Rabu, 06 Oktober 2010

MITOLOGI RAGNAROK Part II

Giants
Raksasa, musuh utama para dewa Aesir. Di dunia Norse, raksasa disebut dengan Jotun atau Iotun. Ada
beberapa tipe raksasa, namun yang paling umum adalah Frost Giant. Mereka tinggal di Jotunheim,
salah satu dari sembilan dunia. Ibukota Jotunheim adalah Utgard, benteng para frost giant dan rumah bagi Utgard-Loki atau Utgardaloki. Jotunheim adalah dunia yang besar namun hampa, kosong dari bentuk2 geografis fisik. Yang diketahui mengenai tanah raksasa ini adalah Jotunheim terletak di timur Midgard, dipisahkan oleh sungai2 dan hutan yang disebut dengan Jarnvid (Iron Wood).

Jarnvid dihuni oleh troll-wives yang dikenal sebagai Jarnvidjur, dimana mereka adalah keturunan raksasa dalam bentuk serigala. Jotunheim terdiri dari banyak tempat selain Utgard. Raksasa Hrungnir tinggal di perbatasan Jotunheim, yang disebut dengan Griotunagardar. Raksasa Thiassi tinggal di pegunungan yang disebut Thrymheim, bersama dengan anak perempuannya, Skadi.

Jenis raksasa lainnya adalah raksasa api yang tinggal di Muspelheim. Raksasa api Surt menjadi pemimpin disana. Perlu dicatat bahwa beberapa raksasa perempuan kemudian didewakan karena hubungan mereka dengan para dewa2. Mereka, antara lain adalah Jord, Grid, Gerd dan Rind. Para raksasa perempuan ini kemudian menjadi Asyniur. Kebanyakan dewa2 Aesir berasal dari keturunan para raksasa. Paling sedikit salah satu orang tua mereka adalah raksasa. Contohnya Odin, Thor, Tyr dan Heimdall.

Mungkin yang paling penting/terkenal mengenai hal ini adalah keberadaan Loki. Kedua orang tuanya adalah raksasa, namun dia sendiri menjadi dewa Aesir. Loki kemudian menjadi pemimpin para raksasa ketika Ragnarok tiba.

Para Giants :

Ymir

Spoiler for picnya gan:

Raksasa pertama. Para frost giant menyebutnya Aurgelmir. Ymir merupakan mahluk pertama yang
tercipta di alam semesta. Ymir adalah ayah dari ras frost giant. Para frost giant lahir dari keringat yang berasal dari ketiak Ymir.Pertama-tama, Ymir menjadi ayah dari seorang raksasa yang tidak dikenal yang punya enam kepala yang diberi makan oleh sapi raksasa, Audumla. Audumla menemukan makanan dengan menghisap bebatuan. Batu ini kemudian menjadi berbentuk seperti manusia, kemudian menjadi dewa pertama, Buri. Buri menjadi ayah dari dewa utama lainnya, Bor. Bor dan Bestla kemudian menjadi orang tua dari 3 dewa, Odin, Vili dan Ve. Odin dan kedua saudaranya, kemudian membunuh Ymir. Mereka menggunakan tubuh Ymir untuk menciptakan dunia. Tulangnya digunakan untuk menciptakan langit dan alisnya digunakan untuk menciptakan Midgard atau Middle Earth, rumah bagi umat manusia. Ymir juga menjadi ayah dari Thrudgelmir dan kakek dari Bergelmer.

Buri
Spoiler for picnya gan:

Leluhur para dewa. Masih diperdebatkan apakah Buri termasuk golongan raksasa atau dewa

Bor
Spoiler for picnya gan:

Dewa utama. Anak dari Buri. Bor kemungkinan lebih tepat disebut sebagai dewa daripada raksasa. Dia menikah dengan Bestla dan menjadi ayah dari Odin, Vili dan Ve. berkhianat dan membunuh Ymir dalam ragnarok

Bergelmer

Anak dari Thrudgelmir dan cucu dari Ymir. Ketika dewa membunuh Ymir, darahnya membanjiri dunia, menenggelamkan semua frost giant kecuali Bergelmer dan istrinya. Selamat dari banjir besar, Bergelmer kemudian menjadi leluhur dari ras frost gaint.

Surt
Spoiler for picnya gan:

Raksasa api. Tinggal di Muspelheim (negeri api) yang dikatakan ada di selatan. Disana Surt menjadi pemimpinnya. Pada saat Ragnarok, Surt yang membunuh Freyr, dewa pertama yang gugur. Surt mengakhiri perang dengan membakar habis 9 dunia. Hampir tidak ada mahluk hidup yang bertahan

Vafthrudnir
Spoiler for picnya gan:

Raksasa yang paling bijaksana, menurut salah satu puisi dari Poetic Edda, Vafthrudnismal ("Vafthrudnir's Sayings"). Selain info yang mengatakan bahwa dia adalah anak dari raksasa Im, tidak banyak yang diketahui mengenai dirinya. Vafthrudnir tidak disebutkan di puisi manapun. Vafthrudnir pernah terlibat dalam permainan tanya jawab antara dirinya dan Odin. Pada saat itu, Odin menyamar sebagai seorang pengelana yang menyebut namanya sebagai Gagnrad dan menantang kebijaksanaan yang dimiliki oleh Vafthrudnir. Sang raksasa menerima tantangan tersebut dan baru menyadari bahwa lawannya itu adalah Odin di akhir permainan, ketika dia tidak bisa menjawab pertanyaan dari Odin.

Hrimthurs
Spoiler for picnya gan:

Raksasa yang membangun dinding disekeliling Asgard. Pemilik dari kuda ajaib, Svadilfari. Hrimthurs mengatakan bahwa dia bisa menyelesaikan pekerjaannya hanya dalam waktu enam bulan. Jika dia berhasil, maka Freyja harus menjadi istrinya. Begitu pula bulan dan matahari harus diserahkan kepadanya. Akibat perbuatan Loki, dia kalah dalam taruhan tersebut. Thor kemudian membunuhnya.

Thrym
Spoiler for picnya gan:

Pemimpin para raksasa di Jotunheim. Suatu ketika Thrym mencuri palu ajaib milik Thor, Mjolnir. Dia mengatakan bahwa dia akan mengembalikan palu itu kepada Thor jika Freyja mau menjadi istrinya. Thor kemudian menyamar menjadi Freyja dan pergi ke Jotunheim. Disana dia ditemani dengan Loki. Disana, Thrym dan raksasa lainnya terpaku melihat ulah Freyja palsu ini. Dia memakan seekor lembu, 8 salmon dan 3 tankards of mead besar. Loki membuat alasan licik dengan mengatakan bahwa Freyja palsu tersebut tidak makan selama 8 hari karena begitu terkejutnya akan menikah dengan raja para raksasa. Thrym kemudian mencoba mengintip ke balik kerudung Freyja palsu tersebut. Sekali lagi Thrymn dikejutkan dengan api yang keluar dari mata Freyja palsu (Thor). Sekali lagi, Thrym meminta penjelasan, Loki menjawab bahwa Freyja sangat terpesona dengan pernikahan itu. Ketika Thrym meletakkan Mjolnir di pangkuan pengantin wanitanya, Thor keluar dari penyamarannya dan menyerang Thrym. Dia membunuh sang raja raksasa dan seluruh raksasa yang ada di tempat itu.

Hrungnir
Spoiler for picnya gan:

Seorang raksasa dari Griotunagardar, daerah perbatasan Jotunheim.
Hrungnir menyatakan bahwa dia adalah raksasa terkuat di dunia. Kepala dan jantungnya terbuat dari batu. Hrungnir memiliki seekor kuda bernama Gullfaxi ("Golden Mane"), kuda tercepat di Jotunheim, tetpai Odin mengatakan bahwa Sleipnir-nya lebih hebat. Perkataan Odin ini menyebabkan Hrungnir menyatakan bahwa dia dia akan datang ke Valhalla dari Jotunheim, menghancurkan Asgard dan semua dewa Aesir kecuali Freyja dan Sif, yang akan diambilnya sebagai gundik.

Thor kemudian menantangnya dalam duel. Hrungnir lalu datang ke Asgard tanpa senjata. Dia berkata bahwa Thor harus menemuinya di Griotunagardar. Di sana, para raksasa yang lainnya membuat persiapan menghadapi Thor dengan membuat raksasa dari lumpur yang disebut Mokkurkalfi.
Mereka berharap dapat menggunakan raksasa buatan ini untuk menakut-nakuti Thor. Mokkurkalfi memiliki ukuran yang luar biasa besar, tinggi 9 leagues dan lebar 3 leagues. Bersenjatakan batu asahan besar, Hrungnir melemparkannya ke arah Thor. Meskipun Mjolnir menghancurkan batu asahan tersebut menjadi tinggal setengah, salah satu serpihan dari pecahan batu menyangkut di kepala Thor.
Mjolnir juga menghancurkan kepala batunya Hrungnir sehingga sang raksasa mati dan menimpa leher Thor. Thor tidak bisa memindahkan tubuh Hrungnir dari badannya, namun Magni berhasil. Kemudian Thor memberikan Gullfaxi kepada Magni.

Hymir
Spoiler for picnya gan:

Frost Giant. Hymir adalah ayah dari dewa perang Tyr.

Geirrod
Spoiler for picnya gan:

Frost Giant. Merupakan ayah dari dua raksasa perempuan Gialp ("Yelper") dan [Greip ("Gripper"). Geirrod dan kedua anaknya berusaha membunuh Thor. Meskipun Geirrod telah mengusahakan agar Thor tidak membawa senjatanya, namun Thor mendapatkan senjata lain dari Grid yang digunakan oleh sang dewa petir untuk membunuh Geirrod beserta kedua anaknya.

Thiassi
Spoiler for picnya gan:

Frost Giant. Merupakan anak tertua dari Olvaldi atau Allvaldi dan saudara dari Idi dan Gang. Ayahnya sangat kaya dan tinggal di Thrymheim. Ketika ayah Thiassi meninggal, tanah tersebut dibagi untuk ketiga bersaudara tersebut. Thiassi memiliki kemampuan berubah menjadi elang. Dia juga punya seorang anak perempuan yang cantik bernama Skadi. Thiassi adalah raksasa yang menculik Idun, penjaga apel awet muda yang dilakukannya dengan bantuan Loki. Loki kemudian dipaksa untuk menyelamatkan Idun.
Thiassi kemudian mengikuti Loki ke Asgard dalam bentuk seekor elang raksasa, tetapi langsung dibunuh oleh para Aesir begitu dia melewati dinding Asgard. Skadi yang ingin membalas dendam atas kematian ayahnya mendapat tawaran damai dari para Aesir. Dia boleh memilih suami dari kalangan Aesir. Odin juga mengambil mata Thiasii dan melemparkannya ke langit dan dua bintang baru pun tercipta.

Suttung
Spoiler for picnya gan:

Frost Giant. Suttung merupakan anak dari raksasa Gilling. Ketika dua kurcaci, Fjalar dan Galar membunuh orang tuanya, Suttung berniat membunuh kedua kurcaci tersebut sebagai bentuk balas dendam. Suttung bersedia melepaskan keduanya, tetapi imbalannya adalah Mead Of Poetry. Suttung kemudian memerintahkan anak perempuannya, Gunnlod untuk menjaga benda pusaka tersebut. Cerita selanjutnya baca bagian Gunnlod di bawah. Ketika Odin melarikan diri ke Asgard, Suttung mengejarnya dalam wujud seekor elang, namun Suttung tidak berhasil mengejar Odin. Dia pun tidak bisa mengembalikan Mead Of Poetry ke keadaan semula.


Hrym
-no pic-
Di dalam mitologi Nordik tentang Ragnarok, Hrym adalah raksasa yang menjadi kapten dan mengemudikan kapal Naglfar. Naglfar dibuat dari kuku orang mati yang tidak dipotong. Hrym akan membawa para Frost Giant dari Jotunheim ke dataran Vigrid


Aspilian
Spoiler for picnya gan:

Raksasa yang tinggal di hutan dan pegunungan dari Lungbardi (Lombardy), yang muncul di Thidrekssaga (c. 1200). Aspilian meneror beberapa daerah pertanian yang dimiliki oleh sebuah biara. Aspilian telah menantang orang-orang di biara tersebut untuk menghadapinya, jika para rahib di biara itu ingin tanah mereka dikembalikan. Pada waktu itu, seorang pahlawan, Heimir sedang singgah di biara tersebut untuk menebus dosa masa lalunya. Heimir, sekali lagi mencabut pedangnya yang bernama Naglhring dan membunuh Aspilian. Heimir bertemu kembali dengan teman lamanya, Thidrek, ketika sang raja mendengar bahwa Heimir telah berhasil membunuh Aspilian.

Bestla
-no pic-
Raksasa perempuan. Merupakan anak perempuan dari raksasa Bolthor. Bestla kemudian menikah dengan dewa utama yang bernama Bor, putra Buri. Dia adalah ibu dari Odin, Vili dan Ve.

Angerboda
Spoiler for picnya gan:

Frost Giant. Melalui Loki, dia adalah ibu dari Hel, Midgard Serpent (Jormungand) dan Fenrir, si serigala raksasa.


Grid
Spoiler for picnya gan:

Frost Giant. Grid ("Damai") adalah seorang raksasa perempuan yang bersahabat yang memperingatkan Thor akan pengkhianatan Geirrod. Suatu ketika Thor pergi ke rumah Geirrod tanpa senjata, karena Loki telah menyarankan Thor untuk meninggalkan Mjolnir di istananya. Grid kemudian memberikan Thor tongkat sihirnya (Grídarvöl), begitu juga dengan sebuah sarung tangan besi (Járngreipr) dan sebuah korset (Megingjord). Thor menggunakan hadiah pemberian Grid ini untuk mengalahkan Geirrod beserta dengan anak perempuannya yang jahat. Grid adalah ibu dari Vidar melalui Odin.


Gerd
Spoiler for picnya gan:

Raksasa perempuan yang menjadi istri Freyr. Gerd adalah putri dari raksasa gunung Gymir dan Aurboda. Gerd memiliki saudara yang tidak bernama yang mati terbunuh. Freyr bisa jatuh cinta pada Gerd setelah dewa itu duduk di Hlidskialf, tahta Odin yang ada di salah satu aulanya, Valaskialf. Tahta ini memungkinkan setiap orang melihat seisi dunia, tidak peduli berapa pun jauh jaraknya. Freyr kemudian mengutus pelayannya, Skirnir untuk merayu Gerd agar mau menikah dengan Freyr. Awalnya, Skirnir menawarkan berbagai hadiah untuk Gerd. Namun semua ditolaknya, bahkan ketika Skirnir mengancam akan memenggal kepalanya dengan menggunakan pedang Freyr. Gerd baru mau menerima tawaran Skirnir ketika Skirnir mengatakan akan mengutuk Gerd dengan mengubah dirinya menjadi seorang wanita yang jelek. Gerd berjanji akan menemui Freyr di sebuah hutan kecil yang disebut Barri. Meskipun cerita tersebut tidak pernah menjelaskan apakah keduanya jadi menikah, banyak penulis yang menyebutkan bahwa keduanya kemudian memiliki anak yang diberi nama Fiolnir. Gerd kemudian menjadi dewi cahaya, seorang Asyniur, sama seperti raksasa perempuan Skadi yang juga menjadi Asyniur.

Jarnsaxa
Spoiler for picnya gan:

Raksasa perempuan. Jarnsaxa or Iarnsaxa adalah ibu dari Magni dan Modi melalui Thor. Sedikit yang diketahui mengenai sosok yang satu ini, kecuali bahwa dia adalah saingan Sif dalam memperebutkan cinta Thor. Orang tuanya tidak diketahui. Namanya sendiri berarti "Iron Sax" dan muncul di daftar para raksasa perempuannya Sturluson.


Gunnlod
Spoiler for picnya gan:

Seorang raksasa perempuan. Gunnlod atau War Summon adalah anak perempuan raksasa Suttung. Gunnload adalah penjaga Mead Of Poetry. Ketika ayahnya mendapatkan benda pusaka tersebut, dia meminta Gunnlod untuk menjaganya di dalam gua. Ketika Odin berhasil masuk ke dalam gua tersebut, Gunnlod mengizinkan sang dewa untuk meminum Mead Of Poetry tersebut, tetapi dengan syarat Odin harus bersedia tidur dengannya (Apa-apaan ini?). Jadi, Odin tidur dengan Gunnlod selama 3 malam dan Odin pun berhasil mendapatkan keinginannya.


Fenia & Menia

Dua raksasa perempuan yang bekerja sebagai budak kepada raja Denmark, Frodi seperti yang tertulis di dalam puisi Grottasong atau "Song of Hand-Mill" dari Poetic Edda, namun Snorri Sturluson juga memasukkan versinya sendiri untuk cerita tersebut, kematian Raja Frodi. Frodi adalah anak dari Fridleif dan cucu dari Skiold. Skiold adalah pendiri dinasti Danish, dikenal sebagai Skioldungs. Skiold adalah anak Odin. Frodi adalah raja yang terkenal karena berhasil membawa "Frodis' Peace" di negara2 utara. Frodi hidup di masa Kristus. Dia tinggal di Denmark yang waktu itu dikenal dengan nama Gotland. Frodi juga berhasil membawa kemakmuran untuk kerajaannya. Rahasia dibalik itu semua karena Frodi telah membeli dua budak dari raja Swedia, Fiolnir. Kedua budak ini dipekerjakan di penggilingan. Penggilingan ini dapat menghasilkan apa pun, termasuk emas. Itu sebabnya kerajaan Frodi selalu kaya. Dan yang bekerja di penggilingan itu tidak lain tidak bukan adalah si dua raksasa perempuan, Fenia dan Menia yang bekerja tanpa istirahat, menghasilkan barang demi barang. Kedamaian yang dihasilkan oleh Frodi akhirnya usai ketika dia dibunuh oleh Mysing, raja viking. Kematian Frodi tidak mengubah nasib Fenia dan Menia. Mereka tetap menjadi budak dengan bekerja di penggilingan yang ada di dalam kapal Mysing. Hal ini disebabkan karena Mysing lebih tertarik pada garam daripada emas. Karena harus bekerja tanpa henti, Fenia dan Menia akhirnya membuat garam yang banyak, yang karena banyaknya akhirnya menenggelamkan kapal Mysing dan seluruh isinya, termasuk kedua raksasa perempuan itu. Puisi menjelaskan inilah alasannya kenapa air laut itu memiliki rasa asin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar