Google+ Followers

Sabtu, 30 Juni 2012

Dunia Sanctuary


Thread ini berisikan konten-konten mengenai agama dan kepercayaan. Namun tujuan sebenarnya dari thread ini adalah untuk berbagi informasi. Jika kurang berkenan, silahkan tinggalkan thread ini.

Sanctuary memiliki makna asli "tempat suci". Namun secara global, Sanctuary memiliki arti "tempat kediaman" atau "tempat berlindung". Dalam berbagai kepercayaan, Sanctuary dapat dimaknai sebagai Surga, Kahyangan, Kuil, Candi dkk. Namun kali ini, ane akan membahas tentang malaikat yang terdapat dalam berbagai kepercayaan.

Malaikat memiliki sebutan lain seperti aggelos (Yunani), Tanakh (Ibrani), Malaikat (Quran) yang umumnya berwujud roh (spiritual being). Malaikat sangat bermacam-macam (tergantung dari kepercayaan) dan biasanya mereka identik sebagai pembawa pesan (messenger). Berikut daftar malaikat dalam berbagai kepercayaan versi Wikipedia.



1. Abaddon

Abaddon dalam bahasa Ibrani memiliki makna "kehancuran" dan muncul dalam Injil sebagai "tempat penghancuran". Dalam pandangan buku yang berjudul New Testament Revelation, terdapat sosok malaikat yang bernama Abaddon yang menguasai serangga belalang. Dalam Naskah Laut Mati milik Nabi Musa disebutkan juga bahwa Abaddon adalah sebuah tempat, bukan malaikat maupun iblis.
 
 
2. Ambriel
Beberapa percaya bahwa malaikat menjaga tanda setiap zodiak dan Ambriel adalah malaikat yang mewakili zodiak Gemini. Dalam Katolik menyebutkan bahwa malaikat adalah roh murni yang diciptakan Tuhan dan Ambriel melambangkan komunikasi yang baik serta perlindungan.
 
 
3. Arariel
Arariel adatu yang memiliki nama lain Azariel adalah malaikat yang bertanggung jawab terhadap jumlah air yang ada di bumi, menurut Kitab Talmud. Para nelayan biasanya memohon kepadanya agar mendapatkan ikan yang banyak an besar. Secara tradisional, Arariel juga mampu memulihkan keterbelakangan mental.
 
 
4. Ariel
Dalam kepercayaan Kristiani, Ariel adalah salah satu Archangel yang memiliki julukan Singa Tuhan (Lion of God) dan Jantung Tuhan (Heart of God). Dalam Injil disebutkan juga bahwa Ariel merupakan perwujudan dari Yerusalem.
 
 
5. Azrael
Azrael adalah salah satu Archangel Kematian di beberapa kepercayaan seperti Islam, Kristiani dan Sikhisme. Dalam Islam biasa disebut sebagi Izra'il dan dalam Qur'an disebut dengan malak-al-maut (malaikat kematian). Menurut pandangan dari berbagai kepercayaan, Azrael bertempat tinggal di Surga Tingkat Ketiga. Dalam salah satu penggambaran wujudnya, dikatakan bahwa Azrael memiliki 4 wajah, 4000 sayap dan badannya terdapat mata dan lidah (jumlahnya tergantung dari umat manusia di bumi). Tugasnya adalah mencatat dan menghapus nama setiap manusia yang lahir dan mati.
 
 
6. Barachiel
Dalam kepercayaan Kristen Ortodox Timur, Barachiel merupakan salah satu dari ketujuh Archangel. Dalam buku Third Book of Enoch, Barachiel dideskripsikan dengan wujud malaikat yang menawan, dikelilingi oleh 496.000 malaikat lain dan dia merupakan salah satu daru ke empat Serafim penguasa. Disebutkan juga bahwa Barachiel adalah pangeran dari Surga Tingkat Dua dan bertugas menerima pengakuan dosa. Dia juga identik dengan malaikat petir.
 
 
7. Cassiel
Cassiel adalah nama salah satu Archangel dalam ajaran Kabbalah. Tidak seperti malaikat lainnya, diketahui bahwa Cassiel memperhatikan kejadian-kejadian kosmik tanpa banyak campur tangan. Cassiel adalah malaikat kesunyian dan air mata. Dia juga identik dengan planet Saturnus dan hari Sabtu.
 
 
8. Camael
Camael atau yang memiliki nama lain Kamuel, Chamuel, Camiel dan Camniel ini merupakan malaikat yang berasal dari ajaran Kristiani Judeo dan sering disebut sebagai salah satu dari tujuh Archangel. Nama Camael sendiri berarti "Yang Mencari Tuhan". Disebutkan bahwa dia yang memimpin pasukan saat mengusir Adam dan Hawa dari Taman Eden. Diketahui juga bahwa dia malaikat cinta dan tubuhnya dikelilingi oleh api.
 
 
9. Dumah
Dumah atau Douma adalah malaikat yang muncul dalam literatur Rabbinical. Dumah terkenal dengan julukan "Malaikat Kesunyian". Dumah dikenal juga sebagai malaikat dari Mesir, pangeran dari neraka serta malaikat pertahanan diri. The Zohar menyebutkan bahwa Dumah memiliki 10.000 malaikat penghancur di bawah kendalinya dan memimpin 12.000 iblis.
 
 
10. Gabriel
Gabriel merupakan salah satu Archangel hampir dalam berbagai kepercayaan. Gabriel atau Jibril mempunyai tugas yaitu membawa pesan/kabar dari Tuhan untuk manusia. Disebutkan bahwa Nabi Muhammad pernah melihat wujud asli Jibril, dua kali. Kejadian paling bersejarah yang pernah tercatat antara lain membawakan kabar kelahiran Yesus Kristus/Nabi Isa dalam Injil maupun dalam Qur'an.
 
 
11. Hadraniel
Nama Hadraniel berarti "Kebesaran Tuhan", adalah malaikat dalam ajaran Yahudi yang ditugaskan untuk menjaga pintu gerbang Surga Tingkat Dua. Diperkirakan bahwa tinggi Hadraniel kurang lebih 2,1 mil dan memiliki wajah yang menakutkan. Diceritakan bahwa ketika Nabi Musa pergi ke Surga untuk menerima Torah dari Tuhan, dia merasa terkejut dan takut oleh tatapan Hadraniel. Sehingga Tuhan harus muncul dan mengingatkan untuk tidak menakut-nakuti Nabi Musa.
 
 
12. Hesediel
Hesediel atau yang memiliki nama lain Zadkiel merupakan salah satu Archangel dalam kepercayaan Kristiani. Hesediel adalah malaikat yang melambangkan kebajikan, pengampunan serta kebebasan. Walaupun dalam Injil tidak disebutkan namanya, namun banyak yang percaya bahwa Hesediel adalah malaikat yang menahan Abraham ketika akan membunuh anaknya sebagai korban.
 
 
13. Israfel
Israfel atau yang memiliki nama lain Israfil bermakna "Yang Terbakar". Israfil adalah salah satu dari empat Archangel dalam Islam. Israfel dikenal sebagai malaikat peniup terompet walaupun namanya tidak tercatat dalam Qur'an. Disebutkan bahwa Israfel selalu menahan terompet sucinya di mulut sepanjang zaman hingga tiba saatnya meniupkan terompet tersebut jika Tuhan telah memberi tanda kiamat. Dalam Kristiani, Israfel memiliki nama lain Raphael.
 
 
14. Jegudiel
Jegudiel adalah salah satu dari tujuh Archangel dalam kepercayan Ortodox Timur. Biasanya digambarkan sedang membawa mahkota dan cambuk bercabang tiga. Tugasnya adalah menjaga siapapun yang bekerja keras atas nama Tuhan. Jegudiel melambangkan hari Jum'at dalam Katholik.
 
 
15. Jophiel
Jophiel yang memiliki julukan "Keindahan Tuhan" ini adalah salah satu Cherubim yang bertugas bersama Michael dalam pertempuran. Dia juga salah satu malaikat yang membawa Adam dan Hawa keluar dari Taman Eden menurut beberapa pendapat. Jika hal tersebut benar, berarti Jophiel adalah Cherubim yang ditugaskan Tuhan untuk menjaga Pohon Kehidupan di Taman Eden dengan membawa pedang api.
 
 
16. Raqib Atid
Raqib Atid adalah 2 malaikat dalam Islam yang diyakini sebagai malaikat yang mencatat kelakuan baik dan buruk manusia. Malaikat ini berada di bahu kanan dan kiri manusia dimana tugas mereka adalah mencatat setiap tingkah laku, pikiran atau perasaan manusia dan melaporkan kepada Tuhan saat orang itu meninggal untuk menentukan manusia itu masuk Jannah (Surga) atau Jahannam (Neraka).
 
 
17. Lucifer
Lucifer dikenal sebagai iblis sejati atau raja dari para iblis. Lepas dari konteks tersebut, Lucifer sebenarnya adalah malaikat yang dibuang oleh Tuhan. Menurut beberapa sumber, Lucifer adalah Archangel paling indah yang pernah diciptakan Tuhan. Kemudian ketika Tuhan menciptakan manusia, seluruh penghuni Surga harus mencintai manusia. Namun karena kesombongannya, Lucifer menolak dan melawan Tuhan sehingga dibuanglah Lucifer. Konon, Lucifer berjanji bahwa dia akan selalu membuat manusia jatuh ke dalam dosa sampai kiamat nanti.
 
 
18. Maalik
Dalam kepercayaan Islam, Maalik adalah salah satu malaikat yang menjaga api neraka, yang memiliki 19 zabaniya (penjaga). Tercatat juga bahwa Nabi Muhammad pernah berkunjung ke Surga dan neraka kemudian bertemu Maalik. Diperlihatkan sepintas orang-orang yang sedang disiksa kepada Nabi Muhammad. Deskripsi tentang Maalik juga dapat ditemukan di sebuah haditz. Disebutkan bahwa Maalik berpenampilan menakutkan dan tidak pernah tertawa, bahkan tersenyum sekalipun.
 
 
19. Michael
Michael adalah salah satu Archangel hampir di banyak kepercayaan antara lain seperti Kristiani, Islam, Katholik Roma serta Lutherans. Dalam Islam lebih mengenalnya dengan nama Mikhail. Michael memiliki julukan "Yang Serupa Dengan Tuhan" walaupun sebenarnya nama ini sedikit kontroversial. Michael adalah malaikat tertinggi bersama Gabriel (Jibril) dalam Islam.
 
 
20. Munkar dan Nakir

Munkar dan Nakir adalah sepasang malaikat dalam Islam yang bertugas untuk bertanya kepada orang yang baru saja meninggal. Dalam Islam ada tahap ketika sesorang baru saja meninggal, dia akan melewati fase Barzakh, dimana rohnya masih tinggal di dekat pemakaman. Munkar dan Nakir akan mulai bertanya ketika acara pemakaman selesai dan orang terakhir yang melayat harus sudah meninggalkan tempat pemakaman setidaknya 40 langkah. Kemudian Munkar dan Nakir akan menanyakan 3 pertanyaan, yaitu:
 
 
 
Siapa Tuhanmu?
Siapa Nabimu?
Apa agamu?

dan jawabannya adalah sebagai berikut:
Allah
Nabi Muhammad
Islam


21. Mu'Aqqibat
Dalam Islam, Mu'Aqqibat adalah malaikat yang menjaga setiap makhluk hidup kemanapun dan dimanapun hingga ditentukan kapan waktu kematian maklhuk hidup tersebut. Malaikat ini termasuk dalam golongan Hafazhaa (Para Penjaga). Konsep malaikat penjaga ini sama seperti roh pelindung dalam Kristen.
 
 
22. Sachiel
Dalam ajaran Kabbalah, Sachiel adalah salah satu Archangel dan masuk dalam kelas Cherubim dan melambangkan zodiac Sagittarius. Dia juga melambangkan kepedulian dan kekayaan.
 
 
23. Samael
Samael adalah Archangel paling penting dalam ajaran Talmud. Dia adalah malaikat yang memiliki sifat baik dan buruk. Disebutkan juga bahwa dia adalah malaikat penjaga milik Esau. Dia adalah malaikat legendaris penghuni Surga yang tinggal di Surga Tingkat Tujuh dan memimpin Surga Tingkat Lima. Tugasnya adalah mencabut nyawa manusia.
 
 
24. Selaphiel
Selaphiel merupakan salah satu dari tujuh Archangel dalam ajaran Ortodox Timur. Selaphiel dideskripsikan malaikat yang individual, sederhana, dan tangannya selalu menyilang di dada.

1 komentar: