Minggu, 15 April 2012

Siapa Green Lantern itu?

Green LanternSemula untuk pembuka rubrik Whose who padaini saya pikir akan lebih baik kalau diisi oleh Superman atau Batman, dua tokoh superhero pertama dan mungkin terbesar yang pernah ada dalam sejarah dunia komik. Tapi setelah memperhitungkan bahwa history dari Men of Steel dan Dark Knight serta siapa diri mereka nampaknya sudah cukup umum dan diketahui oleh sebagaian besar orang. Karena itu pilihan jatuh pada tokoh Green Lantern, yang tidak kalah terkenalnya tapi mungkin agak sedikit kurang awam diketahui oleh sebagian orang.

[Image: 2zfnx9k.jpg]

Pada tahun 1940 dari tangan penulis Bill Finger dan artist Martin Nodell lahir seorang tokoh dengan perantara kekuatan sebuah cincin berwarna hijau dapat mewujudkan apapun yang dibatasi hanya oleh kekuatan pikirannya, tokoh itu disebut Green Lantern (Alan Scott). Kekuatan Alan Scott berbasiskan magic yang berasal dari sebuah lantera hijau yang juga berfungsi untuk mengisi ulang cincin tersebut, tapi seperti juga superman dengan Kryptonite nya kekuatan cincin Alan Scott tidak dapat mempengaruhi apapun yang berasal dari kayu sehingga menjadi suatu kelemahan yang sering di manfaatkan oleh lawannya.


Alan Scott
Kemudian seiring dengan turunnya minat terhadap komik (akhir golden age) DC memutuskan untuk menulis ulang cerita Green Lantern dan berusaha memordenisasi tokoh tersebut. Tugas tersebut jatuh ketangan penulis John Broome dan artis Gil Kane, tetapi daripada memperbarui tokoh yang sudah ketinggalan jaman mereka memutuskan untuk benar-benar melahirkan seorang tokoh baru dengan latar belakang yang sangat berbeda, Hal Jordan (1959) seorang tes pilot dipercayakan untuk menerima cincin Green Lantern dari seorang alien bernama Abin Sur, selanjutnya diketahui bahwa Abin merupakan bagian dari suatu pasukan penjaga perdamaian galaksi dengan nama Green Lantern Corps yang diciptakan oleh sekumpulan imortal yang disebut Guardian of the Universe dan bermarkas diplanet OA.


Hal Jordan
Tidak seperti Alan Scott sebelumnya, cincin Hal Jordan tidak berbasiskan magis kuno, tapi cenderung merupakan hasil perpaduan dari teknologi dan kekuatan yang dimiliki oleh para Guardian, selain itu kelemahannya juga bukan pada unsur kayu melainkan pada apapun yang berwarna dasar kuning (^_^). Cincin Jordan juga terbatas pada pengisian 24 jam dan harus di charge ulang dengan menggunakan power battery yang hampir serupa dengan milik Alan Scott.


Guy Gardner
pengenalan konsep dasar Green Lantern Corps membuka peluang untuk menampilkan Green lantern selain Hal Jordan, pada tahun 1960 DC memperkenalkan Guy Gardner, seorang yang seperti juga Hal Jordan tidak mengenal takut, Guy seharusnya terpilih menjadi Green Lantern menggantikan Abin Sur tetapi karena saat itu posisi Hal Jordan lebih dekat karena itu sebagai kandidat kedua dia terpilih untuk menjadi pemegang cincin pertama Green Lantern sektor 2814 (Bumi dan sekitarnya).


John Stewart
Kemudian pada tahun pada tahun 1970 diperkenalkan lagi satu tokoh Green Lantern John Stewart yang tampil sebagai pengganti Guy saat dia mengalami koma karena tertimpa ledakan power batterynya. John Stewart adalah tokoh yang keras pada prinsipnya dan mungkin merupakan Green Lantern terbaik yang pernah ada (diluar Hal Jordan tentunya), rasa tanggung jawabnya ditunjukkan ketika dia memutuskan untuk mundur dari korps ketika gagal menghentikan hancurnya suatu planet yang berada dalam pengawasannya sebagai Green lantern. Setelah itu John beberapa kali bergabung dan berhenti dari keanggotan korps antara lain karena kelumpuhan yang pernah dideritanya serta saat korps green lantern dihancurkan oleh Hal Jordan yang menjadi gila dan menyebut dirinya Parallax.

Seriing dengan mega even DC - Death and Return of Superman (1993-1994), Hal Jordan diceritakan menjadi terobsesi untuk menghidupkan kembali Coast city yang hancur lebur oleh perbuatan Cyborg Superman terbang ke oa untuk mengambil semua kekuatan Green Lantern dan pada akhirnya membunuh semua Guardian dan menghancurkan Korps yang selama ini telah dibelanya (Emerald Twilight miniseri). Ganthet sebagai Guardian terakhir yang tersisa menciptakan cincin terakhir dan karena keterbatasan waktu menyerahkannya pada seorang pemabuk bernama Kyle Rayner yang ditemukannya dilorong sebuah bar hanya dengan sebuah pesan "You will do".


Kyle Rayner
Kyle Rayner tidak seperti Green lantern lainnya yang terpilih, mengalami masa-masa sulit diawal tugasnya sebagai superhero, tidak adanya mentor dan korps yang mendidiknya serta kematian kekasih ditangan salah seorang musuh besarnya (Major Force) memberikan pukulan telak pada green lantern muda ini, kembalinya Hal Jordan dengan identitas baru Parallax yang hendak menghacurkan alam semesta dan menciptakannya kembali sesuai dengan kehendaknya membuat Kyle harus belajar cepat dan menerima kenyataan bahwa dirinya adalah Green Lantern terakhir dan Torch Bearer untuk korps Green Lantern yang telah mati.

Rasanya sampai disini dulu tulisan mengenai Whose Who ? - Green Lantern, selanjutnya sejarah mengenai pasukan perdamaian intergalaksi ini akan dilanjutkan lagi pada segmen Whose Who ? - Green Lantern Corps yang akan membahas lebih detil mengenai kembalinya para Green lantern serta even terbaru yang melibatkan mereka.

1 komentar:

  1. Coba kasih tau info tentang Lantern2 yang lain dong,seperti yellow,black dan lain-lain

    BalasHapus