Google+ Followers

Kamis, 23 Juni 2016

Juan Manuel Fangio, Legenda F1 di Logo Google

https://www.google.co.id/logos/doodles/2016/juan-manuel-fangios-105th-birthday-5648614586056704.2-hp.jpg

Juan Manuel Fangio, legenda F1 tampil di google doodle hari ini Jumat, 24 Juni 2016. Pebalap asal Argentina yang berjuluk El Maestro ini ditampilkan dalam doodle bergaya poster-klasik. Fangio yang dahulunya penggemar sepakbola, adalah pebalap terbesar sepanjang sejarah Formula 1. Pasalnya, ia adalah pemegang rekor juara dunia lima kali sebelum disalip oleh Michael Schumacher.

Jika kita melihat halaman utama google hari ini akan muncul sosok pebalap dengan senyum kharismatik dalam kartun doodle. Dialah Juan Manuel Fangio yang lahir pada 24 Juni 1911 di Balrarce, Argentina atau tepat 105 tahun lalu. Pada masa kecilnya, Fangio terkena pneumonia. Akutnya penyakit ini diabaikan, hingga setelah sebuah pertandingan sepakbola, dadanya sakit. Sejak saat itu Fangio harus berbaring di ranjang selama dua bulan, mendapatkan perawatan khusus dari sang ibu.

http://www.colimdo.org/media/SyncCMSMedia/171821/fangio.gif
Namun, bukan Juan Manuel Fangio jika menyerah. Pria ini sempat terjun ke dunia militer di usia 21 tahun. Tidak bertahan lama, setahun kemudian ia dipecat karena kondisi fisik yang tidak memungkinkan. Fangio berniat melanjutkan kembali karier sepakbolanya. Tapi lagi-lagi mandeg. Akhirnya, melalui saran seorang kawan, pemuda ini memilih jalur balap mobil.

Pada 1934, di usia 23 tahun Juan Manuel Fangio memulai debutnya di balapan lokal Argentina. Berbeda dengan balapan yang ada sekarang, race di sana ditempuh dengan rute sangat panjang. Jalanan pun penuh tanjakan-turunan, plus tidaklah mulus. Namun justru dari sanalah, kemampuan membalap Fangio ditempa dengan luar biasa.

Juan Manuel Fangio memulai kariernya di Formula 1 dengan sangat terlambat. Bahkan boleh dibilang ia sudah cukup tua untuk berkiprah di sana, usia 39 tahun. Namun, prestasinya tidak bisa terbendung. Fangio menjadi orang pertama yang berhasil juara dunia lima kali yaitu pada 1951, 1953, 1954, 1956, dan 1957.

Fangio melakukannya dengan empat tim berbeda: Alfa Romeo, Ferrari, Mercedes-Benz, dan Maserati.
Rekor juara lima kali ini sempat nyaris abadi jadi milik Fangio. Barulah 47 tahun kemudian, Michael Schumacher memecahkan rekor tersebut, dengan akhirnya juara tujuh kali.


Sumber : Sidomi  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar