Google+ Followers

Jumat, 25 Januari 2013

10 Mahluk Mitos yang Aneh

Banyak legenda dan mitos yang menyebutkan berbagai macam kehadiran mahluk-mahluk aneh dan menyeramkan. Mahluk-mahluk tersebut pun menjadi abadi melalui tuturan lisan dan tulisan di berbagai belahan dunia, bahkan mitos dijadikan komoditas dan sumber inspirasi bagi para penulis fiksi misteri, fiksi – ilmu pengetahuan, baik untuk novel maupun film. Untuk itu berikut 10 mahluk mitos yang aneh:

1. Vampire Cat (Kucing Vampir)
(sumber : blogspot.com)
Mahluk mitos ini berasal dari masyarakat Ainu yang ada di Jepang, dikabarkan kucing vampir ini akan muncul jika manusia membunuh kucing secara sengaja dan kejam. Dengan kata lain, arwah kucing tersebut bergentayangan untuk membalaskan kematiannya. Kucing vampir itu muncul ditandai dengan suara khas, mengeong dan suara langkah kucing. Namun masyarakat Ainu percaya dengan memakan bagian tubuh kucing yang baru meninggal akan mengusir kehadiran arwah kucing tersebut.

2. Clurichaun
ClurichaunClurichaun dipercaya masyarakat Irlandia sebagai kerabat dari leprechaun, yang membedakannya hanya perangai dan kesukaannya. Dikabarkan Clurichaun senang sekali berada di tempat yang banyak terdapat wine –minuman anggur, mereka akan menjaga tempat tersebut dari tangan-tangan jahil yang mencoba mengambil wine seenaknya. Namun sikapnya tersebut tidak memandang sang pemilik gudang atau bukan, jika tidak senang Clurichaun akan mencelakai orang tersebut.

3. Lausks

Lausk adalah mahluk mitos yang berasal dari legenda rakyat Latvia, ia adalah arwah yang muncul saat musim dingin tiba. Dikabarkan  sosok lausk ini tampil dengan pakaian hangat khas musim dingin, yakni mantel bulu binatang dengan menggenggam kapak kristal ataupun perak di tangannya.
Lausk selalu menghabiskan waktunya dengan dua cara,  pertama ia akan mengunjungi rumah seseorang untuk mencari tahu kondisi sebuah keluarga.  Ia memasuki rumah dengan cara mengayunkan kapaknya ke tembok, atap dan sudut sebuah kamar. Kedua setelah berada di dalam rumah, ia akan mencubit pipi, telinga dan hidung ketika penghuni rumah dianggap nakal.

4. Karakasa-Obake
Living umbrellaMasyarakat Jepang percaya bahwa sebuah benda memiliki jiwa ataupun nyawa, yang mereka sebut dengan Tsukumogami. Salah satu Tsukumogami yang popular adalah payung kertas. Payung kertas tersebut dikabarkan tangan yang menyerupai cakar, meskipun bentuknya menyerupai pegangan payung.  Ia memiliki wajah seram, bermata satu di atas mulutnya yang panjang. Lidahnya menjulur dengan satu kaki dan bakiak khas Jepang.

5. Cockatrice

Mahluk seram yang satu ini sering kali mejadi kesukaan para penulis novel dan film fiksi misteri, sehingga tak heran jika kehadirannya mudah diingat oleh para penggemar film misteri. Coacktrice adalah sosok mahluk menyerupai ayam yang berpakaian militer khas tentara Basilika, namun ia pun memiliki unsur tubuh yang menyerupai naga –sayap, tubuh dan bulu.
Kemampuannya pun luar biasa, ia dapat meubah manusia menjadi batu, ataupun membunuh tanpa harus menyentuh tubuh korbannya. Namun ada mahluk yang kebal akan kemampuan coacktrice, yakni musang. Dan salah satu kelemahan coacktrice yang terbesar adalah jika ia mendengar suara ayam jantan berkokok ataupun melihat bayangan tubuhnya sendiri.

6. Padfoot
Padfoot
Sosok mahluk mitos ini berasal dari daratan Inggris, namanya padfoot. Sosok mahluk ini berupa anjing hitam yang besar namun dapat meubah diri ke berbagai bentuk. Ia mampu hadir tanpa terlihat oleh orang-orang yang berada di sekitarnya, namun jika ada orang yang berhasil melihat (sengaja atau tidak) maka ajal akan segera menyapa orang tersebut.
Padfoot seringkali terlihat dengan penampilan menyerupai kambing dengan mata yang menyala, ataupun keledai raksasa berwarna hitam. Namun apapun bentuknya, kehadiran padfoot dikatakan adalah bencana bagi yang melihatnya.

7. Leshi
LeshiDi dalam mitologi masyarakat Slavia, Leshi adalah sosok arwah pelindung hutan. Leshi seringkali terlihat dalam bentuk menyerupai sosok petani dengan tubuhnya yang besar, dan untuk membedakan dengan manusia cukup mudah hanya perlu melihat ke bagian kakinya. Jika ia memakai sepatu terbalik, maka dapat dipastikan ia adalah padfoot. Ia bisa meubah tubuhnya menjadi alang-alang, pohon tinggi dan menjadi sosok binatang ataupun manusia.
Dikabarkan bahwa Leshi gemar menculik manusia dan binatang, ia akan membawa korbannya ke gua dan membunuhnya. Nah uniknya, masyarakat Inggris dahulu memiliki cara aneh untuk menghindari kejahatan  Leshi. Mereka hanya harus menggunakan pakaian terbalik, demikian juga dengan sepatu –sepatu kanan di kaki kiri dan sebaliknya.

8. Baba Yaga
Baba YagaMungkin kisah mahluk Baba Yaga ini menginspirasi cerita legendaris Hansel dan Gretel, sosok mahluk mitologi berupa perempuan ini berasal dari legenda masyarakat Slavia. Mahluk mitologi ini hidup dan tinggal di dalam rumah kayu yang ada di hutan lebat. Masyarakat Slavia menyebutkan bahwa Baba Yaga adalah sosok yang jahat sekali, semua nasihat dan perilakunya sangat buruk. Yang unik dari Baba Yaga ini menyerupai nenek sihir di film-film, ia menggunakan sapu kayu sebagai alat transportasi udara. Dikatakan juga ia tinggal di rumah yang tidak memiliki jendela ataupun pintu.

9. Akaname
AkanameAkaname merupakan mahluk legenda yang berasal dari cerita rakyat di Jepang. Mahluk aneh iniberpenampilan seperti manusia, hanya saja tubuhnya berwarna merah, bentuk tubuhnya menyerupai katak dan berlidah panjang. Akaname sendiri memiliki  diartikan sebagai penjilat benda-benda kotor.
Hobinya adalah mengendap-ngendap masuk ke kamar mandi dan membersihkan ruangan tersebut –apapun yang ada di ruangan tersebut.  menurutk legenda, ia sangat membenci orang yang jorok, dan memiliki rumah yang kotor. Maka untuk menghindarinya, masyarakat Jepang selalu membersihkan kamar mandi dan rumahnya secara ruting.

10. Bonnacon
BonnaconMahluk ini merupakan versi terburuk dari sosok naga, ia memiliki tanduk tajam panjang yang melengkung, bahkan ada yang menyebutnya berasan dari kerbau, banteng ataupun bison. Ia memiliki cara yang unik untuk mempertahankan dirinya, yakni dengan menggunakan kotorannya. Jorok sekali naga yang satu ini ya, dikatakan bahwa kotorannya tersebut mengandung  asam dan dapat dilemparkan sejauh 600 meter untuk mengusir para pemangsa dan pengganggunya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar