Jumat, 06 Agustus 2010

Undine adalah peri air dalam Mitologi Eropa (sekarang jerman dan sekitarnya), Biasanya ditemukan di danau, atau sungai yang masih jernih. Memiliki suara yang indah yang sering terdengar bersamaan dengan suara air. Menurut cerita, Undine tak bisa memiliki jiwa sebelum menikari seorang pria manusia, karena aspek inilah Undine sering dijadikan tema untuk karya tragedi dan romance. Dalam game Undine muncul di game Tales of Eternia.


Dullahan
Spoiler for dullahan:

Dullahan adalah jenis roh jahat. Biasanya terlihat mengendarai kuda hitam akal dan membawa kepalanya di bawah satu lengan. Mata yang besar sementara mulutnya terus tersenyum sampai menyentuh kedua sisi kepala. Kepalanya dikatakan memilik warna seperti keju yang berjamur. Cambuk Dullahan berasal dari tulang punggung mayat. Dullahan berhenti di tempat seseorang akan mati. Saat orang yang sekarat itu dipanggil namanya, saat itu juga orang itu mati.


Salamander
Spoiler for salamander:

Salamander adalah mahkluk legenda dalam Mitologi Eropa dan merupakan peri api. Berbentuk seperti kadal raksasa dan dikatakan terlahir dari api. Konon bagi yang meminum darah salamander, maka dia akan memiliki kekebalan terhadap api.


Vivien
Spoiler for vivien:

Vivien berasal dari Mitologi Inggris yang berarti Gadis Danau (Lake Lady). Tinggal di kedalaman air dimana dia menggunakan manteranya untuk melindungi danau sucinya. Vivien adalah seorang penyihir yang suka mengajarkan sihirnya kepada orang lain, namun akan menghukum mereka bila menyalahgunakan sihirnya. Vivien muncul sebagai wanita cantik berpakaian serba putih. Jika dipanggil, Vivien akan menari di permukaan air guna mengumpulkan kekuatan sihirnya yang berasal dari danau. Vivien merupakan penjaga pedang legendaris Excalibur yang kemudian diwariskan pada Raja Arthur lalu dikembalikan lagi padanya. Vivien akan menghancurkan semua orang yang berniat mencari kekuatan dari Excalibur.


Lard
Spoiler for lard:

Lard berasal dari Mitologi Italia. Namanya berarti Lord (Penguasa). Lard berasal dari para prajurit, ksatria, raja, dan pangeran yang gugur terhormat saat bertarung untuk kehormatan ataupun negara mereka. Lard digambarkan memakai baju besi perang dan menggenggam pedang di tangan mereka. Sifatnya kasar namun memiliki hati yang baik hati. Lard akan muncul untuk memberikan berkat dan melindungi mereka yang membutuhkan pertolongan. Lard melambangkan keberanian dan kepahlawanan.


The Havmand
Spoiler for havmand:

Havmand adalah duyung pria dalam cerita skotlandia. Bagian atas adalah pemuda tampan berambut panjang berwarna hitam atau hijau sedangkan bagian bawahnya ikan. Namanya berarti Man of The Spring. Juga ada mahkluk lain bernama Havfrue yang berambut pirang dan merupakan saudara dari Havmand. Tergantung situasi, Havmand dapat bersikap kejam ataupun ramah. Memiliki kekuatan untuk meprediksikan kejadian-kejadian penting.


Aulanerk
Spoiler for aluanerk:

Peri laut dari Mitologi Inuit di Amerika Utara. Aulanerk adalah peri baik hati yang senang membantu para pelaut dengan memberikan air yang tenang dan angin yang kencang untuk berlayar. Berbentuk seperti manusia. Ombak dikatakan tercipta dari tindakan mereka yang suka berenang dan bermain di bawah laut.

Anubis
Spoiler for anubis:

Anubis dalam kepercayaan Mesir Kuna dianggap sebagai dewa kematian dengan wujud kepala anjing dan badan manusia. Anubis adalah nama Mesir untuk dewa berkepala anjing yang berhubungan dengan mumi dan kehidupan setelah kematian pada mitologi Mesir. Pada bahasa MesirKuna, Anubis dikenal sebagai Inpu, (dibaca Anupu, Ienpw, dll.). Penemuan yang tertua menyebut Anubis pada teks piramid kerajaan tertua, di sana ia dihubungan dengan kekerasan seorang raja pada saat itu.


Jormungand
Spoiler for jormungand:

Ular raksasa yang merupakan anak tengah dari pasangan Loki dan Angrboda sekaligus saudara Fenrir dan Hel. Di mitologi disebutkan kalau Odin membuang 3 anak Loki, dan Jormungand dibuang ke laut Midgard atau dunia manusia. Dari situlah dia mendapat julukan Midgardsormr yang berarti ular raksasa yang melilit Midgard. Merupakan musuh utama Thor, dan diceritakan di Ragnarok mereka akan saling bunuh. Saat Ragnarok terjadi, Jormungand keluar dari laut dan mengakibatkan banjir besar.


Suzaku
Spoiler for suzaku:

Vermilion Bird yang merupakan salah satu Simbol Empat dari Cina constellations. Menurut Wu xing, yang Tao sistem lima kekuatan , ia mewakili api-elemen, arah selatan, dan musim panas . Sehingga kadang-kadang disebut Vermilion Bird of South dan juga dikenal sebagai Suzaku di Jepang dan di Korea Jujak. Hal ini sering keliru untuk Fenghuang karena kesamaan dalam rupa, tapi dua makhluk yang berbeda. The Fenghuang adalah raja burung, sementara Vermilion Bird adalah makhluk mitologi roh dari Cina constellations.


Genbu
Spoiler for genbu:

The Black Tortoise adalah salah satu dari Empat Simbol dari Cina constellations. Kata untuk "tortoise" adalah tabu, dan seluruh badan tidak hanya kura-kura itu sendiri, tetapi kedua kura-kura dan ular. kadang disebut Black Warrior dari Utara, dan dikenal sebagai Genbu di Jepang dan di Korea Hyeonmu. It melambangkan utara dan musim dingin Walaupun namanya di Cina, Xuánwǔ, sering diterjemahkan sebagai Black Tortoise dalam bahasa Inggris, biasanya digambarkan sebagai baik kura-kura dan ular, khususnya dengan ular disekitar kura-kura.


Seiryuu
Spoiler for seiryuu:
  1.  
  2. The Azure Dragon merupakan salah satu dari 4 simbol constellations. kadang disebut Azure Dragon of the East dan dikenal sebagai Seiryuu di jepang and Cheongryong di korea. Seiryuu melambangkan arah timur dan musim semi.


Byakko
Spoiler for byakko:

The White Tiger merupakan salah satu dari 4 simbol Chinese constellations. kadang di sebut White Tiger of the West , dan di kenal sebagai Byakko di jepang and Baekho di korea. byakko melambangkan arah barat dan musing gugur.


Huang Long
Spoiler for huanglong:

Huang Long digambarkan tidak bertanduk (naga-naga Cina semuanya bertanduk, inget Liong barongsai? bertanduk semua kan?) dan muncul dari Sungai Luo. Huang Long memberikan kepada Kaisar Fu Xi pengetahuan bahasa tulis. Menurut legenda, waktu muncul di hadapan kaisar, Huang Long turun dari langit, melewati lubang di angkasa yang diciptakan monster bernama Kung Kung (jelas bukan kung-kung berarti kakek). Elemen Huang Long adalah tanah. Digambarkan pula saat Huang Long bangun adalah siang, Huang Long tidur maka saat itu malam. Juga napas Huang Long mengendalikan cuaca dan musim.
Kappa

Spoiler for kappa:

Kappa adalah makhluk legendaris, sejenis makhluk air yang dapat ditemukan pada cerita rakyat Jepang. Namun, mereka juga dianggap sebagai bagian dari kriptozologi, karena beberapa orang mengaku melihat Kappa. Pada agama Shintō, mereka dianggap sebagai salah satu suijin ("dewa air").

Chimaera

Spoiler for cek:
 
Dibiakkan oleh Typhoeus dan Echidna, Chimaera mempunyai 3 kepala, yaitu singa, kambing dan ular. Badannya juga merupakan campuran dengan badan bagian depan singa, tengah kambing, dan ular untuk ekornya. Dia mengeluarkan napas api. Dia mempora-porandakan Lycia, membunuh sapi dan membakarnya sampai ia dibunuh oleh Bellerophon.


Echidna

Spoiler for cek:
 
Echidna adalah mahluk dari mitologi yunani, sering digambarkan sebagai perempuan setengah ular yang tinggal di dalam gua. Bersama suaminya Typhon, Echidna melahirkan berbagai jenis mahluk mengerikan yang muncul dalam mitologi yunani, karena itu Echidna mendapat sebutan Mother of all Monsters. Echidna dan Typhon pernah berperang melawan dewa-dewa olympus namun kalah. Typhon kemudian disegel dibawah gunung Etna. Sementara Echidna dan anak2nya dibiarkan lepas untuk menjadi tantangan bagi para pahlawan yunani berikutnya. Namun pada akhirnya Echidnya dibunuh oleh Argus Panoptes, titan bermata seratus.
Naga / Nagini

Spoiler for cek:
Umumnya orang indonesia mengenal yang disebut Naga adalah Dragon. Namun Naga sendiri sebenarnya adalah mahluk mitologis yang berbeda dengan Dragon. Naga muncul pada kebudayaan Hindu dan Budha, kemungkinan berasal dari daerah India dan sekitarnya. Naga adalah mahluk setengah ular, setengah manusia, terkadang digambarkan sebagai ular raksasa. Yang laki-laki disebut Naga, sedangkan versi perempuannya disebut Nagini. Naga sering dianggap sebagai entitas yang bersifat jahat, namun tidak jarang juga dianggap sebagai penjaga sungai atau danau.

Spoiler for cek:
Pegasus adalah seekor kuda yang memiliki sayap putih lebar.Dalam mitologi yunani disebutkan bahwa pegasus lahir dari darah medusa saat Perseus memenggal kepalanya. Disebutkan juga bahwa Pegasus ditunggangi oleh Bellerophon untuk melawan Chimera. Pegasus adalah kuda yang mempunyai sayap dan penerbang yang unggul. Pegasus adalah hasil dari hubungan Medusa dan Poseidon yang menyakitkan. Lahir dari Medusa ketika kepalanya dipotong oleh Perseus. Dijinakkan ole Bellerophon dan melayaninya digunungnya selama petualangannya termasuk ketika Bellerophon membunuh Chimaera. Ketika Bellerophon ingin menerbangkan Pegasus ke gunung Olympus, dia dihempaskan oleh Zeus. Tetapi Pegasus tetap terbang dan berhasil tiba di gunung Olympus. Disinilah Pegasus menghabiskan hari-harinya dengan membawakan petir untuk Zeus.

hecatoncheires

Spoiler for pic:



bacajuga artikel menarik lainya::


Makhluk Mitologi Bangsa Jepang

KITSUNE

Spoiler for kitsune:
Kitsune adalah sebutan untuk binatang rubah dalam bahasa Jepang. Dalam cerita rakyat Jepang, rubah sering ditampilkan dalam berbagai cerita sebagai makhluk cerdas dengan kemampuan sihirnya yang semakin sempurna sejalan dengan semakin bijak dan semakin tua rubah tersebut. Dalam legenda, rubah sering diceritakan sebagai penjaga yang setia, teman, kekasih, atau istri. Dalam kepercayaan Shinto, kitsune disebut inari yang bertugas sebagai pembawa pesan dari Dewa


KUCHISAKE-ONNA
Spoiler for yang penakut jgn dibuka!:
Kuchisake-onna (Wanita Bermulut Lebar) sesuai dengan namanya, makhluk ini berwujud wanita dengan mulut yang lebar, ujung bibirnya mencapai telinga. Konon wanita tersebut merupakan korban dari operasi gigi yang gagal, sehingga mulutnya robek dan giginya terlihat menyeringai seram. Karena marah, wanita itu membunuh dokter yang mengoperasinya, setelah itu kabur sambil menutup mulutnya dengan kain. Kemudian wanita itu bergentayangan dan berubah menjadi siluman. Di jalan yang sepi, wanita tersebut sering bertanya kepada anak-anak yang berpapasan dengannya, apakah ia cantik atau tidak. Bila mengatakan cantik Apakah saya cantik?” (Watashi kirei?), maka nyawa anak itu selamat, sedangkan bila menjawab jelek maka akan dibunuh
.Update Skenario:
“Apakah saya cantik?” (Watashi kirei?) .Bila orang itu menjawab “cantik (kirei)”, ia akan membuka maskernya dan bertanya lagi, “Bahkan bila seperti ini?” Pada saat itu, bila si korban yang biasanya terkejut dan takut menjawab tidak, ia akan membunuhnya dengan gunting. Bila si korban tetap menjawab ya setelah melihat wajahnya di balik masker, Kuchisake-onna mengikutinya sampai ke rumah baru akan memotong lehernya di depan pintu rumah si korban. Karena KIREI (CANTIK) mempunyai kemiripan bunyi dengan KIRE (POTONG)
Legenda urban yang populer pada tahun 70’an mengatakan bahwa korban akan selamat bila ia menjawab “biasa saja”. Sementara versi tahun 2000an mengatakan bahwa korban akan selamat bila menjawab, “begitulah” sehingga Kuchisake-onna bingung dan berpikir dulu apa yang akan ia lakukan, saat sedang bingung itulah korban mempunyai kesempatan untuk kabur.

NEKOMATA
Spoiler for nekomata:
Nekomata adalah sebuah makhluk dari cerita mitologi Jepang, dipercaya sebagai sebuah metamorfosis dari kucing peliharaan yang berubah karena disiksa majikannya. Bentuknya berupa monster kucing hitam raksasa, yang terkadang ditampilkan dengan dua sayap malaikat berwarna hitam yang besar. Dia adalah peliharaan Dewa Kematian. Nekomata hidup dari memakan mayat dan jiwa-jiwa orang mati. Nekomata tidak akan pernah melupakan siksaan oleh seseorang dan akan menyimpan dendam selamanya pada orang tersebut. Bila orang itu sudah mati, maka kerabatnya akan didatangi oleh Nekomata dan dihantui terus menerus. Cara menenangkannya ialah memberikan penghormatan, permohonan maaf dan makanan.

YUKI-ONNA
Spoiler for agak BB!:

Yuki-onna atau Yukime atau Wanita Salju adalah makhluk berwujud wanita cantik yang muncul di daerah pegunungan bersalju. Suka muncul di hadapan laki-laki muda, dan menggoda agar lelaki tersebut mau menciumnya. Ciumannya akan membuat orang menjadi balok es.


KAPPA
Spoiler for kappa:

Kappa adalah makhluk legenda; suatu jenis peri air yang ditemukan dalam cerita rakyat Jepang. Kebanyakan gambaran memperlihatkan kappa sebagai humanoid seukuran anak, dengan paras berparuh yang mirip kura-kura atau bebek dan berwarna hijau,. Anak-anak kecil adalah salah satu makanan favorit Kappa. Mereka memakan korbanya dengan menyedot keluar usus, darah, liver, atau 'daya hidup' melalui anus. Bahkan di masa sekarang, banyak tanda peringatan bahaya Kappa di beberapa danau atau sungai di beberapa desa atau kota di Jepang.


BIJUU
Spoiler for agak BW!:

Bijuu adalah makhluk-makhluk legenda dari mitologi Jepang. Kebanyakan dari mereka bertubuh besar dan berkekuatan menakjubkan. Mereka tersebar di seluruh Jepang. Kekuatan stamina mereka diklasifikasikan berdasarkan banyaknya jumlah ekor mereka.
Para bijuu hanyalah mitos, kabarnya roh-roh mereka disegel di 9 kuil Jepang. Para bijuu ini juga adalah makhluk setengah dewa maupun peliharaan dewa. (Nekomata juga termasuk ke dalam jenis Bijuu)


oni




















Oni (setan) adalah sejenis makhluk jahat dengan kekuatan besar yang datang dari neraka untuk mengganggu kehidupan manusia di muka bumi. oni dalam legenda digambarkan sebagai makhluk berwajah menyeramkan dengan gigi taring mencuat, bertanduk dan berkulit merah. Oni yang digambarkan setara dengan iblis dan setan-setan khas Eropa mereka mempunyai kekuatan supranaturan yang mampu menghancurkan manusia


TENGU
Spoiler for tengu:

Tengu adalah makhluk legenda Jepang. Salah satu Kami (dewa) penunggu gunung yang berwujud mirip burung elang atau gagak. Tengu memiliki hidung yang panjang, wajahnya merah, memiliki sepasang sayap, serta kuku kaki dan tangan yang sangat panjang. Tengu bisa terbang bebas di angkasa sambil membawa tongkat yang disebut Kongozue, pedang besar (tachi), dan kipas berbentuk daun (hauchiwa). Pekerjaannya menghalangi orang yang ingin mendalami agama Buddha.



gambar hotel-hotel yang sangat mewah
Gambar-Gambar yang Akan Menipu Mata Anda
Lucu, Foto-Foto Bayi dan Hewan Yang Tertidur Karena Kelelahan
Serupa Tapi Tak Sama
10 Kastil Termegah di Dunia
Model Rumah Pohon
ikus Paling Berani di Dunia
motor 1 roda
MUSEUM EMAS terbesar di dunia
GANTUNGAN KUNCI TERBUAT DARI GIGI

NAGA

Makhluk Mitologi Berwujud Reptil Berukuran Raksasa


























Naga adalah sebutan umum untuk makhluk mitologi yang berwujud reptil berukuran raksasa. Makhluk ini muncul dalam berbagai kebudayaan. Pada umumnya berwujud seekor ular besar, namun ada pula yang menggambarkannya sebagai kadal bersayap.
Istilah naga merupakan kata serapan dari bahasa Sansekerta atau India kuna yang bermakna "ular". Dalam naskah Mahabharata dikisahkan bahwa para Naga merupakan anak-anak Resi Kasyapa dari perkimpoiannya dengan Dewi Kadru. Nama-nama mereka yang terkenal antara lain Sesa, Taksaka, Basuki, Karkotaka, Korawya, dan Dritarastra.
ini dia anatominya:





















Bangsa Naga yang berjumlah ribuan memiliki dua orang sepupu berwujud burung dan disebut sebagai bangsa Kaga. Keduanya bernama Aruna dan Garuda, yang merupakan putra dari Dewi Winata yang juga dinikahi Resi Kasyapa. Dengan demikian, hubungan antara Naga dengan Kaga selain sebagai sepupu juga sebagai saudara tiri. Meskipun demikian hubungan mereka kurang baik dan sering terlibat perselisihan.
Di antara para Naga ada pula yang menjadi dewa, yaitu Sesa, yang tertua di antara putra Kadru. Ia memisahkan diri dari adik-adiknya dan hidup bertapa menyucikan diri. Ia akhirnya diangkat sebagai dewa para ular, bergelar Ananta





                                                       mahluk mitologi bangsa jepang
                                                       mahluk mitologi dari arab
                                                       mahluk mitologi
                                                       naga
                                                       mahluk mitologi part 1

makhluk Mitologi dari Arab

Bahamut

Spoiler for Check:

Spoiler for Picnya:

Ini versi tradisionalnya gan

Spoiler for Picnya:

Ini versi di game Final Fantasy IX -Jauh Berbeda Dari Penggambaran Tradisional 
Bahamut (bahasa Arab: بهموت Bahamut) adalah ikan besar yang membantu bumi dalam Mitologi Arab. Beberapa sumber, Bahamut digambarkan memiliki kepala menyerupai kuda nil atau gajah


Dandan

Spoiler for Check:

Spoiler for Picnya:
Ukiran yang melukiskan Dandan sedang menelan kapal yang hancur Dandan atau Dendan adalah makhluk laut mitologi yang muncul di volume 9 dari The Book of 1001 Nights, atau 1001 Nights. Muncul dalam kisah Abdullah si Nelayan dan Abdullah si Merman, di mana nelayan ikan duyung jantan mengatakan bahwa Dandan adalah ikan terbesar di laut dan merupakan musuh duyung. Sebuah Dendan mampu menelan kapal dan seluruh awaknya dalam satu tegukan.


Falak

Spoiler for Check:

Spoiler for Picnya:

Penggambaran Falak dari Wilson Almanak

Falak legenda Bahamut adalah ular yang hidup di bawah Fire Realm. Ular ini dikatakan begitu besar sehingga hanya karena rasa takut terhadap kekuatan Allah mencegahnya menelan semua ciptaan.


Genie

Spoiler for Check:

Spoiler for Picnya:

Penggambaran Jin pada Abad ke16

Spoiler for Picnya:

Kalo yang ini versi Aladdin  
Dalam kebudayaan Arab, Genie atau Jin (Arab جني : Jinni) adalah makhluk gaib yang menempati dunia paralel dengan umat manusia, dan bersama-sama dengan manusia dan malaikat membentuk tiga mahluk ciptaan Allah. Memiliki kehendak bebas, yang dapat berupa jin baik atau jahat.


Ghoul

Spoiler for Check:

Spoiler for Picnya:
Penggambaran Ghoul di kultur modern

Spoiler for Picnya:


Di Yu-gi-oh! yang mengangkat mitologi Mesir juga ada lohh  
Ghoul adalah makhluk mitologis rakasa dari cerita rakyat Arab kuno yang tinggal di kuburan dan tempat-tempat tak berpenghuni. Kata bahasa Inggris berasal dari nama Arab untuk makhluk: غول ghul, yang secara harfiah berarti "setan". Ghul adalah jenis jin jahat diyakini menjadi bapak iblis.


Ifrit

Spoiler for Check:

Spoiler for Picnya:
Keren gaaan

Ifrit, juga dieja Efreet, juga ifreet, afrit, afreet (bahasa Arab: Ifrit: عفريت, plural Afārīt: عفاريت) adalah jin kelas neraka, di bawah tingkat malaikat dan setan, terkenal akan kekuatan dan kelicikan. Ifrit adalah makhluk bersayap api, baik perempuan atau laki-laki, yang tinggal di bawah tanah dan sering pergi ke reruntuhan. Menurut beberapa sumber, Ifrit hidup dalam sebuah masyarakat yang terstruktur di sepanjang garis suku Arab kuno, lengkap dengan raja-raja, suku, dan klan seperti manusia.


Karkadann

Spoiler for Check:

Spoiler for Picnya:
Ini juga sangat keren
Ibnu Battuta dalam perjalanannya, menyebut badak di India adalah Karkadann. Karkadann adalah binatang yang sangat kejam, dapat mengusir binatang sebesar gajah. Ia akan melawan gajah dan membunuhnya. Kemudian akan mengangkatnya di atas kepala dalam kemenangan menggunakan tanduk. Memang rada mirip badak, tapi ada juga yang gambarin kayak Unicorn


Marid

Spoiler for Check:

Spoiler for Picnya:
Serem gambarnya 
Marid seringkali digambarkan sebagai jenis yang paling kuat dari jin, memiliki kekuatan besar khususnya. Mereka adalah yang paling sombong. Seperti setiap jin, mereka memiliki kehendak bebas belum bisa dipaksa untuk melakukan tugas. Mereka juga memiliki kemampuan untuk memberikan harapan kepada manusia, tetapi biasanya membutuhkan pertempuran, ritual, atau penyembahan.


Nasnas

Spoiler for Check:

Spoiler for Picnya:
Penggambaran Nasnas modern sebagai 'makhluk setengah manusia, setengah setan
Nasnas adalah makhluk raksasa dalam mitologi Arab. Menurut Edward Lane, penerjemah abad ke-19 dari The Arabian Nights, Nasnas adalah "setengah manusia; memiliki setengah kepala, setengah tubuh, satu tangan, satu kaki, yang mana banyak melompat dengan kelincahannya". Hal ini diyakini sebagai keturunan setan disebut Shikk dan manusia


Sandwalker

Spoiler for Check:

Spoiler for Picnya:
Manusia aja cuma segitu

Sandwalker umumnya dikenal sebagai makhluk yang sangat besar, paruh tajam dan ekor seperti kalajengking. Ia memiliki cakar besar seperti kepiting, yang digunakan untuk membawa pergi korbannya. Ia mengubur diri dalam pasir pada siang hari untuk menghindari deteksi, dan keluar pada malam hari untuk makan. Jarang memangsa manusia, biasanya berburu unta atau kuda.


Werehyena

Spoiler for Check:

Spoiler for Picnya:
Versi lain dari Werewolf 
Werehyenas adalah makhluk mitologis yang mampu berubah bentuk menjadi hyena atau manusia. Mereka yang hadir dalam cerita-cerita dari beberapa budaya Arab, Afrika dan Eurasia. Seperti manusia serigala cerita rakyat Eropa, werehyena digambarkan sebagai shapeshifters, meskipun tidak seperti manusia serigala yang biasanya digambarkan sebagai manusia awalnya, beberapa pengetahuan werehyena bercerita tentang bagaimana mereka juga dapat menyamar sebagai manusia hyena

Tidak ada komentar:

Posting Komentar