Google+ Followers

Kamis, 17 April 2014

8 Makanan Tradisional Paskah Di seluruh Dunia

Dalam artikel yang dimuat di Womansday.com, Brynn Mannino membeberkan apa saja yang warga Spanyol, Yunani dan negara lain sajikan untuk menghormati liburan Paskah.
Di Amerika, ham menjadi makanan utama tradisional paskah. Namun, bagi umat Kristiani di luar Amerika, mereka merayakan liburan dengan kelezatan makanan yang mungkin tidak terlalu dikenal seperi cheesecake berbentuk piramid, ikan haring, atau roti sobek. Dibuat sebagai simbol atau terbiasa mengikut tradisi, kulinari ini membuat Paskah menjadi liburan yang ramai dengan makanan dimana-mana.

1. Roti Sobek
http://www.womansday.com/cm/womansday/images/Dg/01-Hot-Cross-Buns.jpg
Secara tradisi kue ini dimakan di Inggris pada saat Paskah. Roti ini berisikan kismis dan dibagian atas dilumuri gula beku. Banyak yang mempercayai jika tradisi ini dimulai oleh orang Anglo-Saxon yang membagi roti untuk menghormati empat bagian dari bulan. Kini, tanda silang digunakan sebagai simbol proses penyaliban Yesus. Foto: Shutterstock

2. Paskha

“Paskha” yang berarti “Paskah” dalam bahasa Rusia merupakan nama kue penutup yang biasa dibuat setiap paskah. Dibuat menggunakan krim keju dan keju cottage, kue ini dulunya dilarang semasa Lent (periode enam minggu sebelum Paskah) di Rusia. Adonan kue dicampur dengan buah kering, dibentuk dalam bentuk piramid dan dicap dengan huruf XB yang berarti Tuhan Yesus telah bangkit dalam tulisan Cyrillic. Foto: Thinkstock

3. Paskelbrygg

Pabrik bir di Norwegia mulai membuat campuran khusus dari bir-bir lokal terbaik di tahun 1934 tetapi kemudian banyak menemui tentangan dari grup Kristiani. Setelah Perang Dunia II, tradisi ini mulai populer lagi dan menjadi minuman langganan di setiap liburan. Foto: Shutterstock

4. Telur merah atau hijau
http://www.womansday.com/cm/womansday/images/0z/04-Red-and-Green-Easter-Eggs.jpg
Di luar Amerika Serikat, kebiasaan paskah atau mengecat telur (sebagai simbol dari kelahiran baru dan juga kebangkitan) tidak sekedar menjadi kerajinan. Di Yunani, telur dicat merah untuk mewakili darah Tuhan Yesus; di Jerman, telur dicat hijau dan ditukar pada Kamis Agung, ketika semua makanan berwarna hijau dikonsumsi.

5. Paçoca de Amendoim

Biasa lebih dikenal dengan “Paçoca,” jangan sampai tertukar dengan masakan daging asin bernama sama, makanan ciri khas Brasil ini terbuat dari kacang tumpuk, gula, dan tepung tapioka dan rasanya seperti sedang mengunyah selai kacang. Permen ini telah lama menjadi sajian selama liburan menjelang Paskah.

6. Monas

Terutama di Spanyol di saat Paskah, orang sering sekali membuat pajangan patung coklat bernama “monas” (pertama dibuat pada abad 15 di Katalonia). Patung atau bentuk lainnya yang biasanya untuk merayakan sesuatu yang bersejarah bisa dilihat di Chocolate Museum di Barcelona. Patung ini biasanya dibuat bertujuan sebagai hiburan.

7. Colomba Pasquale

Dibuat dari ragi alami, mentega, tepung, gula dan telur, roti ini biasa disajikan di seluruh Italia dan terkenal karena rasanya yang manis dan memiliki bentuk yang unik seperti burung merpati yang mewakili perdamaian atau Tuhan Yesus. Sebelum dipanggang, kue dilumuri dengan kacang almond dan gula kasar.

8. Ikan Haring

DiSkandinavia, ikan air asin yang biasa ditangkap di musim semi sekitar waktu Paskah, bisa dinikmati dengan tiga macam pilihan pengolahan. Diacar, mentah atau diawetkan. Tradisinya, makanan ini disajikan dengan roti atau dengan roti gandum, kentang, krim asam, dan akvavit, sejenis Schnapps untuk waktu khusus.


Sumber : Yahoo

1 komentar: