Selasa, 20 Maret 2012

10 Mobil dengan design terburuk sepanjang masa.

 
Berdasarkan suatu survey ini adalah daftar mobil dengan design terburuk sepanjang masa. Hampir seluruhnya merupakan buatan Amerika. Namun demikian bukan berarti semuanya gagal dalam penjualan, bahkan beberapa dianggap cukup berhasil.
 
 
1. AMC Pacer
Antara 1975 s/d 1980 dibuat oleh American Motors Corporation sebagai mobil compact. “Main Selling point” dari AMC Pacer adalah bentuk lebarnya yang ekstrem. Mobil-mobil compact tidak populer di awal 70-an, sehingga AMC membuat Pacer selebar Cadillac pada era yang sama.

Diperkenalkan pada tahun 1975, Pacer cukup sukses pada awalnya, namun penjualan menurun dengan cepat dan model itu dihapus setelah hanya lima tahun. Total terjual 268.000 unit. Di antara fitur-fitur yang lebih aneh lagi adalah pintu samping penumpang empat inci lebih panjang dari pintu samping pengemudi. Idenya adalah untuk memungkinkan akses yang lebih mudah ke kursi belakang. Hampir 40 persen dari total luas permukaan mobil terbuat dari kaca, menimbulkan lelucon "akuarium di atas roda" .
Saat ini, AMC Pacer dianggap sebagai ikon koleksi 70-an.
 
2. Yugo
Yugo sering dikutip sebagai contoh bagaimana untuk tidak masuk ke pasar Amerika. Pelajaran nomor satu: Ada batas dimana orang Amerika akan akan membeli barang dengan harga yang rendah dengan mengorbankan kwalitas.

Diperkenalkan kepada pembeli AS pada tahun 1985 dengan harga $ 3.990 buatan Yugoslavia ini awalnya terkesan seperti barang murah meriah. Saat itu, memang mobil ini tidak ada saingan dalam soal harga murah. Tapi dalam waktu cepat Yugo mendapat reputasi sebagai mobil dengan kualitas mengerikan . Merupakan satu-satunya mobil buatan luar Amerika dalam daftar ini.

3. Ford Pinto
Antara 1970 s/d 1980. Dibuat oleh Ford untuk melawan VW Beetle yang masuk ke pasar Amerika. Mempunyai reputasi sebagai mobil yang meledak tangki bensinnya bila ditabrak dari belakang. Kasus tuntutan ke pengadilan atas korban mati dalam mobil akhirnya dimenangkan oleh Ford. Tes kecelakaan mengindikasikan bahwa masalah tangki adalah masalah yang benar ada.
Total penjualan mencapai 3.200.000 unit dari berbagai varian.
 
4. Pontiac Aztek
Antara 2001 s/d 2005 dibangun oleh General Motors sebagai midsize crossover pertama dari GM. Majalah Time menyebutnya sebagai salah satu mobil terburuk sepanjang masa.
Dalam jangka lima tahun produksi, hanya 115.000 yang dibuat.

5. Chevrolet Vega
Antara 1971-1977 dibangun oleh Chevrolet, divisi dari GM sebagai subcompact.
Mobil ini menimbulkan hubungan buruk antara Divisi Produksi dan Divisi Marketing, yang ditugaskan untuk menjual. Meskipun banyak isu, ternyata Vega cukup popular dan terjual hampir 2 juta unit. Produksi dihentikan setelah pada tahun terakhirnya hanya terjual 78.000 unit dibanding tahun kejayaannya 450.000 unit pada tahun 1974.
 
6. AMC Gremlin
Antara 1970 s/d 1978 dibangun oleh American Motors Corporations sebagai subcompact.
Diperkenalkan pada tanggal 1 April 1970, yang menjadi bahan lelucon karenanya (April’s Fool). Dibuat untuk melawan mobil impor subcompact dari Jepang. Meskipun bentuknya aneh, Gremlin berhasil menjual 675.000 unit, suatu angka yang cukup sukses untuk AMC.
 
7. Corvair
Antara 1960 s/d 1969 dibangun oleh Chevrolet, Divisi GM. Bermesin belakang, yang dirancang untuk bersaing dengan sport model Eropa kemudian Corvair mendapatkan popularitas, mendapatkan tempat khusus dalam sejarah otomotif. Menjadi subjek dalam buku Ralph Nader bejudul "Tidak aman pada kecepatan berapapun” . Total produksi mencapai 1.835.000 unit, dan pada tahun terakhirnya hanya 6000 unit.

8. AMC Matador
Antara 1971 s/d 1978 dibangun oleh AMC sebagai mobil ukuran menengah.
Apakah Matador benar-benar salah satu dari 10 kendaraan penumpang terburuk sepanjang masa? Salah satu survey oleh Asuransi Hagerty menyatakan begitu.

The Matador coupe sebenarnya mendapat predikat "Best Styled Mobil" pada tahun 1974 oleh para editor Car & Driver. The Matador bahkan sempat menjadi bintang MTV. Dalam versi panjang Michael Jackson's "Black and White" music video, Michael keluar dari Matador dengan menghancurkan kaca nya. AMC merupakan contoh kegagalan suatu bisnis, akhirnya dibeli oleh Chrysler pada 1987 dan hanya merek Jeep yang selamat sampai hari ini.
 
9. Ford Edsel
Antara 1956 s/d 1960 dibangun oleh Ford. Merupakan nama dari Edsel, anak pendiri Ford.
Bentuk design yang aneh, dimana depan vertikal dan belakang horizontal. Total penjualan hanya 84.000 unit, setengah dari proyeksi Break-Even Point. Ford merugi USD.350,000,000 atau dengan nilai sekarang USD.1.5 Milyard. Kegagalan Edsel merupakan kombinasi dari bermacam hal: design, produksi, dukungan dealer dll. Merupakan contoh kegagalan perusahaan dalam membaca dan mengerti kemauan pasar konsumen Amerika.
 
10. Chevrolet Chevette
Antara 1975 s/d 1987 oleh Chevrolet, GM sebagai subcompact untuk bersaing dengan mobil impor kecil dan murah. Termasuk sukses dengan penjualannya dan pada kenyataannya, Chevette adalah mobil kecil terlaris di Amerika untuk model tahun 1979 dan 1980 tahun. Total 2,7 juta terjual selama masa nya.

Namun saat ini lebih diiingat sebagai mobil dengan beragam masalah mekanis, dibangun dengan buruk dan underpowered. Merupakan kenyataan bahwa produsen mobil Amerika mengalami kesulitan dalam me respon terhadap masuknya mobil kecil dan murah dari Jepang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar