Sabtu, 03 Maret 2012

SUPERHERO INDONESIA yang Jarang di Ketahui


Selain Superhero terkenal di Indonesia, masih banyak superhero minor yang meramaikan kancah komik Indonesia. Informasi mengenai sebagian superhero ini sangat minim dan sulit didapat, sehingga apabila ada tambahan informasi, kami berharap untuk bisa dikirmkan ke alamat okkilogan@yahoo.com agar kami bisa memperbaiki kesalahan maupun menambah informasi demi kepentingan bersama.



Nama : Aryageni,identitas rahasia Aryageni si manusia api
Kekuatan super : Terbang,dapat menyemburkan api

Aryageni tinggal bersama paman dan bibinya,ia adalah seorang pemuda yang sangat polos.Karena kepolosannya ia tidak bisa hidup dengan nyaman di perkotaan.Dan yang lebih parahnya lagi,kepolosannya telah membuatnya dikhianati oleh sang pacar.Tentu saja hal ini memebuat hatinya terluka,ia menangis dibawah di bawah guyuran hujan.Teriakan dan tangisan keputusasaannya dijawab oleh alam dengan sebuah meteor yang jatuh didekatnya.

Meteor yang jatuh memancarkan radiasi dan memberikan efek yang akan yang akan merubah hidup Aryageni yang polos.Karena radiasi itu ia bisa terbang dan memancarkan api dari tubuhnya,dan dengan kekuatan itu ia memutuskan untuk melawan kejahatan.Sejak saat itu ia dikenal sebagai Aryageni si Manusia Api.



Nama : Kensein,identitas rahasia Saifer
Kekuatan super : Terbang,memiliki jubah robotic

Kensein
adalah seorang anak dari keluarga berada,ayah ibunya bekerja di bidang otomotif.Secara tiba tiba Kensein mendapati tubuhnya bersimbiosis dengan sebuah benda berteknologi tinggi yang mengubahnya menjadi sebuah robot bernama Saifer yang berasal dari kata Cyber.Saifer delengkapi persenjataan canggih pada tubuhnya,selain bisa terbang Saifer juga memeiliki radar yang sangat peka.Namun sayangnya Kensein tidak bisa berlama lama menjadi Saifer,karena sosok Saifer menghabiskan banyak energi dan menguras staminanya.



Nama : Cakra,identias rahasia Gunturgen
Kekuatan super : Kecepatan super,dapat menembakkan bola bola listrik
Seorang pertapa sakti turun gunung dan menikah denan seorang gadis,buah pernikahan itu melahirkan seorang anak yang bernama Cakra.Ketika Cakra lahir ayahnya meninggalkan ibunya entah kemana.Tanpa disadari Cakra dapat berlari sangat cepat dan jika dalam keadaan terdesak ia bisa mengeluarkan kekuatan petir,sebuah kekuatan yang diwarisi dari ayahnya.Ketika Cakra menginjak usia dewasa ia merantau ke Jakarta untuk mencari keberadaan sang ayah,dan proses pencariaan sang ayah penuh dengan rintangan.Ternyata Jakarta penuh dengan tindakan kriminalitas dan ia merasa kalau kota ini butuh seorang penjaga kedamaian.Karena hal itulah ia memutaskan menggunakan kekuatannya untuk menjaga kedamaiaan di Jakarta dengan menjadi seorang SUPERHERO benrama Gunturgen.



Nama : Bram,identias rahasia Blacan
Kekuatan super : ahli bela diri
Sewaktu Bram masih kecil ia menyaksikan kedua orang tuanya dibunuh oleh Badar Bedugal di depan matanya.Karena itulah Bram berlatih ilmu bela diri untuk membalaskan kematian orang tuanya dan memutuskan untuk menjadi seorang SUPER HERO yang bernama Blacan.


Bantala adalah salah satu Superhero karya dari Nurmi Ambadi. Selain informasi bahwa Bantala adalah seorang pelajar bernama Adi haryadi, informasi mengenai asal-usulnya juga masih samar. Kekuatan utama Bantala adalah pancaran sinar X yang bisa dikeluarkan oleh kedua matanya, selain kekuatan seperti Ilmu bela diri. Kemunculan pertama Bantala terdapat pada serial Bantala berjudul Arca Emas di Pulau Hantu yang diterbitkan oleh Penerbit Marantha ditahun 1975. Musuh bebuyutan Bantala adalah Ki Demang Taliwongso yang mempunyai kekuatan Supranatural.
Posted Image

Boga adalah salah satu Superhero Indonesia yang berasal dari Planet Lain karya dari Nono GM. Seperti Mlaar, Boga juga merupakan putra mahkota kerajaan Mriqi dari Planet Oztra. Ia datang ke Bumi guna mencari senjata yang sakti untuk mengalahkan musuh bebuyutannya, Trubaga. Setelah tiba di Bumi, boga terlibat dengan Superhero lain seperti Tira, Gundala dan lain-lain dalam memberantas kejahatan. Boga mempunyai kemampuan untuk menembus Bumi dan hidup didalam bumi seperti layaknya manusia hidpu dipermukaan tanah. Selain itu Ilmu bela diri Boga cukup memadai melawan penjahat super. Kemunculan Perdana Boga ada di Komik serial Tira yang berjudul Raksasa Super yang diterbitkan oleh Penerbit Prasidha tahun 1979.
Posted Image
Garuda Putih adalah Superhero hasil karya dari Maestro komik Indonesia bernama Djoni lukman atau Johnlo. Sangat sedikit informasi mengenai garuda putih kecuali bahwa ia adalah seorang Ilmuwan yang juga Ahli bela diri bernama Dr, Sugio Mulyono yang mengunakan identitas rahasia Garuda Putih untuk membasmi kejahatan. Garuda putih sendiri adalah Tunangan dari Putri Bintang, seorang superhero wanita karya Johnlo yang lain. Musuh bebuyutan Garuda putih antara lain adalah Mr. Setan, Badut El Maut dan Jenidroit.

Posted Image

Herbintang adalah salah satu superhero yang sempat muncul dikomik Gundala dan Godam namun hanya berupa cameo. Herbintang sendiri adalah ciptaan dari komikus Banuarli atau Banu. Muncul pertama kali dikomik herbintang yang berjudul mencari Professor yang hilang. Kekuatan utama Herbintang adalah kemampuannya untuk menembakkan sinar penghancur berwarna merah dari mulutnya, serta kelincahan tubuh yang luar biasa. Musuh utama Herbintang adalah Dewi Laut Selatan. Nama asli dari herbintang adalah seorang pemuda Marno.



Posted Image
Kapten Halilintar adalah salah satu superhero Indonesia karya dari Maestro komik Indonesia, Jan Mintaraga. Nama asli Kapten Halilintar adalah Reggy, ia mendapatkan kekuatan Supernya dari Dewa Petir bangsa Normandia, Odin. Sebagai Kapten Halilintar, Reggy mempunyai kemampuan untuk menembakkan Petir dari kedua tangannya, kemampuan untu terbang serta kekebalan. Musuh bebuyutan Kapten Halilintar adalah Baron yang berunlang kali berurusan dengannya. Kapten halilintar sendiri jarang terlihat bekerja sama dengan superhero lainya, seperti Godam dan Gundala.

Posted Image

Putri Bintang adalah superhero Wanita hasil karya Djoni Lukman atau Johnlo. Dikisahkan bahwa Putri Bintang adalah tunangan dari Superhero Garuda Putih. Mirip dengan Garuda Putih, identitas rahasia dari Putri Bintang adalah seorang wanita bernama Yati Suryanegara. Yati mempunyai kemampuan Bela diri yang luar biasa dan kelincahan tubuh melebihi manusia biasa. Musuh utama Putri bintang-pun sama dengan musuh bebuyutan Garuda Putih.



Sri Asih adalah superhero Wanita hasil karya R.A kosasih yang selama ini banyak membuat komik Wayang dan dianggap sebagai Bapak Komik Indonesia. Sri Asih bahkan merupakan komik superhero pertama di Indonesia karena serial pertamanya diterbitkan ditahun 1953 oleh penerbit Melodie. Identitas asli Sri Asih adalah seorang wanita bernama Nani yang mampu berubah wujud menjadi Sri Asih hanya dengan menyebut nama ‘Sri Asih’. Dengan menjadi Sri Asih, Nani mempunyai kekuatan Super, kemampuan terbang serta kemampuan untuk memperbanyak dirinya. Dengan berbekal kekuatan Sri Asih, nani muali menghancurkan berbagai komplotan penjahat seperti gerombolan kawa-kawa maupun Serigala Hitam.


Selain Sri Asih, Ra Kosasih juga menciptakan seorang superhero wanita lagi bernama Sri Dewi yang komiknya diterbitkan oleh penerbit Maranatha pada sekitar tahun 1973. Namun nama asli Sri Dewi masih tidak diketahui karena kurangnya Informasi mengenai komik ini. Kekuatan Sri Dewi selain kemampuan Terbang dan kekuatan super, juga kekebalan ditambah Ilmu Pukulan halilintar serta kemampuan bertiwikrama atau mengubah ukuran tubuhnya menjadi raksasa. Musuh bebuyutan dari Sri Dewi juga seorang penjahat wanita yang bernama Dewi Sputnik.


Posted Image

Untara adalah salah satu superhero lagi karya dari Banuarli yang menciptakan Bantala. Untara dan Bantala sering berdampingan dalam membasmi kejahatan namun jarang bekerja sama dengan jagoan Indonesia yang lain seperti Gundala dkk. Untara adalah identitas lain dari seorang pelajar bernama Indiria yang mendapat kekuatan Super. Kukuatan utama Untara adalah Ilmu Pukulan Inti Bumi yang sanggup menghancurkan batu karang. Untara muncul pertama kali diserial komiknya yang berjudul ‘Mereka yang tak berdosa’ terbitan dari Maranatha tahun 1976. musuh utama Untara adalah Professor Agus dan seorang penjahat yang bernama Liston mayer.


Virgo adalah Superhero wanita hasil karya Jan Mintaraga setelah ia menciptakan Kapten halilintar. Nama asli Vigo adalah Rini Drajat, yang terinspirasi oleh kepahlawanan Kapten Halilintar, menggunakan gadget-gadget ciptaan ayahnya untuk menjadi seorang Superhero bernama Virgo. Sebagai Virgo, Rini mempunyai kemampuan untuk menghilang, menembakkan api dari jari-jari tangannya selain kelincahan dan kemampuan bela diri yang sudah ia miliki. Kemunculan Virgo pertama kali adalah di Komik kapten Halilintar berjudul Ghorghon yang diterbitkan oleh penerbit sastra Kumala ditahun 1973.

1 komentar: