Jumat, 06 Juli 2012

8 Monster yang Terdapat Dalam Naskah Kaikidan Ekotoba

Kaikidan Ekotoba adalah naskah tua yang berasal dari daratan Negeri Sakura, sebuah naskah tulisan tangan, yang masih misterius. Kaikidan Ekotoba, berisikan catatan dan gambaran mengenai 33 monster dan sosok manusia yang bertubuh aneh, terutama yang berasal dari wilayah Kyushu (beberapa lagi dari daerah lainnya). Kartunis ataupun ilustrator yang melukiskan sosok sosok yang terdapat dalam Kaikidan Ekotoba tidak dikenal dan diketahui. Beberapa memercayai bahwa naskah ini berasal dari abad ke 19 . naskah ini sekarang berada di Museum Kota Fukuoka. Berikut rangkuman 8 monster dan manusia aneh dari naskah Kaikidan Ekotoba:


1. Monster Putih dan Monster Anjing Berkepala-Burung

Mahluk bertubuh gelap di atas, adalah seekor anjing yang memiliki kepala dan wajah seekor burung, ia dilahirkan di Fukuoka awal 1740'an. Sementara di sampingnya adalah monster putih tanpa memiliki bentuk tubuh yang jelas, ia pun dikatakan mendiami wilayah Fukuoka. Monster putih tersebut dikabarkan memiliki ukuran tubuh setinggi 180 cm. Orang-orang Jepang saat itu meyakini bahwa mahluk ini merupakan seekor anjing yang telah berubah wujud.


2. Si Tukang Bersin Dari China

Mahluk yang terdapat di dalam ilustrasi di atas merupakan sosok  lelaki China setengah telanjang, terlihat kedinginan. Berdasarkan keterengan ilustrasi ini berasal dari China, yang jatuh ke tangan kolonial Barat.


3. Lelaki Dengan Buah Zakar Besar

Zaman dahulu kala, terdapat seorang lelaki yang memiliki buah zakar besar. Ia kemudian dikabarkan menafkahi hidupnya dengan cara mempertontonkan bagian tubuh genitalnya itu di Pegunungan Satta, di jalanan Okaido tua dekat kota Shizuoka. Buah zakarnya itu pun dikabarkan berukuran setengahmeter.


4. Perempuan L iar

"Perempuan Liar," sosok yang terlihat di atas merupakan perpaduan antara manusia dengan binatang air. Ia memiliki kulit yang bersisik, tangan dan kaki berselaput dengan tiga jari, berambut hitam dan memiliki mulut besar berwarna merah. Masyarakat saat itu mengklaim bahwa mahluk ini terlihat sekitar tahun 1750'an di Pegunungan Asakura wilayah administrasi Fukuoka.


5. Perempuan Lembu

 "Perempuan lembu," seperti yang terlihat di atas, merupakan bagian dari daya tarik yang terdapat di kuil Dazaifu Tenmangu (wilayah administrasi Fukuoka) di pertengahan abad ke 18. Sosok perempuan yang tidak memiliki lengan ini menghibur orang-orang di sekitarnya dengan kakinya untuk memainkan sebuah senar yang tersambung di lubang sebuah koin.


6. Pendeta dan Ular di Kakinya
 
Ilustrasi di atas memperlihatk seorang pendeta di zaman pertengah yang sedang melakukan sebuah perjalanan dari Nagano, dengan tujuan memandikan (menyucikan) tubuhnya di kolam air panas, tanpa membuka kain yang membalut kakinya. Jika ada seseorang yang bertanya kenapa ia mandi tanpa melepas semua pakaian dan kain yang menutupi tubuhnya, maka ia akan memperlihatkan lubang-lubang yang terdapat di kakinya yang di dalamnya terdapat ular. Pendeta tersebut terlahir dengan ular di kakinya sebagai hukuman atas kesalahan yang dilakukannya di masa lalu.


7. Aneh dari Teluk Kanezaki
 
Kebanyakan naskah yang ditulis di periode Edo memperlihatkan sebuah ilustrasi mahluk-mahluk yang tidak dikenal –binatang-binatang yang sebenarnya tidakhidup dan terdapat di wilayah-wilayah Jepang, ataupun mahluk imajinatif lainnya (putri duyung dan kappa). Ilustrasi di atas memperlihatkan anjing laut dengan panjang 3 meteryang tertangkap abad ke 19 di teluk Kanezaki.


8. Perempuan Ular

Gambar perempuan ular di atas diceritakan terlihat enam orang penduduk di Gunung Mikasa, di wiliayah administrasi Nara. Kelima saksi mata kemudian meninggal saat itu juga, namun orang yang keenam dikabarkan berhasil lolos. Ia pun menceritakan kejadian akan penampakan mahluk aneh tersebut, namun kemudian ia meninggal tiga hari kemudian. Sesosok mahluk bertubuh ular berkepala manusia ini menyerupai Nure-Onna, hanya saja yang ini lebih cantik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar