Google+ Followers

Sabtu, 30 April 2011

L'Arc-en-Ciel

L'Arc~en~Ciel (ラルク アン シエル Raruku An Shieru, "Pelangi" dalam bahasa Prancis) adalah nama grup musik Jepang beraliran J-Rock. Band ini beranggotakan Hyde (vokal), Ken (gitar), Tetsu (bass), dan Yukihiro (drum). Grup musik ini didirikan oleh Tetsu pada Februari 1991. Nama "L'Arc~en~Ciel" berasal dari sebuah kata dalam bahasa Perancis yang secara harfiah berarti "lengkungan di langit" atau "pelangi", nama ini diambil dari judul sebuah film Perancis yang pernah ditonton oleh Tetsu.
Di Jepang saja, band ini telah menjual lebih dari 25 juta kopi album dan single.
Mantan personel yang sempat memperkuat band ini:
  • Sakura (drum) (1992-1997) digantikan oleh Yukihiro karena memakai narkoba dan masuk penjara.
  • Hiro (gitar) (1991-1992)
  • Pero (drum) (1991-1992)

Awal terbentuk

Osaka, sekitar awal tahun 1991 dua orang anak muda bernama Tetsu dan Hiro membentuk sebuah grup band. Tetsu berperan sebagai bassis berikut vokal sementara Hiro sebagai gitaris. Pada waktu itu Hyde masih menjadi gitaris di sebuah band bernama Kiddies Bomb, yang kemudian berganti nama menjadi Jerusalem’s Rod dan Hyde berganti posisi menjadi vokalis (meskipun pada saat itu ia sama sekali tidak tertarik dengan perannya tersebut).
Pada suatu hari Tetsu menyaksikan penampilan grup band tersebut untuk kali pertama. Ketika itu ia merasa yakin bahwa Hyde adalah orang yang tepat untuk mengisi posisi vokal di grup band-nya. Maka selama beberapa waktu ia terus mengikuti penampilan band tersebut, hingga pada akhirnya ia memutuskan untuk mengajak Hyde dan rekannya di Jersarem’s Rod, Pero untuk bergabung dengannya. Setelah beberapa kali melakukan session, Hyde akhirnya memutuskan untuk meninggalkan band lamanya dan bergabung bersama band Tetsu. Maka terbentuklah formasi paling awal L’Arc~en~Ciel, yakni Tetsu (bass sekaligus pemimpin band), Hyde (vokal), Hiro (gitar), dan Pero (drum).
Nama L’Arc~en~Ciel sendiri diusulkan oleh Tetsu yang terinspirasi oleh sebuah film Perancis yang berjudul sama. L’Arc~en~Ciel diambil dari Bahasa Perancis yang memiliki arti PELANGI.
Penampilan live pertama mereka yaitu pada tanggal 30 Mei 1991 di Nanba Rockets. Bahkan ketika itu sang pemilik panggung berpikir bahwa L’Arc~en~Ciel akan menjadi sangat terkenal, dan hal itu terbukti beberapa tahun kemudian.

Profil Personil L'Arc En Ciel

Hyde (Hideto Takarai)

Cowok keren kelahiran osaka ini adalah Vocalis dari L'Arc, ..dan gak bisa dipungkiri kalo dia itu handsome dan dia juga Lyric maker buat L'Arc, hampir semua (apa semua yah?..)lagu2 L'Arc yg bikin liriknya ya si Hyde ini,...lirik2-nya emang kadang sulit buat dipahami,..dan terdengar seperti modern poet, tapi kalo dah ngerti maknanya,..wwuuiihh...bisa kena bgt tuh dihati.Hyde punya suara khas yg udah jadi trademark L'Arc yaitu falsetto-nya,...lembut,indah..coba aja denger lagu macem the silver shinning,hitomi no jyuunin,niji,what is love dll...wow..sugoii!!!(maksudnya keren)
Dan jangan lupa, nih cowok tuh stylish bgt,dari gaya gypsi,bishounen,funky,gothic,casual,punk dan berantakan pun cocok2 aja,...why?..because he is Hyde...nothing more to say..and menurut gw, dia adalah ayah terkeren,..yup,..he already married to Megumi Oishii and got a child.


Tetsu (Tetsuya Ogawa)

Tetsu adalah leader dari laruku, dan dia adalah salah satu bassist terbaik di jepang (at least menurut gw),..permainan bass Tetsu udah gak perlu diragukan lagi deh, pokonya kelas berat (kadang berat banget). tetsu ini satu2nya personil L'Arc yg anti sama yg namanya rokok, tiap temen2 satu bandnya ngerokok, pasti dia menjauh.
Petikan bass tetsu merupakan unsur penting juga dalam tiap lagu2 L'Arc karna petikan bass-nya bukan cuma buat ngiringin drum doank, tapi buat nge-fill space kosong dalam tiap lagu laruku dengan melodic2 bassnya yg beautiful itu...Sebagai leader, tetsu berhasil mempertahankan nama L'Arc di kancah musik jepang selama lebih dari 10 tahun .penampilan sporty,funky bin trendy udah jadi trademark Tetchan,..mulai kostume super ngejreng di GCT sampe nyantai kaya di Realive, semua tetap keren melekat di tubuh Tetchan.
Selama Laruku vakum, tidak mau ketinggalan dari Hyde, dia juga menelurkan album single berjudul Suite november, dan sebagai solo artist dia menggunakan nama Tetsu69. Banyak lagu bagus dari album ini semacam Shinkirou,Tightrope,White out dll.

Tetsu biasanya pake bass keluaran ESP, yah ada juga sih koleksi dia selain ESP, tapi, mainly dia sering bgt pake ESP mulai dari jaman jebot sampe sekarang, bahkan ada bass custom made yg disebut Born to rock, Tetsu SE.
Gw paling suka denger permainan bass Tetchan di lagu blurry eyes,kasou,drivers high,honey,...dan...Niji.dan..huaaaa keren semua!! Tetchan is the best deh kalo soal main bass 

Ken (Ken Kitamura)

Ken memegang posisi sebagai guitarist di laruku, ...permainan gitarnya gw salutin deh, beda ma gitaris2 laen,..suara gitar ken itu terkesan glamour en kadang juga kedengeran dingin pas dibagian melodi-melodi lagu tertentu atau kalo udah mainin lagu yg enerjik bisa terkesan HOT!!!
Ken ini pemuja style yg disebut "gay style", yah walopun dia itu gak gei sih sebenernya (iyalah, dia kan personil paling hentai di L'Arc)..tapi gaya berpakaiannya itu aja yg "gy style", contohnya yah dia itu suka ma warna2 yg rada gemerlap, bukan ngejreng, tapi gemer;ap,..suka ma something silver...en yg paling menjijikan itu kalo gw liat dia pake celana pendek+Boots tinggi+topi koboi en ditambah lagi corak baju yg kinclong...waadduuuhhh...geli gw liatnya
Ken itu juga salah satu laruku member yg doyan ngerokok (selain Hyde), selera rokok ken yaitu DJI SAM SUE(ndak ding;),yang bener..Marlboro lights menthol
Buat permainan gitarnya,selama lebih dari 10 tahun, Ken udah berhasil membangun lagu2 laruku jadi semakin berfariatif en makin asik didenger.

Selama laruku vakum, Ken juga melakukan project lain, yaitu membentuk sebuah band bernama S.O.A.P (sons of all pussy), di band ini dia berperan sebagai Vocalist+guitarist yang juga didampingi oleh Ein sebagai bassist dan juga Sakura (ex drummer L'Arc).
Selain pintar maen gitar,doi jg berpran penting dlm menulis sebagian besar lagu laruku tapi cenderung bernuansa dark with experimental sound.... 

Yukihiro (Yukihiro Awaji)

Nah, sampe ke Yuki~sensei nih. Yuki berperan sebagai Drummer di L'Arc. Kalo gw bilang, permainan drum Yuki itu adalah yg terbaik dari yg pernah gw liat di drummer2 lain, why?..karna evry style dia punya,..mulai dari ngerock, ngebeat, slow, urban, techno...wah pokonya banyak!!!
Yuki itu bisa dibilang anggota paling pinter di laruku, karna itu dia dapet julukan Yuki-sensei (sensei=ahli dlm suatu bidang). Yuki doyan bgt nih sama yg namanya coklat,..gw juga heran,doyan coklat tapi kok bisa begeng yah?...huhuhuhu..
Susunan drum Yuki itu biasanya keliatan kaya istana,..double bass drum, tom-tom berjejer cdymbals2 dan ada 2 cymbal yang menjulang tinggi (gak tinggi2 amat sih,..tar gak nyampe dipukul donk)..
Yukihiro ini juga punya drum "Yukihiro SE"nya sendiri lho dari pearl,...
Pertama kali gw dengerin permainan Yuki itu adalah di lagu Honey,..langsu aja "WOW",..decak kagum bergumam diotak
gw,.."anjrit!!!drumnya..."..gw langsung nyengir dan kayanya tuh semangat bgt buat ngulang2 lagu Honey. Tapi, begitu gw denger kasou en shinshoku juga,..tambah lagi kekaguman gw ma Yuki-sensei..Apalagi gebukan drum nya di lagu Ready Steady Go....keren abis men...

Yuki itu gak doyan ama yg namanya minuman beralkohol,...dia doyannya coklat ma susu coklat hehehe...tapi ngerokoknya juga gak kalah ma Ken n Hyde,..kuat juga men!!gak tanggung2, walo abis main drum n keringetan juga ngerokok jalan terus...(wah kasian paru2nya tuh..)
Yuki juga tak mau kalah oleh teman2 seband-nya, dia juga mengeluarkan solo album miliknya dan diberi judul ring the noise dan Acid android dimana muski2nya terdengar techno dan banyak mengangkat unsur elektronik.Hal itu sangat mungkin mengingat Yuki adalah mantan seorang DJ!!
Dan saat L'Arc kembali merilis album, Yuki sempat lupa bagaimana cara memainkan drum, tetapi dengan latihan keras, maka posisi drummer di L'Arc pun kembali terisi dengan style2 Yuki yang AMAZING!!!!!!!!

ffiiuuhhh......akhirnya kelar juga ngomongin laruku, Hubert most favorite band...sampe sekarang koleksi L'Arc gw udah lumayan banyak,,...thanx to sumber gw dari animonster and buat kamu yg baca review tentang L'Arc ...arigackto...Sekarang ini gw lagi cari2 album demo laruku jaman purba nih,..yg pasti gak mungkin dijual di pasaran,..hehehehe,
Pokonya .... FOREVER LARUKU!!!!!!!!!!!

1 komentar: