Rabu, 11 Agustus 2010

Jenis-jenis Paus

Quote:
di trit gw sebelomnya tentang Organisme-organisme terbesar pada 5 kingdom,gw nyinggung mahluk terbesar yang ada di bumi ini yang masih ada yaitu paus biru.
naahhh, ngeliat banyak kaskuser yang tertarik sama paus dan kebetulan gw juga penggemar berat tuh hewan, gw mau memperdalam lagi niih semua tentang paus di trit ini..


paus adalah sebutan bagi semua spesies yang ada pada ordo Cetacea. di Indonesia sendiri, istilah ikan paus yang secara umum dipakai sebenarnya sangatlah salah, karena "ikan" paus termasuk kedalam hewan mamalia dan bukan ikan (pisces). satu lagi, jangan sampai tertukar pada istilah hiu paus atau whale shark yang justru masuk kedalam keluarga hiu bukan paus.

karena termasuk mamalia, paus memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1. bernapas melalui paru-paru
2. mempunyai bulu (sedikit, hampir tidak ada bagi paus dewasa)
3. berdarah panas
4. mempunyai kelenjar susu.
5. mempunyai jantung empat bilik










ada baiknya kita liat dulu leluhurnya paus gan..

Basilosaurus
Spoiler for cekidott:
Basilosaurus hidup 40-34 juta tahun yang lalu pada zaman eocene. paus bertaring ini dapat berukuran hingga 18 m, yang berarti hewan terbesar pada zamannya. contoh spesies: Basilosaurus isis, Basilosaurus drazindai, Basiloterus hussein, dll.







naahhh sekarang kita balik lagi ke taun 2009...


paus yang ada sekarang secara garis besar dibagi ke dalam 2 jenis, paus odontoceti yang bergigi taring dan paus Mysticeti yang memiliki struktur gigi yang seperti sisir (baleen).

langsung aja deh kita liat masing-masingnya..

Odontoceti
Spoiler for cekidott:
paus ini memiliki gigi taring dan biasanya memakan ikan, cumi-cumi, dan mamalia laut lainnya. ciri-ciri yang juga membedakan dari paus Mysticeti adalah lubang hidungnya yang hanya satu. sebagian besar paus dalam kelompok ini, kecuali Sperm Whale, lebih kecil dari paus Mysticeti.

berikut ini adalah contoh spesiesnya:

Orca (5-8 m)
Spoiler for cekidott:


Bottlenose Dolphin (2-4 m)
Spoiler for cekidott:


Beluga/Paus Putih (5-15 m)
Spoiler for cekidot:




Sperm Whale (up to 21 m)
Spoiler for cekidott:





Mysticeti
Spoiler for cekidott:
paus pada kelompok ini memiliki struktur gigi penyaring yang dinamakan baleen. cara paus ini makan adalah membuka mulutnya lebar lalu menutupnya dan mengkontraksikan otot di sekitar mulutnya hingga air keluar melalui sela-sela baleen. paus pun dapat memakan plankton yang menyangkut pada baleen. cara makan inilah yang dinamakan filter feeding.

berbeda dengan paus Odontoceti, paus ini memiliki 2 lubang hidung yang membentuk huruf "v".

ini dia contoh spesiesnya:

Humpback Whale (12-16 m)
Spoiler for cekidott:




Bowhead Whale (up to 20 m)
Spoiler for cekidott:




North Atlantic Right Whale (11-17 m)
Spoiler for cekidott:




Blue Whale (up to 34 m)
Spoiler for cekidott:








Tingkah Laku Unik


Beberapa Paus seperti blue whale dan humpback whale punya kebiasaan unik, yaitu meloncat keudara yang mempunyai istilah "breaching". kebiasaan ini konon dilakukan untuk membunuh parasit yang menempel pada kulit.




Spoiler for cekidott:






Orca dan lumba-lumba selain melakukan breaching juga melakukan "spyhopping". spyhopping adalah posisi dimana paus mengangkat tubuhnya di atas permuakaan air. mereka dapat bertahan hingga satu menit pada posisi ini. perilaku ini berguna untuk mencari mangsa. beberapa hiu seperti great white shark juga melakukan ini.




Spoiler for cekidott:







Tidak ada komentar:

Posting Komentar