Google+ Followers

Rabu, 02 Januari 2013

10 Studi Keilmuan yang Unik

Seperti yang telah diketahui bahwa kata logi berasal dari bahasa Yunai ‘Logos’ yang artinya adalah ilmu.  Misalnya biologi, psikologi, theology dan banyak lagi, namun ada beberapa ilmu yang tidak banyak diketahui oleh umum, sehingga terkadang membuat takjub jika sesuatu yang kecil, sederhana ternyata memiliki pengkajian yang lengkap dan jelimet.  Berikut 10 studi keilmuan yang unik:

1. Gerontologi
(Sumber:wordpress.com,uniknya.com) 
Sudah pernah mendengar kata ini? Jika belum, gerontologi adalah ilmu yang mempelajari usia tua, proses penuaan dan beberapa masalah yang dihadapi oleh para orang yang umurnya beranjak tua dan sudah tua. Berdasarkan keterangan dari Gerontologi Society of America, tujuan utama dari ilmu ini adalah mempelajari efek penuaan.

2. Kremlinologi
(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)
Mendengar kata Kremlin saja mungkin Sobat unik sudah tahu, Kremlin adalah sebuah komplek kota Moskow, Rusia. Kremlinologi adalah ilmu yang mempelajari dan menganalisis kebijakan-kebijakan politik di Uni Soviet dan Rusia.
Kremlinologi ini kali pertama muncul ketika terjadi Perang Dingin antara Blok Barat dan Timur, menjadi studi dan analisis Kremlin menjadi penting karena dengan cara itulah orang-orang di Barat dapat mengetahui informasi tentang Soviet Rusia.

3. Campanologi
(Sumber:wordpress.com,uniknya.com) 
Studi keilmuan yang satu ini sangat unik dan mungkin dianggap sepele, padahal di suatu waktu studi ini sangat penting bagi keberadaan salah satu agama besar di dunia. Campanologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari  tentang bel, mungkin terlihat sederhana padahal bel yang dimaksud adalah bel besar yang biasa dipasang di gereja ataupun di menara. Tidak terbayang besarnya bukan?  Dengan Campanologi maka pembuatan sebuah bel besar akan lebih baik dari perhitungan ukuran hingga bunyi yang dihasilkan.
Sobat Unik mungkin ada yang tahu karakter si Bungkuk dari Noterdam ciptaan Victor Hugo. Si bungkuk itu dikenal sebagai seseorang yang terobsesi dengan sebuah bel.  Mungkin dari situlah tercipta ilmu mempelajari pembuatan sebuah bel besar.

4. Vexillologi
(Sumber:wordpress.com,uniknya.com) 
Ilmu yang satu ini lebih unik lagi yakni, vexilologi sebuah ilmu yang mempelajari tentang bendera terutama yang pernah ada di masa lalu. Melalui Vexilologi maka para sejarawan, arkeolog, teolog dan sebagainya dapat mengetahui dari mana sebuah bendera berasal.

5. Dendrochronologi
(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)
Dan terakhir dalam daftar serba 5 studi keilmuan yang unik adalah dendrochronologi, sebuah ilmu yang mempelajari teknik penanggalan di suatu peristiwa, perubahan lingkungan, dan artefak bersejarah. Dendrochronologi mengurai waktu dan massa misalnya melalui karakteristika pola-pola dari cincin pertumbuhan yang sebuah pohon ataupun batang kayu. Jadi seorang arkeolog ataupun ahli biologi akan mengetahui usia sebuah pohon  dari lingkaran-lingkaran yang teradapat di dalam batang pohon tersebut.

6. Eschatologi
(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)
Sobat tahu ‘gak ilmu yang menyeramkan selain forensik? –berhubungan dengan pengidentifikasian mayat, dan sebagainya, jawabannya adalah eschatologi. Sebuah ilmu yang merupakan bagian dari teologi (ilmu tentang agama) yang lebih menitik beratkan pada sebuah kematian, mulai dari gejala, proses hingga roh itu terpisah dari tubuh seorang manusia.Ada pula yang mengatakan bahwa eschatologi merupakan bidang teologi yang berusaha mecari tahu keberadaan manusia setelah mengalami kematian. Eschatologi juga mempelajari tentang hari penghakiman manusia.

7. Naratologi
(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)
Ilmu yang satu ini cukup erat kaitannya dengan dunia sastra. Naratologi adalah ilmu yang mempelajari secara kritis hal-hal yang berhubungan dengan struktur dan fungsi naratif yang terdapat di dalam sebuah karangan,  perjanjian dan simbol. Naratologi akan mempelajari dan mencari tahu bagaimana sebuah cerita atau kisah dikatakan buruk, yang dilihat dari struktur kalimat dan alur ceritanya. Bukan itu saja metafora-metafora yang digunakan pun tidak luput dari perhatian dan pengkajiannya, kenapa ada sebuah pengulangan dan sebagainya.

8. Pomologi
(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)
Wah ilmu yang satu ini berhubungan dengan tanaman, yakni pomologi sebuah ilmu yang mempelajari pertumbuhan, perkembangan buah-buahan. Untuk kali pertama siswa yang mendalami pomologi akan diajarkan bagaimana cara menanam buah, hingga pda akhirnya mereka akan diajarkan bagaimana membedakan buah yang matang, setengah matang, terlalu matang hingga busuk—itu sih sobat unik tahu yah? Uniknya mereka akan mengetahui tingkat pertumbuhan buah tersebut melalu aroma yang tercium, dengan kata lain mereka akan diajarkan untuk menajamkan indera penciuman mereka.

9. Thanatologi
(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)
Wah Sobat Unik ilmu yang satu ini juga tidak kalah menyeramkan dari eschatologi, hanya saja perbedaanya terletak pada nilai kemanusian bukan pada keyakinan sebuah agama. Thanatologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kematian dan praktik-praktik yang berhubungan dengan kematian. Salah satunya termasuk penelitian tentang diputuskannya sebuah kematian atas dasar penyakit ataupun sesuai keinginan pihak keluarga si sakit.

10. Oologi
(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)
Nah yang terakhir ini mungkin akan membuat sobat unik tersenyum jika mendengarnya, Oologi sebuah ilmu yang mempelajari tentang telur-telur burung.Studi yang satu ini merupakan cabang dari ornithologi hanya saja lebih dikhususkan pada telur-telur, termasuk sarang burungnya. Oologi pun mempelajari pola-pola perkawinan burung untuk mengetahui kondisi telur yang dihasilkannya. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar