Google+ Followers

Jumat, 09 Maret 2012

10 Detektif Fiktif Paling Terkenal di Dunia

1. Sherlock Holmes (Inggris)



Sherlock Holmes adalah karakter fiksi dari akhir abad 19 dan awal abad ke-20 yang pertama kali dipublikasikan di tahun 1887. Sherlock Holmes diciptakan oleh Sir Arthur Conan Doyle. Holmes terkenal karena kehebatan analisis serta cerdas dan terampil dalam menyelesaikan kasus-kasus yang misterius.

Holmes mempunyai ciri khas dan cara kerja yang berbeda dari rekan sejawatnya Hercule Poirot ciptaan Agatha Christie. Jika Hercule Poirot ogah menggunakan otot dan lebih memilih menggunakan sel-sel kecil kelabunya, maka Holmes menggunakan otak dan ototnya secara bersamaan. Holmes tersohor berkat kecakapan intelektual, observasi dan penalaran deduktif yang cerdas dari hal-hal sepele, serta ditunjang kemampuan forensik dan beladiri dalam memecahkan berbagai kasus.

Holmes adalah tokoh fiktif yang tinggal di 221 B Baker Street dan berprofesi sebagai detektif. Ia memecahkan berbagai kasus kadang hanya dari tempat duduknya, tanpa perlu beranjank ke TeKaPe. Doyle menulis 4 novel dan 56 cerita pendek tentang Holmes. Kebanyakan cerita dinarasikan oleh Watson, sahabatnya. Holmes dan Watson sering diminta membantu Scotland Yard dalam memecahkan banyak kasus-kasus pelik.

Holmes kadang-kadang menggunakan obat-obatan jenis kokain, terutama ketika kurang fokus untuk memecahkan kasus yang sulit. Holmes juga merupakan pengguna morfin untuk sesekali. Pada film Sherlock Holmes : Case Of Evil (2002) menggambarkan bahwa holmes juga menggunakan morfin, walaupun tidak pernah muncul dalam cerita novel aslinya. Semua obat-obatan yang digunakan Holmes merupakan hal yang legal di Inggris pada akhir abad 19.

2. Hercule Poirot (Belgia)

Hercule Poirot adalah seorang tokoh fiksi yang merupakan tokoh utama yang berprofesi detektif dalam novel-novel karangan Agatha Christie dan muncul dalam lebih dari 30 bukunya. Karakter ini lahir di Belgia, dan pernah bekerja sebagai tentara di sana, tetapi kemudian pindah ke Inggris setelah Perang Dunia I dan memulai karirnya sebagai detektif swasta.

Poirot dikenali dari perawakannya yang kecil, kepalanya yang berbentuk telur, kumisnya yang tegas dan berminyak, kebiasaan dandannya yang necis, obsesinya akan kerapian dan keteraturan, dan ejekannya terhadap metode detektif yang seringkali harus merangkak mencari-cari petunjuk (ini merupakan semacam sindiran terhadap Sherlock Holmes, detektif ciptaan Sir Arthur Conan Doyle). Dia lebih suka menyelidiki aspek psikologis dari sebuah kejahatan, dan sesekali bertaruh dengan sahabatnya, Arthur Hastings, bahwa dia dapat memecahkan sebuah kasus dengan hanya duduk di kursi malas, dan menggunakan "sel-sel kecil kelabu"nya.

Seperti juga detektif-detektif besar di fiksi misteri lainnya, (termasuk Miss Marple, dan Sherlock Holmes), Poirot tidak menikah.

Alamat fiksinya (dari kartu namanya) adalah:

Hercule Poirot
56B Whitehaven Mansions, Sandhurst Square
London W1, Inggris.

3. Miss Marple (Inggris)


Jane Marple adalah seorang wanita tua yang tinggal di desa Inggris kecil St Mary Mead. Dia berpakaian rapi dan sering terlihat merajut atau mencabut rumput liar di kebunnya. Miss Marple kadang-kadang terlihat seperti bingung dan pikun, tetapi ketika datang waktunya untuk memecahkan misteri, ia memiliki logika berpikir yang tajam, dan pemahaman yang hampir tak tertandingi, ia sering membuat malu polisi lokal dengan memecahkan misteri yang telah membuat mereka bingung.

Miss Marple tidak pernah menikah dan tidak mempunyai sanak saudara dekat.

4. Shinichi Kudo/Conan Edogawa (Jepang)


Shinichi adalah seorang detektif terkenal yang masih bersekolah di SMU Teitan kelas 2, dan telah memecahkan kasus-kasus sulit berkali-kali, sehingga dijuluki Penyelamat Kepolisian Jepang. Ayah Shinichi, Yusaku Kudo, bekerja sebagai penulis novel ternama. Salah satu novelnya adalah cerita mengenai kisah penjahat bertopeng dan berjubah hitam yang bernama Night Baron. Ibu Shinichi, Yukiko Kudo, adalah seorang artis terkenal! Namun ia meninggalkan dunia artis setelah menikah dengan Yusaku. Kini, kedua orang tuanya sedang berada di Amerika. Shinichi sangat menyukai novel detektif, salah satunya adalah Sherlock Holmes. Shinichi juga adalah pemain sepak bola yang sangat handal!!

Suatu hari, setelah Shinichi pulang dari Tropical Land bersama teman masa kecilnya, Ran, dia menyaksikan transaksi gelap yang dilakukan oleh pria berjubah hitam. Kemudian pelaku transaksi tersebut mendapati Shinichi dan membuatnya pingsan serta memberi racun yang masih dalam tahap percobaan, yaitu APTX 4869 agar Shinichi tutp mulut dan mati. Namun tanpa mereka ketahui, Shinichi tidak mati, melainkan tubuhnya yang mengecil.

Shinichi pun kebingungan dan meminta Professor Agasa untuk membantunya, namun disaat yang bersamaan, Ran yang mencemaskan Shinichi karena tiba-tiba menghilang datang dan menemukan Shinichi kecil. Ketika ditanya namanya, Shinichi sangat merasa kebingungan dan melihat buku-buku dibelakangnya, dengan penulis Sir Arthur Conan Doyle dan Edogawa Ranpo. Dengan cepat dia membuat nama untuk tubuh kecilnya yang baru, yaitu Conan Edogawa. (Nama yang aneh untuk orang Jepang, karena terdengar seperti orang asing).

Untuk menyembunyikan identitasnya, dia menumpang tinggal di kantor detektif Kogoro Mouri, ayah Ran. Dalam wujud Conan, selain membantu Kogoro, dia mencari informasi tentang kawanan komplotan laki-laki berjubah hitam yang telah mengubahnya menjadi kecil. Shinichi pun akhirnya harus masuk SD Teitan, bekas SDnya untuk mengelabui masyarakat setempat. Dengan bantuan alat canggih dari Profesor Agasa, Shinichi diam-diam membantu Kogoro Mouri yang terlalu bodoh untuk memecahkan kasus yang sulit. Dalam serial Detektif Conan, ada pula Detektif lain yang terkenal, seperti Heiji Hattori, Furuyo Senma, Ikumi Soda, Harufumi Mogi, Shuzuken Ogami, Natsuki Koshimizu, Junya Tokitsu dan Rikuto Katashina.

5. Hajime Kindaichi (Jepang)


Detektif Kindaichi adalah manga dan anime detektif karya Yozaburo Kanari, Fumiya Sato, dan Seimaru Amagi. Manga ini terbit di majalah minggunan Shonen Jump mulai tahun 1984 hingga tahun 2000. Manga yang cukup populer ini pun memiliki versi novel yang lebih ditujukan untuk pembaca dewasa dengan kasus yang lebih berat. Seri pertama manga ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo pada tahun 1999.

Setelah seri Case edisi Jepang tamat pada tahun 2000, tidak ada lagi kisah baru Kindaichi hingga tahun 2004, saat Pembunuhan Legenda Vampir diterbitkan. Para penulisnya mengatakan bahwa seri Kindaichi akan tetap berlanjut, tetapi tidak diterbitkan secara berkala. Hingga April 2007, sudah ada 4 kasus baru dalam seri lanjutan tersebut.

Hajime Kindaichi adalah cucu detektif terkenal Kosuke Kindaichi. Dia adalah seorang siswa SMU yang malas dan sedikit tidak sopan. Hanya segelintir orang yang mengetahui kecerdasaannya yang di atas rata-rata dengan IQ 180 dan bakat alamiahnya dalam memecahkan kasus.

6. James Bond (Inggris)


Komandan Sir James Bond, KCMG, RNVR (lebih terkenal dengan sebutan James Bond, Agen 007 atau JB) merupakan karakter utama dan protagonis dari serial waralaba media James Bond. Karakter ini diciptakan oleh Ian Fleming di tahun 1953, dan sejak itu telah muncul dalam berbagai macam media, diantaranya film, komik, novel, dan sandiwara radio.

Komandan Sir James Bond adalah seorang agen rahasia intelejen Inggris (Secret Intelligence Service, disingkat SIS, atau dikenal juga dengan nama MI6). Ia diciptakan pada Januari 1952 oleh jurnalis Inggris, Ian Fleming ketika ia sedang berlibur di Jamaika. Nama James Bond diambil dari seorang ahli burung asal AS, dan juga seorang pengamat burung dari Karibia, yang uniknya juga bernama sama dengan karakter karya Ian Fleming tersebut.

Orang tua James Bond adalah Andrew Bond, seorang Skotlandia, dan Monique Delacroix yang berasal dari Canton de Vaud, Swiss. Asal dari keduanya disebutkan dalam On Her Majesty's Secret Service. Fleming menambahkan unsur Skotlandia pada James Bond setelah melihat karakter Sean Connery dalam Dr. No. Sementara karakter Swiss ditambahkan karena Ian Fleming masih memiliki darah Swiss. Sebuah rencana, tetapi gagal direalisasikan, sempat Fleming pikirkan yaitu menulis sebuah novel Bond yang menceritakan tentang asal-usul ibunda Bond. Dalam biografi fiksi tentang agen 007, John Pearson memberikan hari lahir Bond yaitu pada 11 November 1920 (Hari Gencatan Senjata). Bagian awal dari film "For Your Eyes Only" memberikan keterangan bahwa istri James Bond lahir pada 1943. Dan ini memberikan asumsi bahwa James Bond jauh lebih muda daripada yang Pearson terangkan. Ada beberapa referensi lain tentang usia James Bond. Dalam You Only Live Twice misalnya, Tanaka menerangkan kepada Bond bahwa ia lahir pada Year of the Rat (1924/25 atau mungkin 1912/13). Dalam novel On Her Majesty's Secret Service, slogan keluarga Bond adalah "Orbis non sufficit" ("The world is not enough" )

Hobi utama dari James Bond adalah bermain kartu, dimana ia termasuk lihai dalam bermain poker dan black jack seperti disebutkan dalam novel Casino Royale. Ia juga gemar merokok dan termasuk orang yang hobi minuman keras. Minuman favoritnya adalah champagne Bollinger keluaran tahun 1950-an, dan vodka Martini dengan istilah khasnya, "dikocok dan bukan diaduk!"

7. Jacques Clouseau (Amerika Serikat)


Inspektur Jacques Clouseau adalah detektif fiktif dalam seri The Pink Panther. Dalam sebagian besar film, karakternya diperankan oleh Peter Sellers, dengan satu film di mana ia dimainkan oleh Alan Arkin. Jacques Clouseau membuat penampilan pertamanya sebagai Inspektur di tahun 1963 film The Pink Panther, yang dirilis di Amerika Serikat pada tahun 1964.

Clouseau adalah detektif kikuk dan tidak kompeten dari Surete Perancis, investigasinya sering ditandai dengan kekacauan dan kehancuran yang disebabkan oleh dririnya sendiri. Kikuk-nya dalam upaya memecahkan kasus sering mengakibatkan kemalangan bagi dirinya dan orang lain. Clouseau juga tidak terlalu cerdas, dan akan sering mengikuti teori yang benar-benar tolol untuk ukuran kejahatan, penyelesaian kasusnya sebagian besar hanya secara kebetulan.

8. Kogoro Akechi (Jepang)


Kogoro Akechi adalah nama tokoh utama dalam novel misteri yang pertama di Jepang yang diciptakan oleh Edogawa Ranpo dalam novel ditektifnya. Cerita ini dibuatnya pada tahun 1925-1955 yaitu pada saat berlangsungnya perang dunia kedua. Karena itulah Edogawa Ranpo sering di sebut novelis perang dunia kedua. Dan nama Kogoro mouri yang muncul dalam Detektif Conan merupakan penggalan nama dari Kogoro Akechi, sebab Aoyama Gosho sangat mengidolakan Edogawa Ranpo. Banyak nama toko serta nama ranpo sendiri yang di tampilkan dikomiknya. Setelah novel ini sukses di pasaran, Rampo Edogawa menjadi ketua Perkumpulan novelis Misteri di Jepang

9. Ace Ventura (Amerika Serikat)



Ace adalah anak dari Rex Ventura dan merupakan keturunan langsung tokoh-tokoh sejarah terkenal termasuk Ventura Charles Darwin, Ventura Ernest Shackleton, dan Jacques Costeau Ventura. Ia menghabiskan waktunya untuk bekerja sebagai seorang penyelidik pada kasus-kasus yang melibatkan hewan, kasus-kasus yang membawanya ke seluruh Amerika Serikat, serta dunia. Pada suatu waktu, dia memiliki seorang putra, bernama Ace Jr, hasil buah cintanya dengan istrinya Melissa, Melissa merupakan seorang penjaga kebun binatang.

10. V.I Warshawski (Amerika Serikat)




Victoria Iphigenia Warshawski adalah karakter fiksi dalam novel karangan Sara Paretsky. Ia adalah putri Gabriella Sestrieri, seorang kelahiran Italia dan Tony Warshawski. Kedua orangtuanya sudah meninggal karena kanker, dua tahun sebelum Vic (panggilan akrab VI Warshawski) kuliah. Ia mendapat Sarjana Hukum di Universitas Chicago. Ia membuka Kantor Detektif Swasta dan bekerja khusus untuk kejahatan komersial dan keuangan. Ia menikah dengan seorang pengacara walau akhirnya cerai tanpa anak. Tubuhnya yang ramping dan lincah, membuatnya bisa melarikan diri dengan mudah. Ia ahli memakai pistol. Di kebanyakan serialnya, ia banyak melibatkan diri kepada kasus pembunuhan. Ia cenderung jorok dan lebih suka berpakaian santai. I(a menyukai musik opera klasik dan lahap makan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar