Google+ Followers

Senin, 06 Oktober 2014

Ulang Tahun Thor Heyerdahl ke-100, Pelaut Kon-Tiki di Logo Google

https://www.google.com/logos/doodles/2014/thor-heyerdahls-100th-birthday-4896043305009152-hp.gif

Hari ini tanggal 6 Oktober 2014 merupakan ulang tahun Thor Heyerdahl yang ke-100. Google doodle turut merayakan dengan logo khusus bertemakan “Kon-Tiki”. Sebuah perahu rakit yang dipakai Thor Heyerdahl untuk mengarungi samudera demi ekspedisi ilmiah pada tahun 1947.

Thor Heyerdahl terlahir di Larvik, Norwegia, tanggal 6 Oktober 1914 silam. Beliau adalah seorang petualang dan etnolog berkebangsaan Norwegia. Mengenyam pendidikan di Oslo University, di mana ia mempelajari tentang zoologi (ilmu hewan). 

Pada tahun 1936, Heyerdahl pergi berlayar dan tinggal di kepulauan Pasifik Fatu Hiva. Namanya terkenal ke seantero dunia karena perjalanannya menggunakan rakit Kon-Tiki dari Peru ke Pollinesia, Perancis pada tahun 1947.

http://www.5080.no/wp-content/uploads/2012/08/ThorHeyerdahl.jpg
Di tahun 1953, Thor Heyerdahl memimpin ekspedisi arkeologi ke Kepulauan Galapagos. Dua tahun kemudian, ia melakukan perjalanan ke Pulau Paskah. Dalam tahun-tahun berikutnya, Heyerdahl meneliti tentang piramida di Peru dan Kepulauan Canary.

Ekspedisi tersebut dilakukan untuk membuktikan bahwa orang kuno pun bisa melakukan perjalanan jauh melewati samudera. Yang pada akhirnya menimbulkan adanya hubungan diantara kebudayaan yang berbeda. Hal ini yang mendasari adanya model percampuran etnik dalam perkembangan budaya manusia zaman dulu.

Thor Heyerdahl selanjutnya melakukan pelayaran lain yang bertujuan sekali lagi demi mendemonstrasikan kemungkinan kontak diantara manusia purba yang terpisah jauh jaraknya. Pada tahun 1984, beliau mendapatkan beasiswa dari pemerintah.

Thor Heyerdahl kemudian menuliskan kisah perjalanannya dalam sebuah buku dan buku tersebut berhasil menjadi buku dengan penjualan terbaik dalam skala internasional.
Beliau wafat di kota Colla Micheri, Italia pada tanggal 18 April 2002 dalam usia 87 tahun yang disebakan karena penyakit tumor otak yang dideritanya.


Sumber : Sidomi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar