Google+ Followers

Selasa, 03 Juli 2012

Mahluk Dalam Mitologi Slavia



Domovoi

Domovoi (bahasa Rusia: домово́й) adalah roh yang menguni rumah dalam cerita rakyat Slavia Domovoi adalah makhluk jantan, berukuran kecil, kadang-kadang tubuhnya ditutupi rambut. Menurut beberapa tradisi, domovoi mengambil wujud pemilik rumah saat itu ataupun pemilik rumah sebelumnya, kadang-kadang dengan ekor atau tanduk kecil. Ada banyak kisah ketika tetangga melihat pemilik rumah di halaman padahal sebenarnya sang pemilik rumah sedang tidur di kamarnya. Domovoi juga bisa berubah menjadi kucing atau anjing.


Jure Grando

Jure Grando atau Giure Grando (? - 1656) adalah vampir klasik pertama yang pernah terdokumentasikan. Di tempat asalnya, Istria, dia disebut sebagai štrigon.
Jure Grando adalah seorang petani yang tinggal di Kringa, sebuah desa kecil di semenanjung Istria dekat Tinjan. Dia meinggal pada 1656, tetapi menurut legenda, dia muncul kembali sebagai vampir (štrigon) dan menghantui desanya sampai kepalanya dipenggal pada tahun 1672.Menurut legenda, selama 16 tahun setelah kematiannya, Jure bangkit pada malam heri dan meneror penduduk desa. Pendeta desa, Giorgio, yang mengubur Jure enam belas tahun sebelumnya menyatakan bahwa pada malam hari seseorang mengetuk pintu rumah di desa, dan salah seorang penghuni yang pintu rumahnya diketuk akan meninggal beberapa hari kemudian


Kikimora

Kikimora (bahasa Rusia: кики́мора) adalah makhluk perempuan dalam mitologi Slavia. Kikimora termasuk dalam makhluk penghun rumah dan kadang-kadang dikatakan menikah dengan Domovoi. Kikimora biasanya tinggal di balik kompor atau di gudang bawah tanah.
Jika para pekerja yang membangun rumah merasa tidak senang pada pemlik rumah maka mereka bisa mengundang Kikimora untuk menghantui rumah itu dengan cara menaruh sebuah boneka mirip Kikimora di balok utama atau di bawah sudut depan rumah. Sekali menghuni suatu rumah, Kikimora sulit untuk disingkirkan.
Jika rumah dirawat dengan baik, maka Kikimora akan ikut menjaga ayam-ayam. Namun jika tidak, Kikimora akan memcahkan piring dan membuat keributan di malam hari. Kikimora juga keluar di malam hari untuk menenun. Barang siapa yang melihat Kikimora sedang menenun maka dia akan segera mati. Untuk menentramkan Kikimora, seseorang harus mencuci semua panci dan wajan dengan teh pakis. Batu ular atau ranting junifer digantung di atas kadang ayam untuk melindungi ayam dari Kikimora.


Peri (Mitologi Slavia)

Dalam mitologi Slavia, peri adalah makhluk perempuan yang diasosiasikan dengan suatu unsur alam. Peri Slavia muncul dalam berbagai bentuk dan namanya juga bermacam-macam tergantung bahasa. Peri Slavia di antaranya adalah khovanets (atau domovoi), dolia (takdir), polyovyk atau polevoi (roh padang), perelesnyk (roh rayuan), lesovyk atau leshyi (roh hutan), blud (peneglana), mara (hantu, roh kebingungan), chuhaister (raksasa hutan), mavka atau niavka (peri hutan), potoplenytsia (gadis tenggelam, istri vodianyk), vodianyk atau vodyanoy (roh air, atau potoplenyk), bolotianyk (roh rawa), bisytsia (perempuan setan), potercha (roh anak yang tak terbaptis), nichnytsia (roh malam), mamuna (setan perempuan), nechysta syla (seluruh setan), scheznyk (penghilang), didko, antypko, antsybolot, aridnyk (roh janat), dll. Roh dan peri tersebut kebanyakan ada dalam mitologi Ukraina yang berkembang dari cerita rakyat Slavia.

Rusalka

Dalam mitologi Slavia, rusalka adalah makhluk perempuan yang hidup di air.
Menurut sebagian besar tradisi, rusalka merupakan perempuan ikan, yang tinggal di dasar sungai. Rusalka berasal dari para perempuan yang meninggal di sungai. Pada tengah malam para rusalka muncul dari dalam sungai lalu menari dan menyanyi untuk memikat para pria yang lewat. Pria yang terpikat oleh rusalka akan berjalan ke sungai dan tenggelam. Ada juga rusalka yang memikat pria dengan menyanyi sambil menyisir rambutnya di atas pohon.
Meskipun dalam beberapa cerita, mata mereka berwarna hijau terang, sebagian bsar versi menggamberkan mereka berwajah pucat dan berkulit tembus pandang, juga tanpa pupil. Rambutnya kadang-kadang dikatakan berwarna hijau atau emas dan selalu basah. Rusalka tidak bisa tinggal lama di atas permukaan, tapi sisir mereka bisa mengeluarkan air untuk membasahi rambut mereka, jika rambutnya kering maka rusalka akan mati.


Vila
Vila (atau Wila, Wili, Veela) adalah makhluk perempuan dalam mitologi Slavia. Vila berwujud seperti peri atau nimfa. Vila memiliki kekuatan untuk mengendalikan badai, yang sering mereka manfaatkan untuk menyerang para pengelana. Vila tinggal di padang, kolam, samudra, pohon, dan awan. Mereka disebut Wiła (diucapkan [ˈviwa]) dalam mitologi Polandia.
Vila dipercaya sebagai arwah dari para perempuan yang bertindak sembrono semasa hidupnya sehingga terjebak antara dunia kehidupan dan kematian. Vila bisa berubah menjadi angsa, kuda, dan serigala, namun biasanya mereka berwujud sebagai perempuan cantik telanjang atau berpakaian putih dengan rambut panjang. Jika satu helai saja rambut Vila tercabut, maka Vila tersebut akan mati atau kembali ke bentuk asalnya. Manusia bisa mengontrol Vila dengan mencuri bulu dari sayap Vila. Namun bila sang Vila berhasil mendapatkan bulunya kembali maka Vila tersebut akan langsung menghilang.


Vodyanoy

Vodyanoy (bahasa Rusia: водяно́й, "berair") atau vodyanoi adalah makhluk air dalam mitologi Slavia. Vodyanoy muncul dalam wujud pria tua telanjang dengan jenggot kehijauan dan rambut panjang, dan tubuhnya ditutupi sisik hitam serta alga. Vodyanoy memiliki jari berselaput, ekor ikan, dan mata merah membara. Dia biasanya berenang di sepanjang sungai, kadang-kadang dengan berada di atas kayu yang mengapung. Vodyanoy dipercaya sebagai penyebab orang tenggelam.
Jika sedang marah, Vodyanoy menghancurkan bendungan, mengguyur penggilingan, dan mengenggelamkan orang atau hewan. Vodyanoy menarik orang ke kediaamnnya di dasar sungai untuk dijadikan budaknya. Supaya tidak diganggu oleh Vodyanoy, nelayan dan pekerja penggilingan memberikan persembahan untuknya.

1 komentar: