Minggu, 01 Juli 2012

12 Sosok Makhluk "Urban Legend" Dunia

Seperti layaknya di Negara Indonesia yang memiliki keragaman budaya dan keyakinan, menjadikan setiap daerah ataupun kawasan memiliki cerita mitos, legenda, dan tahyulnya masing-masing. Hal ini pun terjadi di negara-negara barat, mereka pun memiliki cerita mitos, legenda, dan tahyul yang hanya hidup dan diyakini hanya oleh masyarakat kawasan tertentu. Orang barat mengenalnya dengan sebutan urban legend atau legenda masyarakat setempat. Sosoknya mungkin bisa sama, namun penggambaran dan kelakar bisa saja berbeda. Seperti sosok legenda tutur yang dirangkum uniknya.com berikut:cerita apabila para anak-anak tidak makan malam bersama orang tuanya maka Nero akan membawa mereka pergi. 

1. Spring Heeled Jack
Inggris Raya, sepertinya merupakan sebuah wilayah di benua Eropa yang memiliki banyak cerita baik itu berupa mitos maupun legenda rakyat, yang dituturkan secara temurun. Salah satu legenda yang popular di dataran Inggris Raya adalah Spring Heeled Jack, digambarkan sosoknya tubuhnya tinggi-gempal, matanya merah dan selalu menggunakan jubah hitam. Untuk kali pertamanya Spring Heeled Jack diberitakan pada tahun 1837, dan penampakan kemudian terjadi di sekitaran Inggris, dari London hingga Sheffield dan Liverpool, untuk selanjutnya Skotlandia. Spring Heeled Jack dikenal dengan kemampuan melompat dan menangkapnya yang luar biasa. Penampilan dan kemampuannya itulah yang menjadi momok menakutkan dalam sebuah legenda tutur dan mitos, masyarakat dataran Inggris Raya.
Bahkan laporan pers pun turut menyebarkan sosok urban legend ini di akhir abad ke 19, dan dikabarkan masih melakukan penampakan hingga abad ke 20, ketika dilaporkan terlihat di Praha dan Texas. Beberapa teori paranormal mengatakan bahwa sosok Spring Heeled Jack adalah sesosok iblis dan adapula yang menyatakan mahluk luar bumi. Namun seiring dengan perdebatan, sosoknya menjadi lebih menakutkan dan keji, seiring dengan mereka yang mengaguminya. Salah satunya adalah seorang bangsawan muda Irlandia, Henry Beresford, Bangsawan garis ketiga dari Waterford. Namun di dalam ketidakpastian, Spring Heeled Jack tetap hidup sebagai bayangan urban legend.

2. Vampir di Pemakaman Highgate
Sosok urban legend ini ramai dikabarkan bergentayangan disekitaran London Highgate Cemetery di akhir era 70’an. Kawasan tersebut merupakan pemakaman yang sudah lama tidak dipakai dan diabaikan. Ditempat tersebut juga beberapa orang termasuk Sean Mancester dan David Farrant, melihat sosok bayangan asing.
Pada bulan Desember 1969, David Farrant mengatakan bahwa dirinya telah menyaksikan sesok bayangan mahluk berwarna abu-abu di pemakaman tersebut. Pernyataan David tersebut pun dibenarkan oleh penduduk sekitar Pemakaman London Highgate. Sosok bayangan tersebut semakin menguat eksistensinya ketika Sean Manchester mengatakan kepada Hampstead dan Highgate Express, bahwa sesosok vampire abadi bersemayam di pemakaman tersebut, sejak abad ke 18. Semenjak itulah sosok vampir tersebut menjadi urban legend seperti terlahir.
Sean bahkan mengatakan vampir tersebut diagung-agungkan oleh para pemuja setan, sehingga atas dasar itu tubuhnya harus ditusuk, dipenggal dan dibakar.  Sean dan David pun seperti saling membenarkan cerita versi masing-masing, hingga puncaknya yaitu pada 13 Maret tahun 1970, seorang pemburu vampir melihat sekumpulan orang berjalan memasuki kawasan pemakaman London Highgate, bahkan polisi pun berusaha menghadang mereka. Bahkan fenomena menjadi semakin aneh, David dalam websitenya selalu memiliki pemahaman  yang berlawanan mengenai vampir sebagai fenomena supranatural yang terjadi di Highgate. David ditangkap oleh polisi pada Agustus 1970 atas kepemilikan salib dan kayu pancang.
Sementara Sean bertindak lebih antisipatif dan tradisional, ia menaruh bawang putih dan air suci di dalam sebuah katakom yang ia klaim hasil penelusuran seorang gadis yang berjalan dalam tidurnya. Ia pun merencanakan untuk melakukan penusukan dengan kayu pancang terhadap salah satu jasad, namun dihalang-halangi oleh temannya.
Aktifitas aneh yang dilakukan oleh Sean dan David ini telah menjadikan sosok vampir itu hidup dalam sebuah budaya tutur, dan menjadi legenda masyarakat setempat.

3. Bloody Mary
http://static3.wikia.nocookie.net/__cb20120210175739/creepypasta/images/4/43/Bloody_mary_ghost.jpg
Walaupun identitas Bloody Mary yang sebenarnya masih belum terungkap, namun sosok ini telah dihubungkan secara individu, baik dari seorang ibu yang bunuh diri setelah membunuh anaknya, hingga ke nama Mary Worth yang merupakan korban dari eksekusi Salem—pengadilan yang memburu para penyihir untuk dibunuh. Bahkan Bloody Mary pun diduga sebagai sosok Ratu Mary yang terkenal selalu menderita keguguran pada kandungannya dan melakukan sejumlah pembunuhan.

4. St. Mark’s Eve
Sosoknya diabadikan di dalam sebuah syair John Keats, St. Mark’s Eve, pada 24 April, beberapa hari sebelum perayaan hari St. Mark Sang Pengabar. Namun sosoknya hidup dalam sebuah budaya tutur masyarakat Inggris dari abad ke 17 hingga abad ke 18. Sesosok bayangan manusia yang selalu terlihat duduk  selama jam 11 malam hingga jam satu dini hari di sebuah beranda gereja di sebuah desa, jika terjadi demikian maka dipastikan seseorang akan meninggal, atau akan ada orang yang meninggal.
Namun cerita urban ini lebih terasa astmosfernya di pedesaan bagian utara dan barat di Inggris, dikatakan bahwa hantu seseorang yang akan meninggal terlebih dahulu akan memasuki gereja. Di dalam gereja hantu tersebut ia akan mempersiapkan kematiannya yang akan datang. Versi cerita lainnya bahkan lebih seram lagi, sosok tersebut digambarkan tidak memiliki kepala, tubuhnya busuk, seperti zombie. Di Yorkshire Utara, tempat cerita urban tersebut diyakini, jika mahluk tersebut tertidur ketika mengawasi korbannya, maka ia akan mati pula dalam jangka waktu yang tidak lama.

5. Doppelgängers
Doppelgänger sering dianggap sebagai hantu yang suka menyerupai sehingga akan selalu menjadi kembaran manusia hidup yang disukainya. Kehadirannya selalu dianggap pertanda buruk dan kesialan, entah itu kematian ataupun kejadian buruk. Selalu terlihat menyerupai dan persis ini, mengingatkan doppelgänger sebagai sebuah sosok yang hidup dalam mitos mulai masyarakat Mesir kuno hingga bangsa Utara (Viking), namun kemunculan sosoknya yang mengikuti modernisasi zaman, menjadikan  Doppelgänger sebagai sosok yang hidup dalam cerita urban, dan menjadikan acara berkemah semakin menarik. Kehadiran Doppelgänger pun dilihat sebagai sosok teman dekat, anggota keluarga, yang merasa iri terhadap sosok yang dijiplaknya, kehadirannya pun merupakan peringatan bagi mereka yang mempercayainya.

6. Black Dog
http://notabrokenleg.files.wordpress.com/2012/05/4-black-dog.jpg
Black Dog (Anjing Hitam) atau yang versi sangarnya lagi dinamai Hellhound (Anjing Neraka) adalah nama sesosok makhluk supernatural yang nokturnal, atau aktif di malam hari. Makhluk ini berwujud anjing atau serigala berwarna hitam dan sangat besar -katanya sih bisa sampai sebesar sapi gitu- dan sering dihubungkan dengan Iblis atau Sosok kematian. Makhluk ini muncul di tempat gelap berbadai atau tempat eksekusi dan peperangan, atau di jalan perempatan -yang menyerupai salib-.

7. Babysitter and The Man Upstair
http://cdn4.list25.com/wp-content/uploads/2012/10/babysitterupstairs.png
Babysitter and The Man Upstair adalah legenda urban tentang seorang gadis remaja yang sedang menjaga anak-anak di rumah sendirian, kemudian mendapat telepon dari orang yang tidak dikenal yang kira2 bunyinya "Sudahkah kamu memeriksa anak-anakmu?". Dan setelah dia memeriksa anak-anaknya, ternyata.... Ane gak mw bilang sekarang, klo pensaran tonton aja film When A Stranger Calls klo mw, ane jg blm nonton soalnya....
[QUOTE]Tapi ane share cerita urban yg asli, jadi ada seorang gadis remaja yang sedang dimintai untuk menjaga anak kecil, karena malas dia meletakkan anak kecil di kamar di lantai dua tempat tinggalnya. Kemudian ketika sedang bersantai dia mendengar suara tawa orang di lantai dua, merasa aneh dia bersiap untuk memeriksa suara itu, tapi teleponnya berdering. Ketika diangkat terdengar suara "Sudahkah kamu memeriksa Anakmu di lantai dua?" Suara ini terdengar seperti mengejek -ejekan berdarah dingin-, gadis ini ketakutan, ia pun menelepon polisi. Setelah polisi tiba, Kepala Polisi segera menyuruh gadis ini keluar rumah karena sumber telepon berasal dari Lantai Dua Rumahnya! Kepala Polisi segera mengirim orang ke lantai dua hanya untuk menemukan bahwa Anak Kecil itu sudah dibunuh, dan di luar rumah gadis itu melihat bayangan orang membawa kampak yang berlumuran darah.

8. BunnyMan
Bunny Man atau Manusia Kelinci adalah julukan untuk pembunuh misterius di Fairfax County, Virginia, Amerika Serikat. Bunny Man tampak sebagai Seorang Pria berkostum Kelinci, sampai sekarang belum ada yang berCatch The Bunny Man"

9. Acheri
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/35/Acheri.jpg
Orang Indian Amerika memiliki cerita tentang Acheri, roh jahat berwujud gadis kecil yang turun dari bukit ke pemukiman untuk menebar kemalangan atau penyakit pada anak-anak, dan membawa kematian pada orang tua dan orang sakit.

10. La Planchada
http://www.leyendas-urbanas.com/wp-content/uploads/2013/01/planchada.jpg
La Planchada adalah Hantu Perawat dalam kepercayaan Meksiko yang biasa menghantui rumah sakit di mana dia dibunuh dengan dirantai dan dikunci di suatu ruangan. Dia sering terlihat membawa rantai untuk mencekik korbannya.

11. Jack-in-Iron
Jack-in-Iron adalah sosok misterius yang menghantui jalan sepi di Yorkshire, Inggris. Diceritakan dia adalah sosok raksasa yang mengenakan rantai di tubuhnya dan memakai topeng besi.

12. Black Lady of Bradley Woods
http://static2.wikia.nocookie.net/__cb20131020022406/pdsh/images/7/72/Blacklady.jpg
Black Lady of Bradley Woods adalah hantu wanita yang menghantui hutan di dekat Desa Bradley, Inggris. Dikabarkan dia adalah sesosok wanita muda cantik yang mengenakan gaun hitam dan tudung kepala hitam -kayak yang di film The Woman In Black gitu lah-. Di balik wajah cantiknya dia selalu terlihat pucat, sedih, dan murung.

Sumber : Uniknya

3 komentar:

  1. serem gan, mksh atas info'x sukses terus y.

    BalasHapus
  2. PROMO 100% IS BACK....!!!!!
    Salam royalflush99 untuk semua para pecinta royalflush99
    setelah promo spektakuler berakhir.. maka tidak perlu tunggu lama...
    hari ini juga kami luncurkan promo bonus 100% is back
    untuk para pemain lama royalflush99 tentu nya sudah tidak asing lagi.. karena
    kami pernah meluncurkan promo 100% ini... dan kini promo itu berlaku kembali
    buat para pecinta setia royalflush99
    sesuai nama nya... pemain yang melakukan deposit.. akan mendapatkan bonus
    chip sebesar nilai deposit yang disetorkan ( syarat & ketentuan berlaku)

    SYARAT&KETENTUAN

    1. bonus chip 100% akan di kirimkan secara langsung setelah
    pemain melakukan deposit (baca keterangan cara klaim bonus dibawah )
    2.para pemain tidak bisa melakukan
    WD sebelum turnover/fee/pajak belum mencapai 30x lipat dari angkat deposit
    3. minimal deposit 50rb
    maximal deposit 1jt
    per 1 x deposit.. berarti setiap pemain hanya dapat mengklaim bonus 100%
    apabila jumlah deposit tidak melebihi jumlah maximal deposit.. apabila ada
    pemain yang melakukan deposit diatas 1jt maka yg dihitung untuk
    mendapatkan bonus 100% ada lah 1jt
    4.klaim bonus 100% berlaku 1x12 jam dari jam register/deposit atau di anggap hangus
    5.Promo bonus 100% is back dapat berakhir sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan
    secara lisan ataupun tulisan ( bonus yang di klaim sesudah tanggal promo berakhir
    tidak akan dilayani)
    6.Keputusan dari pihak royalflush99 adalah mutlak tidak dapat diganggu gugat

    Cara Klaim Promo BONUS 100%

    1. Terlebih dahulu harus melakukan Registrasi di Royalflush99
    2. Masuk ke menu memo, tulis form Klaim voucher untuk promo bonus 100%
    3. Kemudian Tunggu balasan Memo dari admin Royalflush99 akan memberikan kode voucher bonus .
    4. Setelah mendapatkan balasan dari admin masukan Kode voucher tersebut pada kolom keterangan di menu deposit .
    5. Livechat digunakan apabila Klaim bonus belum bisa di lakukan

    PERHATIAN...!!!!
    apabila pemain belum melakukan deposit dan mencoba untuk mengklaim bonus.. maka id akan kami blokir/delete secara permanen.
    setiap pemain yang telah mendapatkan code voucher.. walaupun tidak mengklaim bonus nya.. ditetapkan telah mengikuti promo royalflush99 dan diharuskan mengikuti aturan wd
    sebalik nya apabila pemain melakukan deposit kemudian bermain di table.. setelah bermain pemain melakukan WD maka tidak akan bisa mengklaim bonus

    BalasHapus
  3. Sering kalah dalam bermain Slot?
    Atau
    Tidak pernah Menang Sama sekali di agent lama anda??

    Jangan Kecewa kawan
    Mari join bersama kami

    Dapatkan ragam permainan Slot terlengkap
    Serta Bonus Menarik setiap harinya

    John Hunter dan harta Karun Aztec adalah slot online dengan 5 gulungan dan 7,776 cara untuk menang. Slot ini memiliki volatilitas tinggi dan nilai RTP 96.5% yang dapat menghadiahkan Anda kemenangan hingga 10,804x taruhan Anda.


    Silahkan kunjungi Review Game Slot Terbaru dan slalu update hanya di Demoslot

    KLIK >>> REVIEW DEMO SLOT ONLINE

    KLIK >>> FACEBOOK DEMO SLOT ONLINE

    KLIK >>> TWITTER DEMO SLOT ONLINE

    KLIK >>> INSTAGRAM DEMO SLOT ONLINE

    KLIK >>> REGISTER BVGAMING

    KLIK >>> PROMO BOLAVITA

    Nikmati permainan menarik lainnya secara GRATISS.

    BANTUAN & DUKUNGAN
    Customer Service 24 Jam

    WA +62 812-9739-2623
    WA +62 812-1495-2061

    KLIK >>> WhatsApp BOLAVITA

    BalasHapus