Google+ Followers

Rabu, 08 Juni 2016

Ultah Ke-85 Phoebe Snetsinger di Logo Google

https://www.google.co.id/logos/doodles/2016/phoebe-snetsingers-85th-birthday-5179281716019200-hp.gif

Siapa Phoebe Snetsinger yang muncul di Google Doodle hari ini Kamis, 9 Juni 2016? Perempuan ini jelas bukan orang biasa sehingga Google merayakan ulang tahunnya yang ke-85. Sepanjang hidup hingga 1999 lalu, Snetsinger rela menyeberangi samudera dan melintasi benua, demi mendokumentasikan burung-burung di seluruh dunia.

Jika kita melihat Google hari ini, ada animasi unuk yang menggambarkan dunia burung yang penuh warna warni di sebuah hutan. Lalu tampak seseorang yang mengenakan topi, memakai teropong, lalu mencatat semua burung yang diamatinya dengan rapi. Dialah Phoebe Snetsinger yang lahir di Lake Zurich, Illionis, Amerika Serikat pada 9 Juni 1931.

Snetsinger mulai tertarik untuk meneliti dunia burung setelah melihat Blackburnian warbler melalui teropong milik sang tetangga pada 1965. Namun hobinya tersebut belum benar-benar digandrungi hingga Snetninger didiagnosis menderita melanoma di usia 50 tahun. Kala itu dokter menyebut, dirinya cuma bisa bertahan hidup setahun lagi.

http://america.pink/images/3/5/0/0/6/7/7/en/3-phoebe-snetsinger.jpg
Didorong hal inilah, Phoebe Snetsinger lantas tergugah untuk mengenal burung di seluruh dunia. ‘Bersenjatakan’ teropong dan teleskop, perjalanan Snetsinger melewati lingkungan berbahaya hingga negara dengan sitausi politik rawan, terus berlanjut. Di Kenya sendiri, ia melihat lebih dari 500 spesies burung yang berbeda.

Pengorbanan Snetsinger sendiri luar biasa. Ia mengalami berbagai cedera, hingga lengan yang lumpuh. Namun, bagi perempuan tangguh ini, meneliti burung adalah gambaran kehidupan yang rumit dan mengajarkan cara bertahan hidup. Nyatanya, Snetsinger baru meninggal di usia 68 tahun, atau 17 tahun lebih lama dari dugaan dokter.

Phoebe Snetsinger sendiri meninggal pada 23 November 1991, bukan karena penyakit yang diderita. Melainkan ketika van yang ditumpanginya terbalik di Madagascar. Google sendiri menyebutkan, “Hari ini kita merayakan keberanian Nyonya Snetsigner dan keindahan hidup, entah betapa tersembunyinya hal tersebut.”


Sumber : Sidomi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar