunia dibuat heboh ketika buku Da Vinci Code diluncurkan. Sejak saat itu, segala hal terkait organisasi-organisasi rahasia pun mulai menjadi popular. Ada yang menganggapnya sebagai fiktif, ada juga yang menganggapnya sebagai nyata. Berikut 10 organisasi-organisasi rahasia di dunia yang telah menjadi popular:

1. Freemason
 
Kita sudah sering mendengar kelompok rahasia ini. Freemason adalah organisasi persaudaraan sekuler terbesar di dunia yang sekarang telah beranggotakan 6 juta orang dari kurang lebih 120 negara. Jumlah anggota yang banyak tersebut telah menunjukkan bahwa organisasi ini telah dikenal banyak orang meskipun organisasi ini tetap bersifat rahasia. Dan, banyak sekali artikel termuat di internet tentang organisasi rahasia terbesar ini. Dan konon, organisasi ini sudah ada di Indonesia sebelum tahun 1945.

2. Cosa Nostra
 
Anda pasti sudah sering mendengar istilah “mafia”. Ya, organisasi ini adalah asal-usul dari nama Mafia, organisasi rahasia yang diciptakan pada abad 19 di Sicilia, Italia, untuk tujuan kriminal. Sejak saat itu, organisasi ini telah berkembang begitu besar dan telah melahirkan golongan-golongannya yang tidak malu untuk bertempur satu sama lain. Informasi-informasi tentang organisasi rahasia ini pun bisa Anda temukan di berbagai situs internet.

3. Illuminati
 
Apabila Anda pernah membaca novel atau menonton film Angels & Demons yang ditulis oleh Robert Langdon, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah dari nama organisasi rahasia ini. Secara historis, nama ini merujuk kepada Illuminati Bavaria, sebuah kelompok rahasia pada zaman pencerahan yang didirikan pada tanggal 1 Mei 1776. Myron Fagan, tokoh penting dalam gerakan teori persengkokolan (conspiracy theory), sedang mencari bukti-bukti bahwa banyak peristiwa bersejarah, mulai dari Pertempuran Waterloo, Revolusi Prancis, sampai pembunuhan president John F. Kennedy, didalangi oleh Illuminati.

4. Skull and Bones
 
Dari nama dan lambangnya juga kita bisa melihat bahwa organisasi ini tidak memiliki tujuan yang baik. Organisasi rahasia ini adalah sebuah persaudaraan di Universitas Yale yang melibatkan banyak orang-orang terkenal (seperti Presiden George H W Bush dan George W Bush) dan bertanggung jawab atas segala kejadian buruk di Amerika, sejak organisasi ini diciptakan pada tahun 1832 sampai sekarang. Organisasi ini tidak memiliki tujuan jelas seperti halnya Freemasonry atau Illuminati, kecuali hanya untuk bersenang-senang ala komunitas Skull and Bones.
Mengenai para bonesmen, wartawan Time, M.J Stephey, berkata:
“jika kita menghilangkan latar belakang keluarga, pengaruh kekuasaan dan kekayaan mereka, maka Skull and Bones hanyalah sebuah klub mahasiswa aneh yang suka dengan permainan Dungeon and Dragon.”

5. The Sons of Liberty
 
Mungkin organisasi rahasia yang satu ini masih asing bagi Anda. Setelah didirikan oleh para patriot Amerika pada tahun 1766, segera setelah perang Perancis-Indian, kelompok ini adalah salah satu kelompok rahasia yang benar-benar menyelesaikan apa yang mereka tuju—dan mereka benar-benar memiliki tujuan penting: terdiri dari beberapa revolusioner terpenting, mereka mengorbankan kerahasiaan mereka untuk dapat mendorong orang-orang untuk melawan Kerajaan Inggris. The Sons of Liberty bertanggung jawab atas pembakaran HMS Gaspee tahun 1772 atau Pesta The di Boston tahun 1773 yang terkenal, dan banyak insiden lainnya yang mengarah kepada jajahan-jajahan Amerika, langkah demi langkah, menuju Perang Kemerdekaan

6. The Knights of the Golden Circle
 
Apabila melihat nama organisasi ini, kita mungkin mengira bahwa kelompok ini berupa sekelompok orang baik, yang berjuang untuk perdamaian dunia. Namun, kenyataannya adalah kebalikannya: pada tahun 1854, George Bickley menciptakan organisasi rahasia ini dengan tujuan untuk menggabungkan Meksiko selatan dengan Karibia, dalam upaya untuk membentuk pulau-pulau tersebut menjadi negara-negara perbudakan. Mereka bahkan berusaha untuk menyerang Meksiko dari Texas, namun gagal dan hal tersebut membuat organisasi ini runtuh.

7. The Black Hand
 
Dengan motto dramatis yang menyatakan “bersatu atau mati”, organisasi ini bukan merupakan apa-apa kecuali perdamaian. Organisasi ini didirikan di Serbia pada tahun 1911, dengan tujuan menggabungkan semua bangsa-bangsa Slavia Selatan, dalam upaya untuk melawan dominasi Hungaria-Austro. Yang paling terkemuka dari aksi-aksi mereka, yang berdampak besar terhadap kemanusiaan, adalah aksi pembunuhan Archduke Franz Ferdinand, pada tahun 1914. Dilakukan oleh pemimpin the Black Hand, Dragutin Dimitrijevic, tindak kriminal ini memicu peristiwa-peristiwa yang mengarah kepada awal Perang Dunia II.

8. Organisasi Thule
 
Salah satu organisasi rahasia yang mengubah dunia adalah Organisasi Thule. Meskipun tidak begitu terkenal seperti organisasi-organisasi sebelumnya, namun organisasi ini memiliki satu anggota yang sangat terkenal: Hitler. Gairah untuk mencari hal-hal yang tersembunyi, kelompok ini berusaha menemukan masyarakat yang berasal dari pulau yang hilang di suatu tempat di negara Islandia, yang, tampaknya, merupakan tempat asal-usul kaum Arya. Gagasan-gagasan penyimpangan ini ditindak lanjuti secara serius oleh Hitler dan ketika ia menjadi seorang pemimpin politik, organisasi Thule ini menjadi terbuka untuk mendukung Hitler tersebut.

9. Hashshashin
Hassassin atau Hashshashin, seperti yang anda ketahui, adalah sekelompok kriminal yang muncul pada tahun 1092. Meskipun kekuasaan teror sudah lama menghilang, namun mereka tidak dilupakan. Nama dari organisasi rahasia ini berasal dari kebiasaan menggunakan hasis (ganja) sebelum melakukan salah satu tindak kriminal politik – dan nama inilah yang merupakan asal istilah “assassin” yang masuk ke dalam bahasa Inggris – dan pada bahasa-bahasa lainnya juga.

10. Gereja Scientology
 
Seperti organisasi-organisasi rahasia lainnya di dalam sejarah, gereja scientology didasarkan pada kepercayaan-kepercayaan agama. Sekalipun disebut sebagai ‘Church’ namun Scientology berbeda dengan ‘Gereja yang berpusat pada Kristus’, Scientology memusatkan diri pada ‘diri sendiri’ sebagai falsafah yang disebut sebagai “herald of a New Age” (gerakan zaman baru). Organisasi ini didirikan pada tahun 1952 oleh L. Ron Hubbard.
DIANETICS adalah salah buku penuntun paling terkenal yang dikembangkan Hubbard dan menjadi panduan beberapa penganutnya. Meskipun ajaran ini menjadi kontroversi, namun beberapa selebriti memilihnya sebagai penuntun hidupnya, seperti John Travolta dan istrinya Kelly Preston, Leah Remini, Jenna Elfman, dan Tom Cruise. Dan kabarnya, ajaran ini sudah tersebar di Indonesia, seperti halnya Freemansory yang sudah ada berpuluh-puluh tahun di Indonesia.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar